Mantap! Tampil Memukau di CAEXPO 2024, Transaksi Produk Industri Indonesia Tembus Rp 479 Miliar
Oleh : Candra Mata | Rabu, 02 Oktober 2024 - 16:13 WIB

Pameran Produk Industri Indonesia di China
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia kembali berpartisipasi pada China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke21 yang digelar di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Nanning, Tiongkok pada 24—28 September 2024. Pada pameran tahunan tersebut, Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar Rp479 miliar.
Produk-produk yang paling diminati, antara lain, kelapa sawit, kelapa, cengkeh, kopi, buah tropis, kerajinan tangan, mi instan, serta makanan olahan.
“Kami bangga dengan hasil transaksi yang telah dicapai. Hasil ini adalah bukti nyata potensi besar yang dimiliki produk Indonesia. Kami berharap hasil pameran ini dapat mendorong peningkatan ekspor dan memperkuat daya saing produk lokal di pasar internasional, khususnya Tiongkok,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Mardyana Listyowati dalam keterangan tertulis, Rabu (2/10/2024).
Pada CAEXPO kali ini, Indonesia menampilkan tiga paviliun yaitu Paviliun Komoditas, Paviliun Nasional, dan Paviliun ASEAN High Tech. Paviliun Komoditas menampilkan 51 peserta yang berpartisipasi, baik secara mandiri maupun difasilitasi pemerintah pusat, daerah, atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Sementara itu, Paviliun Nasional dikelola Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk mempromosikan potensi sawit dan turunannya.
Sedangkan, Paviliun ASEAN High Tech khusus menampilkan produk mobil listrik yang diproduksi Wuling Indonesia. Paviliun ini bertujuan untuk menggambarkan Indonesia sebagai negara yang ramah terhadap investasi asing dan mampu berkontribusi dalam rantai pasok global.
Pada CAEXPO tahun ini, Indonesia berhasil menyabet tujuh penghargaan bergengsi.
Penghargaan tersebut yaitu Best Trade and Economic Outcomes, Best National Pavilion, Best Promotion on Investment Cooperation, Best Industry Organizer, CAEXPO Silver Award untuk perusahaan PT Surabaya Indah Permai, CAEXPO Excellent Design Award untuk perusahaan CV Pitoyo Indo Furniture, serta CAEXPO Popularity Award untuk perusahaan PT Rahayu Alam Arto (Kopi Negrikoe).
“Pameran CAEXPO 2024 tidak hanya membuka peluang kerja sama baru, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha Indonesia untuk berinteraksi dengan pasar Tiongkok yang sangat besar. Dengan hasil yang menggembirakan, Indonesia semakin optimis dalam memperkuat posisi di pasar internasional, khususnya di Tiongkok dan ASEAN,” imbuh Mardyana.
Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kemendag RI Miftah Farid menambahkan, selain CAEXPO 2024, Indonesia hadir dalam berbagai forum untuk memperkuat hubungan perdagangan dan investasi.
Beberapa di antaranya, yaitu Dialogue China's Green Value Chain dan China-Indonesia Trade and Investment Conference di Grand Metro Park Hotel, Nanning, Tiongkok. Kedua forum ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan China-ASEAN Business and Investment Summit (CABIS) 2024 dan Indonesia-China Investment Forum.
Di sela pameran, Indonesia juga menggelar pertemuan bilateral dengan perwakilan Provinsi Guangxi dan menghadiri forum The RCEP High Level Dialogue. Kedua acara ini dilaksanakan di Hotel ShangriLa, Nanning, Tiongkok.
“Partisiapsi pada CAEXPO 2024 yang dirangkai dengan pertemuan di berbagai forum internasional menjadi wadah strategis dan efektif untuk mempromosikan produk dan investasi di Indonesia," tambah Miftah.
Baca Juga
Dorong Peningkatan Ekspor Indonesia ke Australia, LPEI Gelar Market…
Kemenperin Pacu Utilisasi Industri Elektronik, Panasonic Indonesia…
Rangkul Pasar Halal Global, Kemenperin Bersama PT Surveyor Indonesia…
Perkuat Kolaborasi Investasi Strategis Indonesia-Tiongkok, PT Surveyor…
Luar Biasa, Dahsyat! Menperin Agus: Nilai Tambah Manufaktur RI Masuk…
Industri Hari Ini

Jumat, 16 Mei 2025 - 10:22 WIB
Rayakan Hari Keluarga Sedunia, Shopee Bersama Dhatu Rembulan & UMKM Lokal Wujudkan Gaya Hidup Penuh Makna
Shopee mengadakan webinar bertajuk “Menjaga yang Dicinta: Menemani Setiap Cerita”, dalam rangka maerayakan Hari Keluarga Sedunia dengan menghadirkan dua sosok inspiratif: Riyanto Pratama,…

Jumat, 16 Mei 2025 - 08:03 WIB
Sambut WOC 2025, PT Delifru Utama Indonesia Bersama SCAI Pertemukan Praktisi Kopi Hingga Business Owner pada Welcoming Dinner
Menyambut penyelenggaraan perdana ajang kopi internasional World of Coffee (WOC) 2025 di Indonesia, PT Delifru Utama Indonesia bersama SCAI (Spesialty Coffee Association Indonesia), menggelar…

Jumat, 16 Mei 2025 - 07:50 WIB
Di INDUSTRY.co.id Forum, Bos JOE Green Ajak Pemerintah, Industrialis & Akademisi ‘Sulap’ Limbah Jadi Material Hijau Bernilai Tinggi
Siapa sangka diantara bangunan-bangunan gedung megah di Singapura dibangun menggunakan material dengan bahan limbah tambang. Penemu produk material tersebut adalah JOE Green yang sudah menangani…

Jumat, 16 Mei 2025 - 05:42 WIB
Permudah Akses Layanan Kesehatan Digital, AdMedika dan Prodia Resmikan Integrasi ProdiaLink pada Aplikasi MyAdMedik@
PT Administrasi Medika (AdMedika) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai digital healthcare ecosystem driver yang mengintegrasikan solusi Telkom untuk ekosistem…

Kamis, 15 Mei 2025 - 23:22 WIB
GoodKnight Hadirkan Solusi Tidur Nyenyak Anak, Bebas Nyamuk untuk Tumbuh Kembang Optimal
GoodKnight dari Godrej Consumer Products Indonesia bantu anak tidur nyenyak tanpa gangguan nyamuk, mendukung tumbuh kembang optimal dengan perlindungan bebas asap dan nyaman untuk keluarga.
Komentar Berita