Dari Kesenian Rengkong Hingga Atraksi Pendekar Silat Ramaikan Pesta Rakyat Cibaliung

Oleh : Candra Mata | Senin, 21 Agustus 2017 - 16:33 WIB

ilustrasi pendekar silat cibaliung (foto-Detik.com)
ilustrasi pendekar silat cibaliung (foto-Detik.com)

INDUSTRY.co.id - Banten, Pesta Rakyat Cibaliung yang berlokasi tidak jauh dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandegelang, Banten, kembali menarik perhatian para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Beragam pertunjukkan kesenian dan budaya khas sunda dihadirkan dalam pesta rakyat tersebut, diantaranya, Rengkong, Beluk, Rampak hingga atraksi Debus.

Menurut Sahri, tokoh masyarakat desa Cibaliung, pesta rakyat  ini sendiri merupakan acara rutin dan sudah menjadi tradisi setiap tahun nya sejak jaman Indonesia Merdeka.

"Pesta rakyat cibaliung rutin digelar, selain menjadi daya tarik wisatawan juga dimaksudkan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal  agar tidak punah di telan perkembangan jaman," katanya, melalui pesan singkatnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id, Senin (21/8).

Menurutnya, selain PRC ini menambah atraksi wisata yang ada di Pandeglang, Banten, sekaligus juga diharapkan dari event ini dapat terjalin kebersamaan yang semakin kuat di antara masyarakat Cibaliung serta dapat terus dikembangkan oleh generasi muda sehingga tidak punah.

Dalam pesta rakyat Cibaliung yang digelar tersebut, selain kesenian tradisional khas Sunda yang ditampilkan, seni olahraga bela diri khas Indonesia, yakni Pencak Silat juga dipentaskan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar dan wisatawan yang hadir.

Sekadar informasi saja, di dalam masyarakat desa Cibaliung, pencak silat sudah menjadi jenis olah raga dan kebudayaan yang paling diminati sekaligus dilestarikan dengan baik.

Hingga saat ini, sekurangnya sudah terdapat 35 perguruan silat dengan total anggota mencapai lebih dari 3400-an anggota dan tergabung dalam wadah bernama Paguyuban Pendekar Cibaliung (PPC).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri ESDM Arifin Tasrif

Selasa, 07 Mei 2024 - 17:42 WIB

Kabar Gembira Buat Pelaku Industri! Menteri ESDM Pastikan Program HGBT US$ 6 Lanjut....

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) US$ 6 per MMBTU untuk industri akan terus berlanjut. Hal ini selaras dengan arahan…

BNI support tim Thomas dan Uber

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:28 WIB

BNI Sambut Kepulangan Tim Thomas dan Uber Indonesia ke Tanah Air

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan sambutan hangat kepada Tim Thomas dan Uber Indonesia yang baru saja menyelesaikan perjuangan mereka di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu…

Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:02 WIB

Usai Dikirimi Surat oleh Menperin Agus, Hilal Berlanjutnya Program HGBT Industri Terlihat! Menteri ESDM: Insya Allah Kita Teruskan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memberi sinyal akan melanjutkan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk tujuh sektor industri.

PT Pertamina Marine Engineering (PME)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:44 WIB

Pertamina Marine Engineering Garap 4 Proyek Bawah Laut Strategis

PT Pertamina Marine Engineering (PME), anak perusahaan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) tuntaskan 4 project underwater work services (UWS) atau layanan pekerjaan bawah air selama periode…

PT Bukit Asam tbk (ist)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:33 WIB

Triwulan I 2024, Penjualan PTBA Meningkat Sebesar 10 Persen

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus berupaya mengoptimalkan potensi pasar di dalam negeri serta peluang ekspor ke sejumlah negara yang memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi, baik pasar eksisting…