Dukung Penetrasi AI berbasis Cloud, BPT Berkolaborasi IBM Workshop dan Hackathon Untuk Mahasiswa

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 September 2017 - 19:20 WIB

BPT Berkolaborasi IBM Workshop dan Hackathon Untuk Mahasiswa
BPT Berkolaborasi IBM Workshop dan Hackathon Untuk Mahasiswa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penyedia solusi TI, Blue Power Technology (BPT), anak usaha CTI Group berkolaborasi dengan IBM menyelenggarakan workshop dan hackathon bagi mahasiswa sebagai bentuk dukungan penetrasi AI berbasis cloud di sektor pendidikan.

BPT mengenalkan teknologi AI berbasis cloud berikut manfaat dan implementasinya kepada para calon programmer dalam workshop yang berlangsung di Universitas Bina Nusantara dan Gunadarma di Jakarta.

Teknologi ini merupakan hasil perpaduan Bluemix, sebuah layanan Cloud-Platform as a Service (PaaS) dengan Watson, solusi AI yang ditanamkan dalam Bluemix untuk menghasilkan aplikasi bisnis yang cerdas dan inovatif.

Dalam workshop tersebut, peserta tidak hanya belajar mengenai cloud platform sebagai infrastruktur untuk membuat, menjalankan, dan mengembangkan berbagai aplikasi seperti website, mobile, big data, dan smart devices tapi juga mengeksplorasi dan berkreasi dengan fitur AI secara gratis di antaranya fitur chatbot, recognition emotion, dan language.

Presiden Direktur BPT Lugas M Satrio mengatakan, layanan AI berbasis cloud akan menjadi elemen penting dalam infrastruktur TI enterprise, namun dalam pengadopsiannya masih terkendala dengan ketersediaan SDM berkualitas di bidang tersebut.  Pihaknya juga melihat bahwa pengembangan software saat ini sudah lebih modern, cepat dan pintar melalui kehadiran cloud platform yang dikolaborasikan dengan fitur AI.

"Untuk itu, di sini kami hadir membantu para mahasiswa menjadi calon tenaga kerja terampil di era cloud di mana mereka dapat memanfaatkan tools cloud platform dan AI agar proses pengembangan software dapat berjalan lebih mudah dan kreatif,” ujar Lugas di Jakarta, Senin (19/9/2017).

Selain enablement dan awareness yang dilakukan kepada mahasiswa, BPT juga mengundang para calon programmer untuk mengasah lebih dalam skill mereka dalam kompetisi pembuatan aplikasi atau online hackathon bertajuk Bluemix Challenge yang akan berlangsung pada 26 September hingga 30 Desember 2017.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 15:39 WIB

Kemenperin Bongkar Kasus SPK 'Bodong' Senilai Rp80 Miliar di Direktorat IKFH

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhasil membongkar kasus Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif di Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi (Direktorat IKFH) Tahun Anggaran 2023.

Cashew Milk produk lokal

Senin, 06 Mei 2024 - 14:33 WIB

Kebaikan Rasa Bumi Indonesia dari Arummi Cashew Milk

Arummi merupakan brand pionir produk susu plant-based lokal berbahan dasar kacang mede atau cashew. Arummi Cashew Milk menghadirkan kebaikan rasa bumi Indonesia dari bahan kacang mede berkualitas,…

Praktisi hukum Dr.Siprianus Edi Hardum, S.IP, S.H.,M.H.

Senin, 06 Mei 2024 - 14:15 WIB

Polisi Didesak Tangkap Provokator Penyerangan terhadap Mahasiswa yang Sedang Berdoa di Serpong

Jakarta – Kapolda Metro Jaya didesak perintahkan anak buahnya agar segera menangkap provokator dan pelaku penyerangan terhadap para mahasiswa Katolik yang sedang menjalankan doa Rosario di…

Press Conference Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 13:53 WIB

Perkuat Manajemen Rantai Pasok, SKK Migas Gelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Dalam rangka mencapai visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030, SKK Migas kembali menggelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit…