Eks Pegawai Kantoran Ini Rintis Brand Sandal Lokal Inovatif Bersama Shopee

Oleh : Nina Karlita | Senin, 28 April 2025 - 17:29 WIB

Kingman membuktikan bahwa dengan strategi tepat dan komitmen, produk lokal bisa bersinar di negeri sendiri
Kingman membuktikan bahwa dengan strategi tepat dan komitmen, produk lokal bisa bersinar di negeri sendiri

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Di tengah ketatnya persaingan industri fashion Tanah Air, dua anak muda Indonesia, Benny Wijaya dan Diswandy, berhasil membuktikan bahwa produk lokal bisa bersaing dan mendominasi pasar. 

Melalui brand sandal lokal Kingman, keduanya sukses merintis usaha inovatif yang kini dikenal luas, berkat strategi cerdas memanfaatkan ekosistem digital, khususnya melalui platform Shopee. Cerita inspiratif ini menjadi bagian dari program Kisah UMKM Shopee bertajuk "Sukses Berkarya Sebelum 30". 

Benny dan Diswandy, yang memulai bisnis di usia 25 tahun, memiliki latar belakang jauh dari industri fashion. Benny adalah mantan bankir, sedangkan Diswandy berpengalaman di bidang logistik ekspor-impor. Minimnya pengalaman tak menjadi penghalang; tekad kuat, adaptasi, dan semangat belajar membuat mereka terus berkembang.

Didirikan pada masa pandemi, Kingman lahir dari kepekaan melihat kebutuhan pria Indonesia akan sandal yang nyaman namun tetap rapi dan stylish. Dengan desain elegan yang cocok untuk suasana santai hingga semi-formal, Kingman membidik segmen pria lintas generasi, mulai dari Gen Z hingga Gen X.

Tak hanya fokus pada produk, Benny dan Diswandy membangun Kingman dari nol, mulai dari produksi di Jakarta Barat, mengelola pemasaran digital melalui Shopee, hingga membalas pesan pelanggan sendiri di tengah kesibukan kerja kantoran. Berkat konsistensi, Kingman kini memperkerjakan lebih dari 60 karyawan dan produknya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

"Shopee menjadi mitra utama kami sejak 2021. Platform ini menyumbang lebih dari 80% penjualan kami," ungkap Benny dan Diswandy.

Bulan Ramadan menjadi periode puncak bagi penjualan Kingman. Dengan memanfaatkan kampanye Shopee Big Ramadan Sale, mereka mampu meningkatkan pesanan hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa. 

Selain itu, mereka juga aktif menggunakan fitur interaktif seperti Shopee Live untuk membangun koneksi lebih personal dengan konsumen serta memperluas jangkauan melalui Shopee Affiliate Program dan kampanye 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pegawai BRI menjelaskan produk keuangan ke Nasabah

Senin, 12 Mei 2025 - 16:37 WIB

Kualitas Layanan Semakin Meningkat, BRI Raih Digital Channel Terbaik Versi BSEM 2025

Komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dalam menghadirkan layanan digital yang inovatif, adaptif, dan unggul di segala aspek kembali diakui dengan mendapatkan peringkat pertama…

UMKM binaan BRI

Senin, 12 Mei 2025 - 15:56 WIB

Berbekal Pinjaman Modal dan Pendampingan BRI, Perempuan Tangguh Ini Dirikan Kelompok Wanita Tani di Kaki Gunung Ciremai

Dari sebuah desa kecil di kaki Gunung Ciremai, terselip sebuah cerita yang bertumpu pada perjuangan tiada lelah. Hayanah, namanya yang mampu menorehkan cerita inspiratif dan membanggakan, tak…

Kiri ke kanan :Hari Soeryawan, BU Head AC PT Panasonic Manufacturing Indonesia, Daniel Suhardiman, Vice President Director PT Panasonic Manufacturing Indonesia dan Hari Wahyudi, BU Head IAQ PT Panasonic Manufacturing Indonesia

Senin, 12 Mei 2025 - 13:54 WIB

Panasonic di Indonesia tidak Ada PHK

Panasonic Holdings akan melakukan PHK untuk 10 ribu orang, lalu bagaimana di Indonesia?

Hidah Pratama membeberkan brand fashion miliknya yang baru saja diluncurkan.

Senin, 12 Mei 2025 - 13:51 WIB

Hidah Pratama Fashion Hadirkan Keanggunan dan Pemberdayaan Perempuan Lewat Modest Wear Lokal

Peluncuran Hidah Pratama Fashion, brand modest wear lokal asal Bima, NTB yang menggabungkan keanggunan, kesopanan, dan pemberdayaan perempuan Indonesia.

Isa Alamsyah dan Asma Nadia Gelar Kopdar Nasional KBM

Senin, 12 Mei 2025 - 13:08 WIB

Isa Alamsyah dan Asma Nadia Gelar Kopdar Nasional KBM, Hadiahi Penulis Sukses dengan Cincin Berlian

Kopdar Nasional KBM App 2025 digelar oleh Isa Alamsyah dan Asma Nadia. Penulis sukses diberi cincin berlian, sharing penghasilan hingga miliaran rupiah dari menulis.