Jelang Asian Games, Hotel di Sekitar Sungai Musi Mendesak Dibangun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Desember 2016 - 04:44 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menyatakan pembangunan hotel berbintang di sekitar daerah aliran Sungai Musi mendesak untuk memicu pengembangan pariwisata di daerah ini.

Rencana pembangunan hotel di sekitar Sungai Musi perlu segera diwujudkan sehingga bisa memicu segera terwujudnya wisata sungai dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan Asian Games 2018, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Selasa. (20/12)

Menurut dia, momentum pesta olahraga negara-negara di kawasan Asia itu merupakan waktu yang tepat untuk menambah fasilitas pendukung pariwisata sehingga dapat menarik minat atlet dan tamu undangan dari berbagai negara untuk berkunjung kembali ke Palembang dan Provionsi Sumsel secara umum.

Jika pembangunan hotel dan berbagai fasilitas pendukung wisata di kawasan Sungai Musi itu tidak segera dimulai, akan kehilangan momentum yang mungkin tidak akan terulang kembali dalam waktu singkat, katanya.

Dia menjelaskan. Kota Palembang yang memiliki ikon Jembatan Ampera dengan Sungai Musi yang berada di tengah kota memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata air.

Dengan fasilitas hotel berbintang di daerah aliran Sungai Musi dan penambahan fasilitas pendukung lainnya, diharapkan ke depan kota ini memiliki objek wisata air yang dapat menarik banyak wisatawan nusantara dan mancanegera berkunjung ke daerah ini.

Untuk mendukung segera terwujudnya pembangunan hotel tersebut, pihaknya siap memfasilitasi dalam melakukan berbagai persiapan termasuk perekrutan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan jasa perhotelan dan restoran.

Untuk menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten sesuai dengan bidangnya dan berstandar internasional, pihaknya didukung Badan Standardisasi Nasional Pusat (asesor dari Kementerian Pariwisata) akan melakukan pelatihan kepada karyawan hotel dan restoran, ujarnya.

Sementara mengenai jumlah hotel di Kota Palembang, saat ini terus bertambah seiring sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan olahraga serta berbagai kegiatan lainnya yang berskala nasional dan internasional.

Dalam catatan kota Palembang dalam lima tahun terakhir menjadi salah satu tempat tujuan investasi bidang perhotelan dan restoran, karena setiap digelarnya kegiatan tingkat nasional dan internasional kamar hotel selalu ramai, bahkan ada yang sempat menolak tamu.

Dengan terus dibangunnya hotel baru yang memiliki fasilitas modern dan berstandar internasional, diharapkan Kota Palembang akan semakin dilirik sebagai tempat wisata pavorit dan penyelenggara berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional, ujar Herlan. (Hrb

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Kementan tinjau Duren yang akan diekspor

Senin, 23 September 2019 - 22:06 WIB

Inovasi Satu Klik Dukung Pertumbuhan Ekspor Pertanian Sumut

Belawan -- Ekspor sejumlah komoditas hortikultura asal Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data pada sistem IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) di…

Salah satu tanaman hortikultura

Senin, 23 September 2019 - 22:01 WIB

Buka Lahan Tanpa Dibakar, Petani Riau Kembangkan Hortikultura

Pekanbaru - Tengku Rafli, Petani kebun di Kelurahan Agro Wisata, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru sukses mengubah lahan 10 hektar milik negara menjadi lahan produktif untuk tanaman hortikultura.…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kanan) dan Juara 2 Point Blank Woman Championship 2019 Moscow Indri Sherlyana Tunggal (kiri)

Senin, 23 September 2019 - 21:53 WIB

Telkom Luncurkan IndiHome Paket Premium Kecepatan Hingga 300 Mbps

Surabaya – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi seluruh segmen pelanggannya. Kali ini, Telkom mempersembahkan IndiHome…

President PT Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Didik Suhardi seusai penandatanganan Samsung Indonesia Cerdas (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 23 September 2019 - 21:15 WIB

Samsung Indonesia Cerdas Dongkrak Kompetensi Pendidikan di Indonesia

Samsung Electronics Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menandatangani kesepakatan "Samsung Indonesia Cerdas" dan memperkuat kemitraan pemerintah dan swasta di bidang…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Senin, 23 September 2019 - 21:00 WIB

Pancaroba Politik, Rizal Ramli: Perubahan di Indonesia Bisa Maju Atau Justru Mundur

Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan, Indonesia tengah memasuki pancaroba. Namun, yang dimaksud bukan terkait dengan perubahan cuaca, melainkan perubahan politik.