Danamon Perkuat Edukasi Nasabah Guna Hadapi Maraknya Penipuan di Media Sosial Lewat Kampanye Berkelanjutan JanganKasihCelah

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 30 November 2024 - 08:43 WIB

Bank Danamon
Bank Danamon

INDUSTRY.co.id, Jakarta- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) meningkatkan upaya perlindungan nasabah terhadap ancaman penipuan berbasis media sosial yang kian meningkat lewat kampanye #JanganKasihCelah. Melalui kampanye ini, Danamon berkomitmen membekali nasabahnya dengan pengetahuan untuk mengenali dan menghindari taktik penipuan terkini, melindungi data pribadi, serta mencegah akses tidak sah ke rekening bank.

Tren terkini menunjukkan peningkatan signifikan berbagai modus penipuan media sosial yang tidak hanya menargetkan uang korban, tetapi juga data pribadi dan akses ke rekening bank. Di antaranya, terdapat dua skema penipuan dengan memanfaatkan media sosial yang paling umum ditemui, yaitu penipuan undian berhadiah palsu dan akun layanan pelanggan palsu. Dengan semakin banyak dan beragamnya jenis penipuan yang marak menargetkan masyarakat luas, siapapun bisa terkena dan menjadi sasaran penipu. Sebagai organisasi customer-centric, Danamon melalui kampanye edukasi #JanganKasihCelah terus menerus mengimbau Nasabah untuk selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, maupun kegiatan digital pada kanal sosial media agar tidak terkena penipuan.

Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk, menjelaskan modus operandi para penipu. "Mereka kerap membuat akun media sosial palsu yang sangat mirip dengan profil resmi perusahaan. Konten yang mereka posting dirancang sedemikian rupa hingga sulit dibedakan dari program perbankan yang sah, bahkan terkadang menyalahgunakan materi terbaru atau foto manajemen dari akun resmi." Andreas menambahkan bahwa penipu biasanya mengarahkan calon korban untuk mengklik tautan mencurigakan, meminta informasi sensitif dengan dalih prosedur klaim hadiah, dan bahkan menuntut transfer dana untuk biaya administrasi atau pajak hadiah yang seolah-olah diperlukan.

Studi nasional berjudul "Penipuan Digital di Indonesia: Modus, Media, dan Rekomendasi" yang diterbitkan oleh Center for Digital Society FISIPOL UGM tahun 2022 mengungkap fakta bahwa 91,2% responden pernah terpapar upaya penipuan hadiah atau bantuan keuangan, menjadikannya modus yang paling umum terjadi di masyarakat. Penipuan undian berhadiah palsu seringkali berpura-pura menjadi program undian dari perusahaan ternama, dan menjanjikan hadiah menggiurkan seperti kendaraan atau uang tunai dalam jumlah besar. Di sisi lain, akun layanan pelanggan palsu dibuat untuk mengintervensi dan menanggapi keluhan nasabah yang seharusnya ditujukan ke akun resmi perusahaan. Tanpa disadari, dan karena informasi hadiah palsu yang diberikan juga sangat menggiurkan, seringkali Nasabah lupa melakukan verifikasi informasi tersebut untuk memastikan keasliannya, sehingga dapat menyebabkan kemalangan terkena modus penipuan.

"Kami mengimbau nasabah untuk selalu waspada saat berinteraksi di media sosial, dan Jangan Kasih Celah penipuan yang meminta informasi pribadi atau rahasia kepada pihak yang tidak terverifikasi. Selalu lakukan verifikasi berlapis sebelum melakukan transaksi keuangan apapun untuk tutup celah bagi penipuan. Ingat untuk #JanganKasihCelah segala jenis penipuan: Tutup celahnya, tutup peluangnya!" tegas Andreas.

Danamon juga menegaskan kembali sejumlah rekomendasi perlindungan bagi nasabah, sebagai bagian dari upaya penjagaan ketat informasi sensitif, yaitu untuk melakukan verifikasi informasi melalui saluran resmi bank untuk memastikan keaslian informasi. Apabila menerima informasi serupa yang bukan merupakan informasi resmi dan memiliki indikasi penipuan, segera laporkan akun mencurigakan tersebut, dan jangan melakukan tindakan apapun yang diminta untuk memastikan keamanan Nasabah. Selain itu, nasabah juga diingatkan untuk sangat berhati-hati terhadap permintaan transfer ke rekening pribadi yang mengatasnamakan program hadiah perusahaan.

Untuk memastikan keamanan komunikasi, Danamon mengingatkan nasabah bahwa seluruh interaksi resmi hanya dilakukan melalui saluran yang telah terverifikasi, termasuk call center Hello Danamon, WhatsApp resmi, dan akun media sosial yang telah diverifikasi. Nasabah diimbau untuk selalu memverifikasi keaslian akun sebelum melakukan interaksi apapun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pendidikan di luar negeri

Senin, 09 Desember 2024 - 18:50 WIB

Sun Life Indonesia Hadirkan X-Tra Proteksi Cermat USD, Solusi Finansial Pendidikan Anak di Luar Negeri

PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Indonesia) bersama PT Bank CIMB Niaga Tbk melalui kemitraan bancassurance meluncurkan produk asuransi X-Tra Proteksi Cermat USD.

PERURI meraih dua penghargaan bergengsi di ajang TOP Digital Awards 2024.

Senin, 09 Desember 2024 - 15:58 WIB

PERURI Raih Dua Penghargaan Bergengsi di TOP Digital Awards 2024

Pencapaian ini semakin menegaskan posisi PERURI sebagai perusahaan teknologi berkeamanan tinggi yang memimpin industri percetakan uang dan keamanan digital.

Meriahkan hari jadi ke-19 Bakamla RI gelar Fun Run yang diikuti sebanyak 1.300 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat pesisir, pegawai, mahasiswa, hingga pelajar.

Senin, 09 Desember 2024 - 15:52 WIB

Sebanyak 1.300 Pelari Semarakkan Hari Jadi ke-19 Bakamla RI di Bengkulu

Semarakkan hari jadi yang ke-19 tahun, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) sukses menyelenggarakan acara Fun Run 10K dan 5K, di Sport Center Pantai Panjang, Bengkulu, Minggu…

Klinik Pratama Gosowong Raih Sertifikasi Akreditasi Utama dari Kemenkes RI

Senin, 09 Desember 2024 - 15:40 WIB

Klinik Pratama Gosowong Raih Sertifikasi Akreditasi Utama dari Kemenkes RI

Sertifikasi Akreditasi Utama dari Kemenkes ini menjadi bukti nyata komitmen Klinik Pratama Gosowong dalam memberikan layanan kesehatan berkualitas tinggi, khususnya bagi karyawan PTNHM.

InnovateHer Academy 2.0

Senin, 09 Desember 2024 - 15:35 WIB

Wujud Komitmen dalam Pemberdayaan Perempuan, FWD Insurance Hadirkan InnovateHer Academy 2.0

Setelah sukses pada gelaran perdana tahun lalu, PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) kembali menghadirkan inisiatif InnovaterHer Academy 2.0, sebuah program pemberdayaan bagi perempuan…