Tingkatkan Sektor Pariwisata, Bandung Upayakan Jadi Destinsi MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:18 WIB

Gedung Sate Bandung (Foto Ist)
Gedung Sate Bandung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus mengupayakan agar Kota Bandung menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conferencing dan Exhibition) guna meningkatkan kedatangan wisatawan saat weekday atau hari biasa.

"Kita tetep berusaha dengan meningkatkan wisata MICE, supaya weekday wisatawannya banyak juga," kata Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari di Bandung, Kamis(10/8/2017)

Menurutnya, saat ini Kota Bandung hanya menjadi kota tujuan wisata pada saat akhir pekan saja. Padahal, jika dilihat dari potensinya, Kota Kembang ini memiliki peluang cukup besar untuk menjadi bagian tujuan destinasi MICE.

Sementara untuk akhir pekan sendiri, jumlah wisatawan yang datang ke Bandung mencapai 200 ribu orang.

"Bandung punya semuanya, tinggal mulai saja dan dukungan dari semua pihak," kata dia kepada  awak media di Bandung.

Belum maksimalnya MICE ini membuat okupansi hotel di hari biasa begitu lesu, berbeda jika dibandingkan saat akhir pekan tingkat hunian dapat mencapai 70 persen dari total 400 hotel berbintang dan non bintang yang ada di Bandung.

Untuk menggenjot wisatawan ini, Disbudpar berencana untuk membentuk forum yang dinamai Bandung MICE forum. Seluruh pebisnis dan konsumen akan dipertemukan, membahas mengenai kemungkinan kerja sama yang berujung pada destinasi MICE di Bandung.

"Rencananya, kita akan merubah anggaran dalam perubahan ini. Nanti ke depannya itu akan menjadi agenda rutin. Saya mohon juga dukungan dari teman-teman hotel nanti," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta-Potensi perbenihan Nusa Tenggara Barat (NTB) sangatlah besar. Berbagai jenis benih pangan dapat diproduksi disini.

Rabu, 22 Januari 2020 - 08:36 WIB

Komisi IV DPR RI: NTB Mampu Menjadi Lumbung Benih Nasional

Jakarta-Potensi perbenihan Nusa Tenggara Barat (NTB) sangatlah besar. Berbagai jenis benih pangan dapat diproduksi disini.

Adira Finance

Rabu, 22 Januari 2020 - 08:29 WIB

Adira Finance Memperoleh Fasilitas Pinjaman Sindikasi Sejumlah USD300 Juta

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (“Adira Finance” atau“Perusahaan”) telah melaksanakan penandatanganan perjanjian fasilitas pinjaman sindikasi sebesar USD300 juta di Singapura. Pengaruh…

Dahlan Iskan

Rabu, 22 Januari 2020 - 08:20 WIB

G-LAND

Ya, saya ke Banyuwangi lagi. Di Banyuwangi sudah banyak yang baru

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 22 Januari 2020 - 08:07 WIB

Inilah Saham-saham Pilihan Hari Rabu

Saat ini IHSG terlihat sedang melewati rentang konsolidasi wajar sebelum dapat melanjutkan kenaikannya, support level masih tampak cukup kuat dan tahan uji. IHSG akan berada di level 6202 -…

Hutama Karya Terus Garap Tol Ruas Padang-Sicincin Sumbar

Rabu, 22 Januari 2020 - 08:00 WIB

Hutama Karya Terus Garap Tol Ruas Padang-Sicincin Sumbar

Mempercepat dan dan melanjutkan pembangunan infrastruktur merupakan salah visi Presiden Joko Widodo untuk Indonesia 2019-2024. Dimana diharapkan dengan interkoneksi infrastruktur dengan kawasan…