Jelang Asian Games, Hotel di Sekitar Sungai Musi Mendesak Dibangun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Desember 2016 - 04:44 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menyatakan pembangunan hotel berbintang di sekitar daerah aliran Sungai Musi mendesak untuk memicu pengembangan pariwisata di daerah ini.

Rencana pembangunan hotel di sekitar Sungai Musi perlu segera diwujudkan sehingga bisa memicu segera terwujudnya wisata sungai dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan Asian Games 2018, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Selasa. (20/12)

Menurut dia, momentum pesta olahraga negara-negara di kawasan Asia itu merupakan waktu yang tepat untuk menambah fasilitas pendukung pariwisata sehingga dapat menarik minat atlet dan tamu undangan dari berbagai negara untuk berkunjung kembali ke Palembang dan Provionsi Sumsel secara umum.

Jika pembangunan hotel dan berbagai fasilitas pendukung wisata di kawasan Sungai Musi itu tidak segera dimulai, akan kehilangan momentum yang mungkin tidak akan terulang kembali dalam waktu singkat, katanya.

Dia menjelaskan. Kota Palembang yang memiliki ikon Jembatan Ampera dengan Sungai Musi yang berada di tengah kota memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata air.

Dengan fasilitas hotel berbintang di daerah aliran Sungai Musi dan penambahan fasilitas pendukung lainnya, diharapkan ke depan kota ini memiliki objek wisata air yang dapat menarik banyak wisatawan nusantara dan mancanegera berkunjung ke daerah ini.

Untuk mendukung segera terwujudnya pembangunan hotel tersebut, pihaknya siap memfasilitasi dalam melakukan berbagai persiapan termasuk perekrutan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan jasa perhotelan dan restoran.

Untuk menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten sesuai dengan bidangnya dan berstandar internasional, pihaknya didukung Badan Standardisasi Nasional Pusat (asesor dari Kementerian Pariwisata) akan melakukan pelatihan kepada karyawan hotel dan restoran, ujarnya.

Sementara mengenai jumlah hotel di Kota Palembang, saat ini terus bertambah seiring sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan olahraga serta berbagai kegiatan lainnya yang berskala nasional dan internasional.

Dalam catatan kota Palembang dalam lima tahun terakhir menjadi salah satu tempat tujuan investasi bidang perhotelan dan restoran, karena setiap digelarnya kegiatan tingkat nasional dan internasional kamar hotel selalu ramai, bahkan ada yang sempat menolak tamu.

Dengan terus dibangunnya hotel baru yang memiliki fasilitas modern dan berstandar internasional, diharapkan Kota Palembang akan semakin dilirik sebagai tempat wisata pavorit dan penyelenggara berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional, ujar Herlan. (Hrb

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…

Dufan Ancol (FotoDok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 18:00 WIB

Dufan Ancol Buka Malam Hari

Ada kabar baru dari Ancol, Dunia Fantasi (Dufan) akan buka malam hari! Mungkin belum pernah terbayangkan oleh masyarakat serunya main wahana Halilintar, Histeria, Tornado, Kora-Kora dan Bianglala…