Pemkab di Sumsel Diminta Turut Kembangkan Wisata Olahraga

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 19 Agustus 2017 - 16:57 WIB

Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)
Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pemerintah kabupaten/Kota di Sumatera Selatan diminta turut mengembangkan wisata olahraga, sehingga pengembangan tidak hanya terjadi di Kota Palembang yang telah memiliki Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Sabtu (19/8/217)  mengatakan, Sumsel sudah dicanangkan pemerintah sebagai daerah cikal bakal wisata olahraga, sehingga pemerintah kabupaten/kota harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mengangkat potensi daerah masing-masing.

"Sejauh ini lokasi sport tourism baru ada di Jakabaring Sport City (JSC), coba bayangkan jika setiap kabupaten mengembangkannya. Tidak perlu lengkap seperti JSC, cukup pilih beberapa cabang olahraga saja," kata Alex yang dijumpai awak media disela-sela Kejurnas Rally di Lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir.

Ia mencontohkan, yang dilakukan Ogan Ilir mulai menggalakkan event skala nasional dengan memakai Lintasan Tanjung Senai dan di perkebunan tebu Cinta Manis.

"Jika mau olahraga alam dapat ke Pagaralam atau ke Lahat. Jika ini digalakkan dan direncanakan dengan baik maka tujuan dari sport tourism dapat tercapai yakni pemberdayaan ekonomi," kata dia.

Sumatera Selatan menjadi model pengembangan pariwisata berbasis ajang olahraga di Indonesia karena memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional.

Pengembangan pariwisata olahraga ini sangat sejalan dengan peran Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Setelah sebelumnya sukses menggelar SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, Asean University Games 2014 dan beberapa ajang internasional lainnya, kini Sumatera Selatan ingin mendapatkan berkah dari pariwisata.

"Menjadi tuan rumah Asian Games ini sebenarnya sasaran antaranya, tapi sasaran sebenarnya bagaimana daerah ini dikenal, jika sudah dikenal maka investasi akan masuk, wisatawan akan datang, dan industri kreatif akan tumbuh," kata mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Ia menambahkan, untuk mendatangkan investasi maka suatu dareah harus dikenal terlebih dahulu dan Sumsel telah menentukan pilihannya yakni melalui olahraga.

Terkait dengan pengembangan pariwisata olahraga ini, Alex mengatakan Sumsel akan menjadikan Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) yang memiliki 18 arena bertaraf internasional sebagai kawasan wisata olahraga.

Pengembangan 'sport tourism' dimulai sejak menjadi tuan rumah ajang olahraga nasional dan internasional, di antaranya SEA Games ke-25 tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, dan ASEAN University Games 2014.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi konsistensi Sumatera Selatan yang mengembangkan sport tourism untuk mendongkrak angka kedatangan wisatawan.

Selain akan mengembangkan wisata olahraga, Kota Palembang juga memiliki potensi wisata lain, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah/heritage.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seorang pekerja sedang mengawasi conveyer batu bara PT Gunung Bara Utama, anak usaha PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM). (Foto istimewa TRAM)

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:42 WIB

Trada Alam Minera Dirikan Khatulistiwa Sinar Investama

Jakarta - Manajemen PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) bersama PT Semeru Infra Energi mendirikan PT Khatulistiwa Sinar Investama. Pendirian anak usaha yang bergerak di bidang investasi tersebut…

Bantuan Rumah Layak Huni Korban Gempa Ambon

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:00 WIB

AQL Peduli Berangkatkan TIM Persiapan Kapal Darurat Pangan

Ternate - Tim Arrahman Quranic Learning (AQL) Peduli akan melepas kapal bantuan kemanusiaan untuk pengungsi gempa di desa Gane Luar, Kab Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Signify Menyinari Qutub Minar dengan Pencahayaan LED Warm White

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Signify Menyinari Qutub Minar dengan Pencahayaan LED Warm White

Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, mengumumkan bahwa perusahaan telah menyinari Qutub Minar yang ikonis di New Delhi, India menggunakan sistem pencahayaan Color…

Farida Mokodompit yang semula sebagai Direktur Operasional sekaligus Plt Direkur Utama menjadi definitif Direktur Utama Perum Perindo

Rabu, 16 Oktober 2019 - 08:00 WIB

Penyerahan SK Direksi BUMN

Bertempat di Kantor Kementerian BUMN, telah dilaksanakan pelantikan dan penyerahan Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Wakil Pemerintah Sebagai Pemilik Modal Perusahaan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Oktober 2019 - 07:57 WIB

IHSG Lanjutkan Penguatan Support Resistance 6130-6220

Jakarta - Secara teknikal IHSG berhasil tutup diatas Moving Average 20 hari dan FR61.8% sehingga potensi IHSG akan melanjutkan penguatan cukup berpeluang besar dengan target selanjutnya pada…