Antam dan Pos Indonesia Perluas Jangkauan Penjualan Emas di 205 Kantor Pos

Oleh : Hariyanto | Selasa, 12 September 2017 - 19:04 WIB

Ilustrasi Emas (Dok-Antam)
Ilustrasi Emas (Dok-Antam)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah Februari 2017 lalu diluncurkan dengan menyediakan 109 Kantor Pos yang bisa diakses masyarakat untuk membeli emas ANTAM, kini PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Pos Indonesia melanjutkan kerja sama memperluas jangkauan penjualan menjadi 205 Kantor Pos di Indonesia.

Mengutip keterbukaan informasi di BEI, kerjasama tersebut ditandai melalui launching tahap 2 di Kantor Pos Manado, 11 September 2017 disaksikan oleh Direktur Jaringan, Ritel dan Sumber Daya Manusia Pos Indonesia, Ira Puspa Dewidan Direktur Pemasaran ANTM, Tatang Hendra.

Kerja sama ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat membeli emas Antam di seluruh KantorPos di Indonesia dan sebagai sarana me-leverage bisnis masing-masing BUMN. Bagi Antam dengan adanya kerja sama ini, jaringan pemasaran produk emas semakin luas dan menjadi salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada konsumen.

Sedangkan bagi Pos Indonesia, kerja sama ini meningkatkan pendapatan melaluibisnis layanan baru dengan segmen pasar pelanggan yang datang ke Kantor Pos (walk-in customer), membentuk citra positif bahwa Pos Indonesia telah mampu menangani kiriman barang dengan kategori valuable goods, meningkatkan daya saing perusahaan dengan kompetitor, serta turut mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi atau menabung dengan membeli emas untuk masa depan.

Direktur Pemasaran Antam, Tatang Hendra mengatakan Antam berkomitmen kepada praktik pelaksanaan operasional yang baik, mulai dari eksplorasi, penambangan, pengelolaan lingkungan, pengolahan dan pemurnian sampai dengan penjualan.

"Kerjasama dengan Pos Indonesia ini diharapkanakan mendukung kinerja bisnis emas Perseroan. Melaluijaringan distribusi produk yang lebih kuat akan semakin mengokokohkan Antam sebagai satu-satunya produsen emasbersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang menjamin kepastian berat dan kemurnian emas.

Sementara, Direktur Jaringan, Retail dan Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia, Ira Puspadewi mengatakan dukungan jaringan Pos Indonesia yang tersebar luas berjumlah lebih dari 24.000 titik layanan. Dengan demikian akan lebih memudahkan masyarakat untuk membeli emas, baik di KantorPos Pemeriksa (Kprk) maupun KantorPos Cabang Dalam Kota (Kpc DK) dan Luar Kota(Kpc LK).

Ira juga menjamin, program ini didukung oleh kehandalan teknologi informasi untuk proses pembelian/pemesanan dan transaksi pembayaran pengiriman (delivery)barang kategori valuable goods.

"Sehingga data transaksi dapat terekam dengan benar, akurat, cepat,memudahkan prosesrekonsiliasi, settlementdan pelaporanuntuk keperluan pemantauan dan evaluasi, baik darisisi perusahaan maupun dari sisi mitra," terangnya.

Ruang lingkup kerjasama Antam dan Pos Indonesia mencakup penyediaan fasilitas penjualan, serta pembayaran dandistribusi produk emas Logam Mulia (LM) di KantorPos. Pelanggan melakukan pembelian emas LM di Kantor Pos dengan sistem pemesanan.

Selanjutnya Antam akan menggunakan layanan Pos Indonesia dalam hal pengiriman emas LM dari butik emas LM terdekat menuju lokasi KantorPos tempat pembelian. Sebanyak 205 Kantor Pos di seluruh Indonesia merupakan bagian dari perjanjian kerja sama ANTAM dan Pos Indonesia. Pelanggan sudah dapat memesan emas LM mulai 0,5 gram sampai dengan 50 gram di 205 KantorPos tersebut sejak tanggal 11 September 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…