Start-up Asal Jepang, C Chanel Perkuat Layanannya di Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 18 September 2017 - 19:00 WIB

Start-up Asal Jepang, C Chanel
Start-up Asal Jepang, C Chanel

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Start up media penyedia konten video fashion bagi perempuan asal Jepang, C Chanel semakin memperkuat posisinya di Indonesia. Sebagai pionir video berformat vertikal berdurasi 1 menit untuk perempuan, C Channel Indonesia menawarkan berbagai inovasi produk konten video untuk memenuhi kebutuhan, sejalan dengan perubahan gaya hidup kaum millenial Indonesia, khususnya perempuan pada rentang usia 18-34 tahun.

C Channel hadir di Indonesia dengan mengakuisisi perusahaan start up lokal, PT Media Makmur atau lebih dikenal dengan Kawaii Beauty Japan pada November 2016 lalu. Hingga saat ini, basis penonton, fans dan followers C Channel Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan.

Melalui platform tersebut, C Channel Global yang telah berada di 10 negara Asia memiliki lebih dari 50.000 video yang diproduksi secara profesional dan berkualitas. Bahkan hingga saat ini video yang diunggah tercatat memiliki 620 juta view di seluruh dunia. Adapun konten video fokus pada kebutuhan perempuan seperti beauty, cooking, lifestyle, fashion dan hairstyle.

CEO C Channel Global, Akira Morikawa menyatakan keyakinannya pada video yang dihadirkan C Channel akan memberikan pengalaman unik bagi kaum millenial, dengan mengedepankan tingkat kenyamanan tanpa harus mengubah posisi telepon genggam, yang selama ini diyakini menjadi hambatan.

"Kami percaya format video vertikal ini akan menjadi tren yang semakin luas di masa mendatang. C Channel yang kini telah berada di 10 negara Asia ini menyajikan tayangan video majalah fashion bagi perempuan. Terbukti sejak muncul di Indonesia akhir tahun lalu, C Channel dengan tampilan video vertikal berdurasi 1 menit ini telah berhasil mencuri perhatian pasar Indonesia," kata Morikawa dalam sesi pertemuan dengan media di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Morikawa menambahkan berdasarkan data internal, C Channel Indonesia yang memiliki 2,6 juta fans dan 30 juta Monthly View berkontribusi terhadap 18 juta fans C Channel dan 620 juta Monthly View dari seluruh dunia. "Hal ini menunjukkan respon pasar di Indonesia sangat baik, terutama 98% penontonnya adalah perempuan dan generasi millenials," terangnya.

Berdasarkan survei Nielsen Consumer Media View yang digelar di 11 kota besar di Indonesia, internet berada di posisi ketiga yang banyak digunakan, setelah  televisi dan Out Of Home berada di posisi tertinggi. Hal itu menunjukan meningkatnya kecenderungan masyarakat yang mengakses beragam konten melalui media digital yang bervariasi.

Menurutnya, keberadaan media sosial mendukung peningkatan pemanfaatan konten video tidak hanya pada dunia digital namun juga pada sisi marketing. Konsumen kini cenderung menghindari iklan dengan tipe hard selling dan lebih menyukai video dengan konten cerita yang menarik dan “dekat” dengan kehidupan mereka. Hal ini juga dilihat sebagai peluang oleh C Channel dengan menggandeng berbagai brand untuk menciptakan konten marketing yang menarik dan mengedepankan cerita menarik tentang produk mereka.

Sementara itu, CEO C Channel Indonesia, Yamato Sasagawa mengatakan bahwa dengan adanya akuisisi perusahaan, posisi C Channel akan semakin kuat dan ia percaya bahwa dengan kurang lebih 200 ragam video yang dikeluarkan setiap bulannya, C Channel bisa menjadi inspirasi utama perempuan dan generasi millenials Indonesia dalam berkarya dan mewujudkan berbagai macam kreativitas serta aktivitas yang lebih banyak lagi, sesuai dengan bakat yang mereka miliki.

"Dengan membawa pengalaman Kawaii Beauty Japan selama 5 tahun di Indonesia, kami menyambut baik akuisisi ini dan optimis C Channel Indonesia dapat diterima oleh pasar Indonesia, yang diproyeksi menjadi pasar e-commerce terbesar keempat di Asia," ucapnya.

Saat ini C Channel Indonesia telah memiliki 2.6 juta fans di Facebook, 25 ribu followers di Instagram, 78 ribu Line friends dan 30 juta view per bulan di Facebook, dengan share tertinggi pada video “how to” yang memang sangat digemari perempuan millenial.

"Kedepannya, C Channel Indonesia akan menggaet lebih banyak talenta perempuan Indonesia dan influencer untuk memproduksi lebih banyak video berkualitas sehingga dapat melampaui 10 juta fans di Facebook hingga akhir 2017," tutup Yamato.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rumah contoh Karawang Green Village 3

Selasa, 30 April 2024 - 17:49 WIB

Tawarkan Konsep Hunian Ramah Anak, Citanusa Group Hadirkan Karawang Green Village 3

Citanusa Group menghadirkan Karawang Green Village 3 (KGV3) yang merupakan sebuah kawasan residensial yang menyasar masyarakat di kawasan industri dengan menawarkan konsep “Home for Family”…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Selasa, 30 April 2024 - 17:36 WIB

PGE Catat Laba Bersih Sebesar USD47,49 Juta Pada Tiga Bulan Pertama 2024

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia dengan secara konsisten melanjutkan kinerja keuangan yang positif di kuartal…

DANA dan Jalin Sepakati Kerja Sama Strategis: Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital kepada Masyarakat

Selasa, 30 April 2024 - 17:32 WIB

DANA dan Jalin Sepakati Kerja Sama Strategis: Perluasan Interkoneksi Layanan Keuangan Digital kepada Masyarakat

PT Jalin Pembayaran Nusantara (”Jalin”), bagian dari Holding BUMN Danareksa dan PT Espay Debit Indonesia Koe (”DANA”) resmi melakukan kerja sama strategis yang mencakup penggunaan teknologi…

JLL Indonesia

Selasa, 30 April 2024 - 17:22 WIB

Investasi Real Estat Komersial di Asia Pasifik Naik 13% Pada Kuartal Pertama 2024

Asia Pasifik adalah satu-satunya wilayah di seluruh dunia yang mengalami pertumbuhan investasi real estat komersial pada kuartal pertama 2024, dengan volume investasi mencapai US$30,5 miliar.…

Solo Menari 2024

Selasa, 30 April 2024 - 16:33 WIB

Solo Menari 2024, Suguhkan Pesta Seni Budaya dan Tari Kolosal yang Indah

Masyarakat Kota Solo terlihat antusias dan semangat menghadiri even Solo Menari di Kota Solo, Jawa Tengah yang digelar di Taman Sriwedari Senin (29/04/2024). Bahkan kemeriahan ajang Solo Menari…