Presiden Jokowi-PM Lee Bahas Investasi di Kawasan Industri Kendal

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 September 2017 - 07:36 WIB

Presiden Jokowi-PM Singapore Membuka Singapore Busiess Forum di Marina Cruise Singapore, Kamis (7/9/2017) (Foto Ist)
Presiden Jokowi-PM Singapore Membuka Singapore Busiess Forum di Marina Cruise Singapore, Kamis (7/9/2017) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Singapura- Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong di Singapura Kamis (7/9/2017) akan bahas sejumlah isu penting. Salah satunya, investasi di Kawasan Industri Kendal yang disepakati saat retreat leader tahun 2016 di Kendal.

"Kalau bicara bilateral, paling tidak ada empat isu yang diangkat dalam pertemuan bilateral Kamis," kata Menteri Luar negeri Retno Marsudi di Singapura, Rabu malam (6/9/2017)

Ia menyebutkan, pertama mengenai investasi. Singapura merupakan mitra terbesar untuk investasi dan saat pembahasan investasi juga akan dibahas investasi di Kawasan Industri Kendal (KIK) yang disepakati saat retreat leader tahun 2016 di Kendal.

"KIK kita lihat perkembangannya cukup bagus, tahun lalu jumlah perusahaan di KIK adalah sekitar 25, maka sekarang sudah 30 plus 41 yang sudah mengantre untuk bergabung di KIK," katanya.

Selain itu, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi maka di KIK itu juga dilakukan "vocational school" atau mendekatkan pendidikan dengan industri sebagai gabungan yang baik.

Isu kedua adalah pariwisata. Ada dua yang menonjol dua yaitu kerja sama pembangunan destinasi wisata dan pengembangan wisata cruise karena selain jalur cruise itu sendiri, juga ada pembangunan infrastruktur yang akan digunakan untuk cruise. Pembangunan wisata Cruise itu akan mulai jalan pada akhir 2017.

Menurut Menlu, isu ketiga mengenai energi dan keempat mengenai digital ekonomi. Kalau tahun 2016, pokok bahasan pertemuan dua pemimpin adalah KIK untuk tahun 2017 adalah ekonomi digital.

"Kalau kita gabungkan kekuatan RI dan Singapura ada di situ. Untuk digital economy, harapan kita akan membawa lompatan ekonomi ke depan," katanya.

Menurut Menlu, acara Presiden Jokowi dan PM Lee pada Kamis akan dimulai pagi sekitar pukul 07.45 WS yaitu penanaman pohon di Botanical Garden yang akan diikuti dengan acara jalan pagi bersama antara Presiden Jokowi dan PM Lee dan Ibu Negara dan Ibu PM, kemudian dilanjutkan dengan acara khusus beliau berempat.

"Setelah itu acara resmi bilateralnya yang akan terdiri dari pertemuan empat mata, penandatanganan MoU, kemudian joint press conference dan dilanjutkan dengan makan siang. Acaranya akan dimulai 10.15 sampai selesai 12.25 WS," jelas Menlu.

Setelah itu akan ada acara "join flight pass" atau manuver pesawat tempur dua negara. Acara tersebut sangat khusus karena Indonesia-Singapura memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara.

"Jadi acara ini sengaja diadakan untuk memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara. Kegiatan itu diikuti oleh angkatan udara kedua negara," katanya.

Ia menyebutkan setelah itu akan dilakukan business forum, kemudian pertemuan "one on one". "Setelah itu Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan akan kembali ke Jakarta," jelasnya.

Ia menyebutkan pertemuan tahun ini adalah pertemuan yang agak berbeda karena memperingati 50 tahun hubungan bilateral dan pada tahun 2017 ini juga ASEAN berusia 50 tahun dan Indonesia bersama Singapura merupakan dua dari lima bidan yang melahirkan ASEAN.

"Kedua negara memiliki komitmen yang besar untuk tetap menjaga ASEAN sebagai motor stabilitas keamanan dan kesejahteraan kawasan," katanya.

Nota Kesepahaman Retno menyebutkan, usai pertemuan bilateral pada Kamis esok, akan ditandatangani paling tidak empat nota kesepahaman (MoU).

MoU tersebut yaitu bidang pendidikan, pendidikan tinggi, pendidikan dan pelatihan vokasi industri dan penanganan bencana alam.

Selain MoU yang ditandatangani di depan kedua pemimpin maka akan ada beberapa MoU lain yang ditandatangani secara terpisah tetapi tidak kalah pentingnya, salah satunya adalah antara Kemenristek Dikti dengan Singapura Politeknik yang masih menyangkut pendidikan.

Kemudian MoU Kemenristek Dikti dengan National University of Singapore, MoU Kemenperin dengan Institute of Educational Services juga MoU PLN dengan perusahaan Singapura.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…