Jelang Asian Games, Hotel di Sekitar Sungai Musi Mendesak Dibangun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Desember 2016 - 04:44 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menyatakan pembangunan hotel berbintang di sekitar daerah aliran Sungai Musi mendesak untuk memicu pengembangan pariwisata di daerah ini.

Rencana pembangunan hotel di sekitar Sungai Musi perlu segera diwujudkan sehingga bisa memicu segera terwujudnya wisata sungai dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan Asian Games 2018, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Selasa. (20/12)

Menurut dia, momentum pesta olahraga negara-negara di kawasan Asia itu merupakan waktu yang tepat untuk menambah fasilitas pendukung pariwisata sehingga dapat menarik minat atlet dan tamu undangan dari berbagai negara untuk berkunjung kembali ke Palembang dan Provionsi Sumsel secara umum.

Jika pembangunan hotel dan berbagai fasilitas pendukung wisata di kawasan Sungai Musi itu tidak segera dimulai, akan kehilangan momentum yang mungkin tidak akan terulang kembali dalam waktu singkat, katanya.

Dia menjelaskan. Kota Palembang yang memiliki ikon Jembatan Ampera dengan Sungai Musi yang berada di tengah kota memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata air.

Dengan fasilitas hotel berbintang di daerah aliran Sungai Musi dan penambahan fasilitas pendukung lainnya, diharapkan ke depan kota ini memiliki objek wisata air yang dapat menarik banyak wisatawan nusantara dan mancanegera berkunjung ke daerah ini.

Untuk mendukung segera terwujudnya pembangunan hotel tersebut, pihaknya siap memfasilitasi dalam melakukan berbagai persiapan termasuk perekrutan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan jasa perhotelan dan restoran.

Untuk menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten sesuai dengan bidangnya dan berstandar internasional, pihaknya didukung Badan Standardisasi Nasional Pusat (asesor dari Kementerian Pariwisata) akan melakukan pelatihan kepada karyawan hotel dan restoran, ujarnya.

Sementara mengenai jumlah hotel di Kota Palembang, saat ini terus bertambah seiring sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan olahraga serta berbagai kegiatan lainnya yang berskala nasional dan internasional.

Dalam catatan kota Palembang dalam lima tahun terakhir menjadi salah satu tempat tujuan investasi bidang perhotelan dan restoran, karena setiap digelarnya kegiatan tingkat nasional dan internasional kamar hotel selalu ramai, bahkan ada yang sempat menolak tamu.

Dengan terus dibangunnya hotel baru yang memiliki fasilitas modern dan berstandar internasional, diharapkan Kota Palembang akan semakin dilirik sebagai tempat wisata pavorit dan penyelenggara berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional, ujar Herlan. (Hrb

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marinir Pecahkan Rekor MURI Menembak Terbanyak

Minggu, 08 Desember 2019 - 02:00 WIB

Marinir Pecahkan Rekor MURI Menembak Terbanyak

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) membuka lomba menembak Dankormar Cup tahun 2019 di Lapangan Tembak FX. Soepramono, Karang Pilang Surabaya.…

realme Buds Wireless x Alan Walker

Sabtu, 07 Desember 2019 - 20:19 WIB

Punya 3 Pilihan Warna Yang Trendi, realme Buds Wireless Disetel Alan Walker

realme Buds Wireless membawa bass boost driver berukuran 11.2mm yang bisa dibilang berukuran besar di segmennya. Apalagi realme juga bekerjasama dengan DJ terkenal dunia, Alan Walker untuk menyetel…

 Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Sabtu, 07 Desember 2019 - 19:00 WIB

Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Jakarta-Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mendatangi kantor Kementerian BUMN Sabtu (7/12/2019) untuk bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir guna membahas tindaklanjut pasca…

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Sabtu, 07 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan rute baru yang dilayani langsung dari Timika menuju Jayapura. Penerbangan tersedia dalam frekuensi satu kali setiap…

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:48 WIB

Grabwheels Lebih Sekadar Mobilitas Pribadi

Jakarta - Tren dunia dalam transportasi adalah integrasi dan penyerapan oleh sistem yang massal dan cepat. Yang dipentingkan adalah mobilitas orang, bukan mobilitas kendaraan sehingga pergerakan…