Implora: Strategi Jitu Menjadi Pemain Unggul di Pasar Kosmetik Digital Bersama Shopee

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 16 Januari 2025 - 12:31 WIB

Implora, sebuah brand lokal yang berhasil berjaya di pasar kosmetik nasional.
Implora, sebuah brand lokal yang berhasil berjaya di pasar kosmetik nasional.

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Dengan populasi generasi muda yang terus bertambah, berbagai merek lokal berlomba menghadirkan inovasi.

Termasuk Implora, brand kosmetik yang telah eksis sejak 2002 dan sukses membangun reputasi sebagai pilihan utama konsumen Indonesia. 

Sejarah Perjalanan Implora Bermula dari usaha sederhana yang memasarkan produk secara langsung di Jawa dan Bali, Implora kini telah melampaui dua dekade perjalanan bisnisnya.

Hendrata Liadi, Chief Marketing Officer Implora, menceritakan bagaimana usaha ini berkembang pesat dengan mengusung misi menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. 

“Kami percaya bahwa industri kosmetik Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan, terutama karena kekayaan sumber daya alam kita sebagai bahan baku.

Transformasi digital juga memainkan peran penting dalam keberhasilan kami. E-commerce seperti Shopee telah membantu kami memperluas pasar melalui program kampanye dan fitur interaktifnya,” ujar Hendrata. 

Hendrata menambahkan bahwa pada setiap puncak kampanye Shopee, pesanan mereka meningkat hingga 10 kali lipat, dengan lonjakan transaksi hingga 50 kali lipat pada kuartal I 2024 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. 

Didirikan oleh pasangan asal Surabaya, Go Wi Liem dan Sri Melani, Implora awalnya dikenal sebagai produsen parfum.

Pada awal 2000-an, mereka sukses menarik perhatian pasar dan mulai memperluas lini produk ke kosmetik dekoratif seperti lipstik dan bedak.

Di tahun 2017, peluncuran Urban Lip Cream Matte membawa respons luar biasa dari pasar, mendorong Implora untuk memasuki kategori skincare dengan produk andalan seperti face serum. 

“Melalui tagline ‘Berani Jadi Aku,’ kami ingin setiap perempuan merasa nyaman dengan dirinya. Kami memastikan semua produk kami memenuhi standar BPOM, bersertifikasi halal, dan telah diuji oleh dermatologis. Seluruh proses produksi dilakukan secara lokal di pabrik kami di Sidoarjo,” jelas Hendrata. 

 

Keberhasilan Implora tak lepas dari kemitraannya dengan Shopee sejak 2017. Melalui kampanye belanja, fitur Shopee Live, dan promosi lainnya, Implora mampu menjangkau konsumen lebih luas.

Hingga kini, Implora telah meluncurkan lebih dari 150 produk, termasuk Urban Eyebrow, Healthy Glow Cushion, dan Zodiac Series Perfume Collection. 

“Shopee Live memberikan dampak luar biasa bagi kami, memungkinkan interaksi langsung dengan konsumen. Selama kampanye di tahun 2024, penjualan kami meningkat hingga 8 kali lipat melalui Shopee Live dibandingkan hari biasa,” tambah Hendrata. 

Selain memperluas visibilitas produk, Implora juga memanfaatkan kanal interaktif seperti Lora’s Store.

 

Program yang berjalan hampir 24 jam sehari ini menjadi platform edukasi dan inspirasi kecantikan, serta wadah komunitas Implovers untuk berinteraksi langsung dengan host atau influencer. 

Menurut laporan Nielsen, kategori makeup dan skincare diproyeksikan tumbuh signifikan pada 2025, membuka peluang baru bagi brand kosmetik seperti Implora. Dengan strategi adaptasi terhadap teknologi, inovasi produk, dan kebutuhan pasar yang dinamis, Implora optimistis menghadapi persaingan ketat. 

“Kami percaya Shopee akan terus menjadi mitra strategis dalam mencapai pertumbuhan positif. Dengan fokus pada inovasi, kami berkomitmen untuk menghadirkan produk berkualitas tinggi yang relevan dan terjangkau bagi perempuan Indonesia,” tutup Hendrata. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

[Photo] Hyun-Seung Yu, CEO CGBio (kedua dari kanan) dan Eric Aoh, Kepala Bisnis CGBio Indonesia (kanan) berfoto bersama pejabat Lembaga Penelitian Teknik Biomedis Universitas Indonesia dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama industri-akademisi.

Jumat, 07 Februari 2025 - 14:46 WIB

Daewoong Tingkatkan Kolaborasi dengan Universitas Indonesia untuk Pengembangan Alat Kesehatan dengan Memanfaatkan Sumber Daya dan Talenta Lokal

Daewoong terus melanjutkan komitmennya terhadap pertumbuhan bersama industri farmasi dan bioteknologi Indonesia, kemitraan yang telah berlangsung lebih dari dua dekade.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara LPDB-KUMKM dengan ID FOOD

Jumat, 07 Februari 2025 - 14:35 WIB

LPDB-KUMKM – ID FOOD Jalin Sinergi Perkuat Program Swasembada Pangan

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menjalin kerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID FOOD guna memperkuat program…

Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) memberikan sertifikat kepada pembicara usai diskusi Swasembada Pangan

Jumat, 07 Februari 2025 - 14:19 WIB

Peluang Wujudkan Swasembada Pangan 2027 Terbuka Lebar

Presiden Prabowo Subianto telah mencanangkan swasembada pangan, khususnya beras pada tahun 2027. Dengan potensi sumber daya lahan yang cukup luas, peluang merealisasikan swasembada pangan cukup…

EGM Operation AdMedika dr. Rizal Hakim (Paling Kiri), CEO TelkomMetra Prama Saleh H. Utomo (Kedua dari Kiri), CEO AdMedika Dian Prambini (Ketiga dari Kiri), Sekertaris Yayasan Sobokartti Semarang Darmadi (Ketiga dari Kanan), CMO AdMedika Muhamas Nasrun Ihsan (Kedua dari Kanan), CFRO AdMedika Danang Rizki Ginanjar (Paling Kanan).

Jumat, 07 Februari 2025 - 14:02 WIB

AdMedika Dukung Sanggar Sobokartti Semarang Lestarikan Warisan Budaya Indonesia

Dalam rangka meningkatkan kelestarian budaya Indonesia, serta mendukung terwujudnya Asta Cita, AdMedika yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kembali melaksanakan…

Gedung BNI

Jumat, 07 Februari 2025 - 12:15 WIB

Perkuat ESG, BNI Pacu Pertumbuhan Pembiayaan Berkelanjutan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat komitmennya dalam menyalurkan pembiayaan di sektor hijau atau green banking sebagai wujud dukungan terhadap pembiayaan berbasis…