Penjualan PT Aspirasi Hidup Indonesia TbkTumbuh Positif di Kuartal Pertama 2025
Oleh : Hariyanto | Kamis, 08 Mei 2025 - 13:25 WIB

Pembukaan Experience Store AZKO
INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) (ACES) kembali mencatatkan kinerja positif di awal tahun 2025. Berdasarkan Laporan Keuangan Kuartal I 2025, Perusahaan mencatatkan pertumbuhan penjualan positif yang didorong oleh peluncuran merek AZKO, peningkatan aktivitas belanja selama periode Ramadan dan Lebaran, serta kontribusi kinerja Same Store Sales Growth (SSSG) yang tetap solid.
Pada kuartal pertama 2025, Perusahaan membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 7,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp2,14 triliun. Pencapaian ini turut ditopang oleh pertumbuhan Same Store Sales Growth (SSSG) sebesar 2,2%.
Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat mengalami penurunan dari Rp204,82 miliar pada kuartal pertama 2024 menjadi Rp141,60 miliar.
Penurunan yang terjadi telah diperkirakan sebelumnya seiring dengan peningkatan biaya operasional yang disebabkan oleh pergeseran waktu pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang jatuh pada Kuartal II, serta kenaikan pada biaya iklan dan promosi untuk kegiatan rebranding AZKO.
Namun, jika melihat kinerja operasional di luar faktor THR, Perusahaan masih mencatatkan pertumbuhan laba operasi sekitar 4%. Manajemen Perusahaan tetap optimistis dapat membukukan pertumbuhan laba bersih yang positif untuk tahun penuh 2025.
“Kami melihat respon positif dari pelanggan terhadap peluncuran merek AZKO. Di sisa sembilan bulan tahun 2025 ini, berbagai inisiatif telah kami siapkan untuk memperkuat kapabilitas operasional sekaligus memperluas dampak positif, baik dari sisi bisnis maupun sosial,” ujar Gregory S. Widjaja, Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk.
Untuk tahun penuh 2025, Perusahaan telah menetapkan alokasi belanja modal (Capital Expenditure/CapEx) sebesar Rp250 – 300 miliar, dengan realisasi CapEx yang tercatat hingga akhir bulan Maret 2025 sebesar Rp43,55 miliar.
Alokasi ini difokuskan untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan melalui ekspansi pembukaan 25 hingga 30 toko baru di berbagai wilayah Indonesia, serta inovasi konsep toko yang lebih solutif, inspiratif, dan berorientasi pada pelanggan.
Sejalan dengan strategi ekspansi yang telah ditetapkan, sepanjang kuartal pertama 2025, Perusahaan membuka empat toko AZKO di berbagai wilayah baru, termasuk kawasan Indonesia paling timur, Abepura, Papua, dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Bersamaan dengan langkah ini, Perusahaan juga menjalankan program AZKO Berbagi Cahaya sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan, dengan mendukung efisiensi energi melalui pemberian Lampu LED KRISBOW Hemat Energi di dua rumah ibadah terbesar di Abepura, yakni Gereja GKI Tanah Papua PNIEL dan Masjid Agung As-Sholihin. Program ini mencerminkan kontribusi nyata bagi komunitas sekaligus mendukung pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan.
Selain itu, Perusahaan juga menghitung serapan karbon lebih dari 4.000 pohon yang telah ditanam di berbagai area menggunakan metode alometrik, dengan hasil serapan mencapai 1.539 ton CO₂eq. Inisiatif ini mencerminkan komitmen Perusahaan dalam menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), yang secara bertahap area serapan karbon akan diperluas guna menghasilkan dampak lingkungan yang nyata dan berkelanjutan.
Ke depan, Perusahaan juga akan terus memperkuat posisinya di industri ritel Indonesia melalui pengembangan portofolio produk dari 52 home brands yang telah dikenal dekat dengan pelanggan, seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, SOLEIL, dan lainnya.
Perusahaan juga akan mengoptimalkan layanan omnichannel melalui aplikasi ruparupa sebagai wujud “the future of retail”, serta menghadirkan solusi kebutuhan rumah dan hidup dari A sampai Z dengan layanan komprehensif dan ide-ide kolaboratif.
Baca Juga
Naik 14,3 Persen, MTDL Bagikan Dividen Tahun Buku 2024 Sebesar Rp…
Moorlife, Brand Lokal Mendunia di Tengah Lesunya Industri Plastic…
Philips Perkenalkan BLDC Dryer S8000, Teknologi Inovatif Untuk Rambut…
Di Pameran PALMEX dan SEA Indonesia, Nippon Paint Tampilkan Inovasi…
Kampanye ‘Beres, Bosch’ Solusi Pintar untuk Kemudahan Aktivitas…
Industri Hari Ini

Jumat, 13 Juni 2025 - 02:03 WIB
Ekonomi Lesu, Trading Jadi Peluang Menjanjikan Tambah Penghasilan di 2025
Pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat di awal 2025, namun trading muncul sebagai solusi tambahan penghasilan. Peluang besar terbuka bagi pemula dengan dukungan teknologi AI dan platform seperti…

Jumat, 13 Juni 2025 - 01:54 WIB
Diageo World Class Indonesia 2025: Kompetisi Bartender Bergengsi Dukung Talenta Lokal Tembus Kancah
Diageo World Class Indonesia 2025 kembali digelar di Jakarta. Charles Richard dari Seken Bar Bali keluar sebagai juara dan siap mewakili Indonesia di Toronto, Kanada.

Jumat, 13 Juni 2025 - 01:31 WIB
Wong Hang Bersaudara Luncurkan Brand GAMS di Indo Defense 2025, Siap Garap Pasar Taktis-Sipil
Wong Hang Bersaudara meluncurkan brand GAMS di Indo Defense 2025. Fokus pada kebutuhan taktis-sipil dengan kualitas militer, GAMS siap ekspansi ke pasar nasional dan ASEAN.

Jumat, 13 Juni 2025 - 01:18 WIB
Kolaborasi Kemenkes, Kenvue, dan PDPI Luncurkan Gerakan Nasional Berhenti Merokok
Indonesia resmi meluncurkan Gerakan Berhenti Merokok bersama Kemenkes, Kenvue, dan PDPI. Fokus pada edukasi, akses NRT, dan pelatihan tenaga kesehatan untuk Indonesia lebih sehat dan bebas rokok.
Jumat, 13 Juni 2025 - 01:06 WIB
Baby Happy Resmikan Flagship Store Pertama di Raja Susu Pamulang, Dukung Orang Tua Hadirkan Bayi Sehat Bebas Ruam
Baby Happy resmi membuka flagship store pertama di Raja Susu Pamulang, hadirkan pengalaman belanja popok bayi yang nyaman dan edukatif, serta kampanye Gerakan Anti Ruam.
Komentar Berita