Pembangunan Pabrik Semen di Papua Perlu Dikaji

Oleh : Ridwan | Kamis, 24 Agustus 2017 - 17:43 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Timika- Direktur Pemasaran dan Supply Chain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Ahyanizzaman mengatakan pihaknya masih perlu melakukan pengkajian terkait kemungkinan pembangunan pabrik semen di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

"Tentu kita sudah bicara kemarin dengan Bupati Wamena dan juga Sekdanya bahwa itu perlu dikaji," kata Ahyanizzaman di Timika, Rabu (23/8/2017)

Menurutnya dari segi ketersediaan bahan baku di Wamena sangat mencukupi. Namun terkendala sejumlah hal antara lain biaya energi yaitu batubara dan listrik.

"Tapi nanti kita pikirkan dan bikin studinya dengan pihak Pemprov Papua untuk melihat secara keseluruhan untuk pembangunan pabrik semen tersebut," ujarnya.

Sementara itu terkait kemungkinan pembangunan pabrik pengemasan semen di Papua menurut Ahyanizzaman, saat ini Semen Indonesia telah memiliki pabrik pengemasan sendiri di Sorong. Untuk itu juga perlu dikaji terkait persoalan permintaan yang harus mencapai 300.000 ton setahun.

"Nanti kita akan lihat apakah kebutuhan itu sudah sampai jumlah itu, jika demikian maka akan dibuatkan pabrik pengemasan. Nanti kita lihat kedepannya. Namun sekali lagi masalah transportasi untuk distribusi semen dari Sorong ke wilayah selatan Papua dan sebagainnya juga menjadi kendala," katanya.

Menurutnya untuk saat ini membawa semen dari Makassar ke Timika dan selanjutnya ke Wamena untuk didistribusikan ke beberapa kabupaten di pegunungan tengah Papua dalam program semen harga terjangkau merupakan langkah optimal dalam mengatasi disparitas harga semen di Papua.

Kabupaten yang menjadi perhatian dan target dari program semen harga terjangkau di Papua antara lain Jayawijaya, Puncak Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Nduga, Yalimo, dan Membramo Tengah.

Ahyanizzaman juga mengatakan bahwa BUMN, PT Semen Indonesia komitmen seperti yang dicanangkan oleh Menteri BUMN yaitu hadir untuk negeri, komitmen bagi pembanguna daerah-daerah yang membutuhkan perhatian khusus.

Ia juga berharap agar nantinya logistik akan semakin baik dengan rampungnya pembangunam jalur darat dari Wamena ke kabupaten-kabupaten lain di wilayah pegunungan agar membantu pendistribusian semen sehingga pembangunan di daerah akan semakin murah.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Simulasi Pasien Corona di RSUP dr Kariadi Semarang

Sabtu, 29 Februari 2020 - 15:11 WIB

Terdapat 136 Pasien Suspect Virus Corona di Indonesia, 35 Pasien Dirawat di Jakarta

Sebaran pasien terduga suspect virus corona di indonesia yang dirawat selain di Jakarta teraebar juga di 22 provinsi, antara lain: Bali 21 orang, Jateng 13 Orang, Kepri 11 orang, Jabar 9 orang,…

Survei Lapangan Ibu Kota Baru

Sabtu, 29 Februari 2020 - 15:06 WIB

Bertemu Jokowi Soal Ibu Kota Baru, Ini Kata Tony Blair...

Presiden Joko Widodo menerima kedatangan delegasi Tony Blair Institute for Global Change yang dipimpin langsung oleh Tony Blair di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 28 Februari 2020. Dalam…

Presiden Jokowi (Foto Biro Pers Setpres)

Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:20 WIB

Presiden Jokowi: Yang Punya NPWP Ayo Lapor Pajak Lebih Awal, Ingat Ya Lapornya Sampai dengan 31 Maret 2020

Presiden juga mengingatkan kepada semua pihak yang telah memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) untuk segera melaporkan SPT. Menurutnya, masih banyak yang telah memiliki NPWP tetapi belum melaporkan…

Para peserta Anabatic Digitalk 2020 Berfoto Bersama Usai Acara. (Foto: Istimewa)

Sabtu, 29 Februari 2020 - 13:57 WIB

Anabatic Gelar Digitalk 2020 tentang Kecerdasan Buatan di Yogyakarta

Yogyakarta - PT Anabatic Digital Raya, anak usaha PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) kembali menggelar forum diskusi teknologi bertajuk Digitalk dengan tema kecerdasan buatan dan proses automasi…

Adik Kakak Asal BPK penabur pecahkan rekor muri

Sabtu, 29 Februari 2020 - 13:42 WIB

Daki Gunung Kilimanjaro Afrika di Usia 15 tahun, Adik Kakak Pelajar asal BPK Penabur Pecahkan Rekor MURI

Jonathan Philip berusia 13 tahun dan Matthew Richard berusia 15 tahun pelajar dari SMPK BPK Penabur 4 dan SMAK BPK Penabur 5 Raih Jakarta menerima rekor MURI dari Pendiri Museum Rekor Indonesia,…