Kadin Jatim-BKSP Sosialisaikan Pentingnya Penerapan Pendidikan Vokasi di Kawasan SIER Surabaya

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Agustus 2017 - 16:02 WIB

Ketua Kadin Jawa Timur La Nyala Mahmud Matalitti (Foto Ist)
Ketua Kadin Jawa Timur La Nyala Mahmud Matalitti (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur bersama Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) Jatim telah melakukan sosialisasi pentingnya penerapan pendidikan vokasi atau pemagangan sistem ganda kepada pelaku industri di kawasan SIER Surabaya.

Hal ini dilakukan agar industri yang sadar dan ikut serta menyukseskam program tersebut semakin banyak.

Ketua Umum Kadin Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan, ada beberapa kelemahan dalam sistem pendidikan kejuruan yang ada saat ini. Di antaranya adalah ketidaksinkronan pemilihan bidang studi di SMK dengan potensi yang ada di daerah sekitar, ada industri apa saja di daerah tersebut.

"Kondisi itu pastinya berdampak negatif pada kurangnya kompetensi lulusan. Skill tenaga kerja yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) tidak sesuai dengan lulusan yang dikeluarkan," ungkap La Nyalla melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Jawa Timur (21/8/2017).

Ia menambahkan, saat ini SMK tak lagi menjadi lembaga pendidikan yang mengeluarkan tenaga kerja siap pakai dan memiliki kompetensi, tetapi SMK menjadi lembaga pendidikan yang mencetak pengangguran.

"Untuk itulah kami melihat harus ada perubahan dalam sistem pendidikan di SMK diganti dengan pendidikan vokasi sistem ganda. Di mana anak didik akan diajak belajar langsung pada industri yang ada di daerah itu yang sudah menjadi mitra," terangnya.

Menurutnya, program ini telah menjadi salah satu program prioritas di Kadin Jatim. Melalui langkah ini Kadin Jatim berharap bisa memberikan jalan keluar bagi banyaknya persoalan ketenagakerjaan yang terjadi. Sejumlah kendala itu mulai dari rendahnya kompetensi dan daya saing, ketidaksinkronan antara lulusan dan yang dibutuhkan industri hingga belum terpenuhinya kebutuhan tenaga kerja terampil bagi industri di Jatim, bakal teratasi. "Dampak positif selanjutnya, angka pengangguran dan kemiskinan akan semakin tertekan," katanya

Disisi lain, Direktur SIER, Fatah Hidayat menambahkan, langkah ini sebenarnya juga telah ditegaskan Presiden melalui Inpres Nomor 1/2016 tentang Revitalisasi SMK. Presiden mengimbau kepada seluruh industri untuk bekerja sama dengan SMK untuk mencetak tenaga kerja yang unggul dan kompetitif, mampu bersaing di era globalisasi dunia. Selain juga agar industri bisa mendapatkan tenaga kerja yang siap pakai.

"Jika tidak ingn gulung tikar, industri harus ikut sukseskan program ini. Karena melalui upaya ini, akan lahir tenaga kerja yang berkompeten. Selanjutnya, produksi akan lebih besar dan masa depan tenaga kerja muda juga akan lebih bagus," imbuh Fatah.

Sementara Koordinator Program IHK Trier,  Andreas Gosche juga mengatakan bahwa pendidikan vokasi sistem ganda telah diterapkan sejak lama di Jerman. Program ini berhasil membawa Jerman menjadi negara pengekspor terbesar di dunia. Walaupun jumlah penduduk, luar wilayah dan sumber daya alam yang dimiliki amat sangat kecil, tetapi negara ini mampu menjadi pemimpin ekspor

"Tidak ada faktor lain yang menjadi penyebab keberhasilan Jerman kecuali hanya mendidik orang sesuai dengan industri di sekitar daerah itu," tambahnya.

Untuk itu, ia berharap DUDI lebih aktif lagi dalam pelaksanaan program ini. Tidak hanya dengan mengirimkan pelatih industri saja, tetapi juga ikut serta dalam pembahasan dan penentuan kurikulum yang akan dijadikan rujukan agar singkronisasi antara dunia pendidikan dan DUDI bisa terjalin. Dampak positif selanjutnya, DUDI tidak kesulitan lagi mencari tenaga kerja yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

"Ada tiga poin penting dalam keberhasilan paksanaan program vokasi sistem ganda ini, pertama pelaku harus profesional, baik pelaku industri ataupun pelaku pendidikan. Kedua kurikulum harus diselaraskan dengan kebutuhan industri dan ke tiga harus ada hubungan dan wadah dimana kedua pihak, dunia pendidikan dan DUDI bisa bertemu, dalam hal ini di Jatim sudah dibentuk Pokmi atau Kelompok Mitra yang selalu bertemu untuk menyelaraskan langkah,” ujarnya.

Pada kesempatan Ketua BKSP Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan BKSP Jatim akan kian gencar melakukan sosialisasi kepada pelaku DUDI atas pentingnya penerapan pendidikan vokasi sistem ganda di SMK.

Melalui langkah ini, BKSP Jatim berharap kesadaran DUDI atas pentingnya campur tangan mereka terhadap keberhasilan pendidikan vokasi sistem ganda di sekolah kejuruan.

"Saya berharap, akan ada banyak pelaku DUDI yang ikut berperan aktif dalam sistem pendidikan di SMK. Karena yang akan merasakan kemanfaatannya juga pelaku usaha dan industri sendiri," pungkas Adik.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN telah menyelesaikan Safari Ramadan dalam rangka menyambut Idul Fitri 1440 H. Pada acara puncaknya, Bank BTN memberikan santunan kepada sekitar 300 anak Yatim dari 6 Yayasan Yatim Piatu dari kawasan Jakarta dan Banten.

Senin, 27 Mei 2019 - 20:12 WIB

Safari Ramadan, Bank BTN Donasikan Rp 2,24 Miliar

Jakarta-Menjelang pekan terakhir di bulan Ramadan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk telah menyelesaikan rangkaian acara Safari Ramadan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Ningrum Natasya Sirait SH, Mli. (foto doc usu.ac.id)

Senin, 27 Mei 2019 - 19:45 WIB

KPPU Tak Berwenang Awasi Kemitraan Sawit

JAKARTA – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dinilai tidak berwenang mengawasi kemitraan inti-plasma yang terjadi di perkebunan kelapa sawit. Pasalnya dasar hukum yang digunakan oleh…

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

Senin, 27 Mei 2019 - 18:35 WIB

Ciptakan SDM Berkualitas, Kemenperin Gandeng Chandra Asri Bangun Politeknik Petrokima

Pemerintah terus berkomitmen untuk pengembangkan industri petrokimia dalam negeri agar semakin berdaya saing di kancah global. Salah satu upayanya melalui penyiapan sumber daya manusia yang…

Hotel Pullman Central Park Jakrta Buka Puasa Bersama (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 27 Mei 2019 - 18:00 WIB

Pullman Jakarta Central Park Buka Puasa Bersama Ibu Guru Kembar dan Siswa Sekolah Darurat Kartini

Pullman Jakarta Central Park Bersama dengan Ibu Guru Kembar—Rossy dan Rian berbagi kebahagiaan Bulan Ramadhan dengan siswa siswi Sekolah Darurat Kartini yang bertempat di Lodan Ancol Jakarta…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 27 Mei 2019 - 17:10 WIB

Triwulan I/2019, Industri Manufaktur Mampu Tumbuh di Atas Ekonomi Nasional

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyebutkan, sejumlah industri manufaktur mampu berkinerja di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi…