Pertamina Lubricants Hadirkan ILM 2.0, Wujudkan Sistem Manajeman Pelumasan yang Optimal

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 Juni 2025 - 08:05 WIB

Vice President Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, Sinung Wikantoro
Vice President Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, Sinung Wikantoro

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menjawab kebutuhan industri akan layanan manajemen pelumasan yang semakin efisien, PT Pertamina Lubricants (PTPL) secara resmi memperkenalkan Integrated Lubrication Management 2.0 (ILM 2.0).

ILM merupakan program layanan purna jual (after sales) terintegrasi yang dirancang untuk mendampingi pelanggan industri dalam memanajemen pelumasan yang optimal dan berbasis data. Program ILM 2.0 mempertajam aspek feature dan benefit melalui berbagai aktivitas yang dilakukan dalam scope manajemen pelumasan. 

Pelumas hanya menyumbang sekitar 3% dari total biaya perawatan. Namun, dengan manajemen pelumasan yang tepat, konsumen dapat mengidentifikasi dan melakukan langkah-langkah pencegahan hingga 70% dari potensi penyebab terjadinya kerusakan pada peralatan permesinan.

Hal ini menjadi dasar ILM 2.0, karena manajemen pelumasan yang baik dan tepat dapat menjaga performa peralatan, memperpanjang usia pakai mesin, mengurangi potensi downtime akibat kerusakan mesin, hingga mendukung tercapainya target keberlanjutan perusahaan.

“Kegiatan operasional industri kini semakin menuntut efisiensi dan keandalan. Oleh karena itu, pendekatan terhadap manajemen pelumasan yang terintegrasi perlu dilakukan secara lebih terukur dan terstandarisasi. ILM 2.0 dikembangkan untuk menjawab kebutuhan tersebut, dengan menawarkan sistem yang mendukung pemeliharaan peralatan secara menyeluruh,” ujar Sinung Wikantoro, Vice President Technical Specialist PT Pertamina Lubricants.

Tak hanya berbasis data, layanan ILM 2.0 milik PTPL juga akan menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing sektor, mulai dari industri pertambangan, pelayaran, konstruksi, F&B, cement , agro, manufaktur, hingga ATPM. 

“Setiap sektor tentu memiliki kebutuhan dan tantangan tersendiri yang mengharuskan solusi layanan yang customized. Layanan kami telah dirancang untuk menawarkan fleksibilitas tersebut,” tambah Sinung. 

Pertamina Lubricants menghadirkan tiga layanan purna jual utama, antara lain:

1. Technical Assistance

Dukungan teknis langsung diberikan oleh para Technical Specialist dan Field Engineers yang berpengalaman serta bersertifikasi internasional, yang siap membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di lapangan (troubleshooting), memberikan penilaian dan panduan untuk meningkatkan manajemen pelumasan, menjadi technical partner untuk melakukan continuous improvement, memberikan annual performance report, dan bahkan bekerja sama dengan konsumen untuk mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya spesifik.

2. Lube Oil Laboratory

Oil Clinic Laboratory hadir untuk membantu pelanggan industri Pertamina Lubricants memantau kondisi pelumas secara cepat dan akurat. Layanan ini dirancang untuk memonitor dan mencegah potensi gangguan operasional sejak dini melalui analisa dan investigasi forensik.

3. Capability Development melalui Integrated Lubrication Management Academy (ILMA)

ILMA merupakan satu-satunya akademi manajemen pelumasan terintegrasi di Indonesia, yang dimiliki oleh PT Pertamina Lubricants. Melalui ILMA, Pertamina Lubricants dapat memberikan pelatihan dan workshop manajemen pelumasan yang disesuaikan dengan sektor masing-masing konsumen.

Dengan kehadiran ILM 2.0, Pertamina Lubricants menegaskan komitmennya sebagai mitra teknis strategis bagi pelanggan segmen industri di seluruh Indonesia. Inisiatif ini juga memperkuat komitmen PT Pertamina Lubricants dalam menyediakan solusi menyeluruh yang berbasis kebutuhan pelanggan, tak hanya lewat produk pelumas berkualitas tinggi, namun juga melalui pendampingan teknis yang proaktif dan edukatif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Desain inklusif yang dihadirkan OCA lewat OCA AI diharapkan turut mendorong pemerataan peluang ekonomi

Senin, 28 Juli 2025 - 16:29 WIB

OCA AI dari Telkom Kenalkan Chatbot Builder Tanpa Coding

Omni Communication Assistant (OCA) dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjadi solusi yang bisa diandalkan. Bukan sekadar menghadirkan solusi komunikasi saja, lebih dari itu OCA…

Diseksi Aorta Kompleks

Senin, 28 Juli 2025 - 16:20 WIB

Keren! Diseksi Aorta Kompleks Berhasil Ditangani oleh Heartology

Tidak semua nyeri perut berasal dari masalah pencernaan. Dalam sejumlah kasus, nyeri hebat pada perut justru bisa menjadi pertanda kondisi yang mengancam jiwa. Salah satu contoh penyakitnya…

Program Zakat Produktif Dompet Dhuafa untuk budidaya udang Vaname dengan teknik Bioflok di desa Wanayasa, Serang, Banten.

Senin, 28 Juli 2025 - 15:45 WIB

Budidaya Udang Bioflok: Jalan Mandiri Warga Wanayasa Berkat Zakat Produktif

Di Desa Wanayasa, Pontang, Serang, Bapak Mahyadi (56) setiap hari sibuk merawat tiga kolam tambak udang vaname. Bukan sekadar pekerjaan, tapi ladang harapan. Dari situ, ia bisa membiayai hidup…

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Barat menyalurkan bantuan paket nutrisi tinggi protein kepada 12 pasien TBC di wilayah kerja Puskesmas Citarik, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Senin, 21 Juli 2025.

Senin, 28 Juli 2025 - 15:20 WIB

LKC Dompet Dhuafa Salurkan Paket Nutrisi bagi Pasien TBC di Sukabumi

Sebagai bagian dari komitmennya dalam mendukung program eliminasi Tuberkulosis (TBC) di Indonesia, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Barat menyalurkan bantuan paket nutrisi…

Caption: Wamen Ekraf Irene Umar Apresiasi JF3 Perkuat Ekosistem Kreatif Indonesia-Prancis, Jakarta, Minggu (27/06/2025).

Senin, 28 Juli 2025 - 15:00 WIB

Wamen Irene Apresiasi Kolaborasi Indonesia-Prancis di Jakarta Fashion & Food Festival (JF3) 2025

Acara bertema "La Nouvelle Ecriture" ini dinilai Wamen Irene sebagai sebuah manifestasi dari ekosistem fesyen Indonesia yang semakin matang dan siap untuk mendapatkan pengakuan dunia. Irene…