11 Ribu Motor Listrik GESITS Siap Diproduksi Tahun 2018 Mendatang

Oleh : Ridwan | Sabtu, 19 Agustus 2017 - 13:50 WIB

Motor Listrik GESITS
Motor Listrik GESITS

INDUSTRY.co.id - Bogor, Garansindo Group, Institut Sepuluh November (ITS) dan PT Wijaya Karya (Wika) Industri dan Konstruksi resmi menandatangani kerjasama untuk memperoduksi, Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS) di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat (18/8/2017).

Rencananya sepeda motor GESITS akan mulai diproduksi 2018 mendatang di Asembly plant sepeda motor listrik GESITS komplek industri Wika. Dan ditargetkan, motor listrik karya anak bangsa ini bisa diproduksi sebanyak 11 ribu unit per tahun. Pabrik perakitan GESITS sendiri akan menempati salah satu bagunan di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) yang memiliki luas total areal 30 hektar.

Direktur Wika Industri dan Konstruksi, Fery Hendriyanto mengatakan, PT WIKA menyiapkan fasilitas dan peralatan industri untuk mendukung proses produksi GESITS yang sempurna, sesuai yang telah diciptakan para pelajar Indonesia di dalam negeri. Kemudian Garansindo Group bertindak sebagai distributor GESITS.

"Setelah diproduksi oleh Wika Industri dan Konstruksi, Gesits lalu dipasarkan oleh Garansindo. Ini kolaborasi luar biasa antara perguruan tinggi untuk riset, industrialisasi produk, dan pemasaran yang semuanya dilakukan anak bangsa," ungkap Fery di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat (18/8/2017).

Dalam tahap awal, pabrik PT WIKA Industri dan Konstruksi mampu memproduksi 50.000 unit GESITS per tahun. Ke depan, kapasitas produksi akan dikembangkan hingga mampu mencapai 100.000 unit per tahun.

Sementara itu, CEO Garansindo Group, Muhammad AL Abdullah mengungkapkan, dipilihnya Wika menurutnya karena Wika sebagai perusahaan plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah terpercaya memproduksi berbagai komponen sepeda motor Jepang.

"Kami mau proyek ini bukan sekadar konsep saja, tapi harus siap masuk jalur produksi, kenapa kami pilih Wika, selama ini PT Wika sudah dipercaya untuk memproduksi beberapa komponen motor pabrikan Jepang," katanya.

Disisi lain, Kepala BPSDM Perhubungan, Joko Sasono yang mewakili Menteri Perhubungan mengatakan, jika sepeda motor listrik GESITS sudah diproduksi dan dijual, diharapkan harganya bisa murah tapi juga tidak murahan.

Menurutnya, pemerintah bersama masyarakat terus berupaya melakukan pengurangan polusi udara melalui penguatan peraturan serta kesadaran masyarakat supaya polusi udara dari sepeda motor dapat dikurangi, salah satunya dengan memproduksi sendiri sepeda motor listrik karya anak bangsa yakni GESITS.

"Salah satu langkah yang kita lakukan dengan mendukung sepenuhnya produksi sepeda motor GESITS secara lokal, tentunya itu juga berkaitan dengan Perpres yang mengatur rencana penyedia usaha listrik, salah satu karya nyata ini menjawab kebutuhan sektor transportasi ramah lingkungan," pungkas Joko.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan Business Matching IKM Pangan dan Furnitur dengan HIPPINDO

Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:48 WIB

Menperin Agus Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel Lewat Gelaran Temu Bisnis

Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap kemitraan antara IKM dengan berbagai sektor…

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:02 WIB

BNI Sediakan Solusi Pembiayaan untuk Pelaku Usaha melalui Supply Chain Financing

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, efisiensi dan optimalisasi modal kerja menjadi kunci utama bagi para pelaku usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan profitabilitas.

Gala dinner 2nd Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific

Sabtu, 04 Mei 2024 - 11:30 WIB

Nuansa Bali Meriahkan Gala Dinner 2nd Tourism Regional Conference

Rangkaian pelaksanaan 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Kamis (2/5/2024), dilanjutkan…

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengajak delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference tanam Bakau

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:45 WIB

Menteri Sandiaga Uno Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Tanam Bakau di Telaga Waja, Benoa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak delegasi "The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the…

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…