Pemkab di Sumsel Diminta Turut Kembangkan Wisata Olahraga

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 19 Agustus 2017 - 16:57 WIB

Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)
Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pemerintah kabupaten/Kota di Sumatera Selatan diminta turut mengembangkan wisata olahraga, sehingga pengembangan tidak hanya terjadi di Kota Palembang yang telah memiliki Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Sabtu (19/8/217)  mengatakan, Sumsel sudah dicanangkan pemerintah sebagai daerah cikal bakal wisata olahraga, sehingga pemerintah kabupaten/kota harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mengangkat potensi daerah masing-masing.

"Sejauh ini lokasi sport tourism baru ada di Jakabaring Sport City (JSC), coba bayangkan jika setiap kabupaten mengembangkannya. Tidak perlu lengkap seperti JSC, cukup pilih beberapa cabang olahraga saja," kata Alex yang dijumpai awak media disela-sela Kejurnas Rally di Lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir.

Ia mencontohkan, yang dilakukan Ogan Ilir mulai menggalakkan event skala nasional dengan memakai Lintasan Tanjung Senai dan di perkebunan tebu Cinta Manis.

"Jika mau olahraga alam dapat ke Pagaralam atau ke Lahat. Jika ini digalakkan dan direncanakan dengan baik maka tujuan dari sport tourism dapat tercapai yakni pemberdayaan ekonomi," kata dia.

Sumatera Selatan menjadi model pengembangan pariwisata berbasis ajang olahraga di Indonesia karena memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional.

Pengembangan pariwisata olahraga ini sangat sejalan dengan peran Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Setelah sebelumnya sukses menggelar SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, Asean University Games 2014 dan beberapa ajang internasional lainnya, kini Sumatera Selatan ingin mendapatkan berkah dari pariwisata.

"Menjadi tuan rumah Asian Games ini sebenarnya sasaran antaranya, tapi sasaran sebenarnya bagaimana daerah ini dikenal, jika sudah dikenal maka investasi akan masuk, wisatawan akan datang, dan industri kreatif akan tumbuh," kata mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Ia menambahkan, untuk mendatangkan investasi maka suatu dareah harus dikenal terlebih dahulu dan Sumsel telah menentukan pilihannya yakni melalui olahraga.

Terkait dengan pengembangan pariwisata olahraga ini, Alex mengatakan Sumsel akan menjadikan Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) yang memiliki 18 arena bertaraf internasional sebagai kawasan wisata olahraga.

Pengembangan 'sport tourism' dimulai sejak menjadi tuan rumah ajang olahraga nasional dan internasional, di antaranya SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, dan ASEAN University Games 2014.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi konsistensi Sumatera Selatan yang mengembangkan sport tourism untuk mendongkrak angka kedatangan wisatawan.

Selain akan mengembangkan wisata olahraga, Kota Palembang juga memiliki potensi wisata lain, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah/heritage.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…