Tingkatkan Sektor Pariwisata, Bandung Upayakan Jadi Destinsi MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:18 WIB

Gedung Sate Bandung (Foto Ist)
Gedung Sate Bandung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus mengupayakan agar Kota Bandung menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conferencing dan Exhibition) guna meningkatkan kedatangan wisatawan saat weekday atau hari biasa.

"Kita tetep berusaha dengan meningkatkan wisata MICE, supaya weekday wisatawannya banyak juga," kata Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari di Bandung, Kamis(10/8/2017)

Menurutnya, saat ini Kota Bandung hanya menjadi kota tujuan wisata pada saat akhir pekan saja. Padahal, jika dilihat dari potensinya, Kota Kembang ini memiliki peluang cukup besar untuk menjadi bagian tujuan destinasi MICE.

Sementara untuk akhir pekan sendiri, jumlah wisatawan yang datang ke Bandung mencapai 200 ribu orang.

"Bandung punya semuanya, tinggal mulai saja dan dukungan dari semua pihak," kata dia kepada  awak media di Bandung.

Belum maksimalnya MICE ini membuat okupansi hotel di hari biasa begitu lesu, berbeda jika dibandingkan saat akhir pekan tingkat hunian dapat mencapai 70 persen dari total 400 hotel berbintang dan non bintang yang ada di Bandung.

Untuk menggenjot wisatawan ini, Disbudpar berencana untuk membentuk forum yang dinamai Bandung MICE forum. Seluruh pebisnis dan konsumen akan dipertemukan, membahas mengenai kemungkinan kerja sama yang berujung pada destinasi MICE di Bandung.

"Rencananya, kita akan merubah anggaran dalam perubahan ini. Nanti ke depannya itu akan menjadi agenda rutin. Saya mohon juga dukungan dari teman-teman hotel nanti," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raisa

Minggu, 05 April 2020 - 13:15 WIB

VLIVE Mendorong Para Artis dan Penggemar Tetap di Rumah

Platform komunitas hiburan global dari Naver Corp, VLIVE, mengajak sejumlah artis dan influencers Indonesia yang tergabung dalam channel VLIVE dalam untuk ikut serta dalam kampanye V PAKET #dirumahaja…

Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah

Minggu, 05 April 2020 - 13:15 WIB

Tips untuk Bekerja atau Belajar dari Rumah

Kerja dan Belajar dari Rumah (work from home, school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini.

PT Indika Energy Tbk (INDY) (Foto Tambang)

Minggu, 05 April 2020 - 13:00 WIB

PT Indika Energy Tbk Raub Laba sebesar US$ 75,5 Juta di Tahun 2019

Perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk. (Perseroan) merilis Laporan Keuangan konsolidasi yang diaudit untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2019. Perseroan berhasil membukukan…

Obat Kloroquin (foto - Antara)

Minggu, 05 April 2020 - 12:41 WIB

dr. Siti Nadia Tirmizi: Bukan Obati Malaria, Klorokuin adalah Obat Covid-19

Klorokuin saat ini dijadikan sebagai obat Covid-19. Beredar di masyarakat bahwa klorokuin merupakan obat malaria yang masih digunakan. Padahal, Klorokuin tersebut sudah tidak lagi digunakan…

Sony Heru Priyanto, Peneliti President University

Minggu, 05 April 2020 - 12:25 WIB

Meningkatkan Kegiatan CSR di Masa Wabah Covid-19

CSR adalah bagian tak terpisahkan dari perusahaan apakah perusahaan itu untung atau tidak. Ketika perusahaan berdiri, wajib hukumnya untuk menyelenggarakan CSR sebagai bentuk tanggung jawabnya.…