Yili Indonesia Dairy Ukir Prestasi Lewat Program CSR Inklusif dan Berkelanjutan
Oleh : Kormen Barus | Kamis, 12 Juni 2025 - 11:13 WIB

Yili Indonesia Dairy Ukir Prestasi Lewat Program CSR Inklusif dan Berkelanjutan
INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Yili Indonesia Dairy (Yili) kembali menegaskan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan di Indonesia melalui program unggulan bertajuk Joyday, Tumbuh dan Berkembang Bersama Indonesia.
Program ini mencakup pengembangan dan perekrutan tenaga kerja lokal serta subsidi modal untuk para mitra hawker, inisiatif yang berhasil mengantarkan Yili meraih TOP CSR Award 2025, sebuah penghargaan prestisius atas praktik Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang berdampak nyata bagi masyarakat.
Presiden Direktur PT Yili Indonesia Dairy, Yu Miao, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini, “Kami merasa terhormat menerima penghargaan TOP CSR Award 2025. Ini bukan sekadar pengakuan, tetapi juga motivasi untuk terus menjalankan program yang tidak hanya memberikan dampak positif bagi bisnis kami, tetapi juga bagi para mitra, distributor, hawker, dan masyarakat luas. Mereka adalah bagian tak terpisahkan dari ekosistem kami,” jelas Yu Miao.
Sebagai bagian dari strategi bisnis berkelanjutan, Yili telah merekrut sekitar 98% tenaga kerja lokal, di mana 54% di antaranya merupakan warga sekitar pabrik yang berlokasi di Jawa Barat. Inisiatif ini tidak hanya membantu mengurangi pengangguran, tetapi juga menciptakan nilai tambah ekonomi di tingkat lokal.
Melalui program hawker, Yili telah memberdayakan lebih dari 2.000 individu di seluruh Indonesia sebagai mitra. Para hawker ini menjadi ujung tombak distribusi yang memungkinkan produk Yili lebih mudah diakses langsung oleh konsumen di berbagai daerah, bahkan hingga ke pelosok. Yili juga menggandeng lebih dari 500 depo lokal untuk memastikan kelancaran distribusi produk kepada para hawker dan menciptakan ekosistem kemitraan yang saling menguntungkan.
“Program hawker tidak hanya berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memperkuat jaringan distribusi kami secara inklusif. Kami ingin terus membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk bergabung, termasuk di wilayah-wilayah yang sebelumnya belum terjangkau,” tambah Yu Miao.
Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2025 sebesar 4,76%, lebih rendah dibandingkan Februari 2024 yang mencapai 4,82%. Angka tersebut menjadi yang terendah sejak krisis tahun 1998 bahkan dalam kurun lima tahun terakhir ketika tingkat pengangguran di Indonesia sempat menyentuh 7,07% pada masa krisis Covid-19 tahun 2020 . Kehadiran program hawker dari Yili tentunya menjadi sebuah solusi untuk membuka peluang kerja baru bagi masyarakat.
Ke depannya, Yili berkomitmen untuk memberikan pelatihan dan pengembangan kapasitas bagi seluruh mitra hawker. Pelatihan ini mencakup pengelolaan usaha mikro, layanan pelanggan, serta edukasi seputar produk dan kebersihan pangan, guna meningkatkan profesionalisme dan daya saing para mitra di lapangan.
“Kami percaya bahwa program ini tidak berhenti pada pemberian modal, tetapi juga bagaimana kami bisa membekali para mitra dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang. Tujuan akhir kami adalah menciptakan kemitraan yang saling memperkuat dan tumbuh bersama,” tutup Yu Miao.
Yili Group adalah perusahaan susu terbesar di Asia yang telah mampu mempertahankan posisi terdepan selama sebelas tahun berturut-turut. Hal ini ditercermin pada posisi Yili yang berada di antara 5 merek produk susu global teratas pada tahun 2022.
Sebagai perusahaan yang berorientasi pada konsumen, Yili terus memberikan produk dan layanan berkualitas tinggi untuk semua orang sekaligus memberdayakan mereka untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat, dengan tujuan menjadi penyedia makanan sehat yang paling tepercaya di dunia.
Yili sangat aktif di pasar produk susu dan yakin akan kemampuannya untuk mempertahankan posisi terdepan di semua kategori, termasuk susu cair, susu bubuk, yogurt, es krim, keju, dan lainnya. Portofolio produknya terus berkembang untuk memberikan lebih banyak nutrisi dan manfaat kesehatan bagi semua kelompok usia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hingga saat ini, perusahaan ini memiliki 15 pusat penelitian dan inovasi dan 81 basis produksi di seluruh dunia. Produknya dipasarkan di lebih dari 60 negara dan wilayah.
Baca Juga
Launching Kolaborasi Kemuliaan Dalam Kebaikan, Sabana Group Gandeng…
Rayakan Momen “Ahhh-fterwork”, Heineken® Hadirkan Pengalaman…
Mie Sedaap Come See Mie 2025: Festival Rasa dan Ekspresi Gen Z yang…
TYGA Resmi Debut di Dunia Fashion Indonesia, Usung Semangat Inklusivitas…
Beda Tipis dengan Harimau, Tapi Kata Alshad Ahmad, Kucing Butuh Perhatian…
Industri Hari Ini

Kamis, 07 Agustus 2025 - 17:02 WIB
HKI Perkuat Sinergi Lintas Sektor untuk Dorong Hilirisasi dan Pertumbuhan Ekonomi 8%
Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) menegaskan komitmennya untuk mempercepat sinergi lintas sektor dalam mendorong investasi hilirisasi, penguatan pendidikan tinggi, serta pengembangan…

Kamis, 07 Agustus 2025 - 11:50 WIB
Standard Chartered dan Alibaba Group Teken Kemitraan Strategis untuk Teknologi dan Pertumbuhan
Bank Standard Chartered dan Alibaba Group Holding Limited (Alibaba Group) menjalin kemitraan strategis dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dari Alibaba Cloud untuk mempercepat…

Kamis, 07 Agustus 2025 - 11:32 WIB
Jackson Wang Jadi Satu-satunya Artis China dengan Debut Tertinggi di Billboard
Jackson Wang kembali mencetak sejarah di industri musik global. Album terbarunya, MAGICMAN 2, yang dirilis pada 18 Juli 2025, debut di posisi #13 Billboard 200 yang menjadikannya album debut…

Kamis, 07 Agustus 2025 - 11:21 WIB
Kerja Sama Pupuk Indonesia dan Petronas Chemicals Perkuat Ketahanan Pangan dan Hilirisasi Industri
PT Pupuk Indonesia (Persero) dan Petronas Chemicals Group Berhad (PCG) memperkuat kemitraan strategisnya melalui penandatanganan kelanjutan nota kesepahaman (MoU) yang membuka peluang kolaborasi…

Kamis, 07 Agustus 2025 - 11:11 WIB
BELL Catat Penjualan Rp283,1 Miliar di Semester I 2025
PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), emiten penyedia kain, seragam, dan fashion berkualitas berhasil mempertahankan performa positif di semester 1 tahun ini dengan mencatatkan total penjualan…
Komentar Berita