Sukses Perluas Bisnis Lintas Sektor, Transaksi BCA UMKM Fest 2024 Tembus Rp17 Miliar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 02 Oktober 2024 - 13:59 WIB

BCA UMKM Fest 2024
BCA UMKM Fest 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta – BCA UMKM Fest 2024 resmi ditutup pada Kamis (12/9/2024) setelah digelar secara offline pada 7–11 Agustus 2024, dan online pada 12 Agustus–12 September 2024. Pada tahun keempat perhelatannya, nilai dan frekuensi transaksi UMKM Fest 2024 tumbuh seiring positifnya respons masyarakat terhadap produk-produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. 

Dari pelaksanaan offline selama 5 hari di Kota Kasablanka, Jakarta, BCA mencatat total nilai penjualan pada UMKM Fest 2024 sebesar Rp3,95 miliar atau naik 24% secara tahunan, dengan jumlah transaksi sebanyak 18.841, tumbuh 39% dibanding tahun lalu. Perhelatan UMKM Fest online mencatat nilai transaksi sebesar Rp13,14 miliar, dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 68.000.

"Antusiasme pengunjung yang luar biasa di BCA UMKM Fest 2024, ditambah dengan berbagai promo dari BCA, mendorong jumlah transaksi yang melampaui ekspektasi. Capaian ini adalah bukti nyata kuatnya daya tarik produk lokal, dan besarnya potensi pelaku UMKM untuk bersaing di pasar. Kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan keragaman produk yang ditawarkan UMKM patut kita jaga dan menjadi pendorong untuk terus berkembang." kata EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA Hera F. Haryn. 

Ada tiga kategori produk yang paling diminati pengunjung UMKM Fest 2024, yakni makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, serta fesyen. Dari event offline, QRIS menjadi pilihan utama metode pembayaran yang digunakan pengunjung, frekuensi penggunaannya mencapai 62% dari total transaksi.

Secara keseluruhan, BCA UMKM Fest 2024 diramaikan 1.753 tenant yang merupakan pelaku UMKM dan pengusaha produk lokal di bawah asuhan BCA Bangga Lokal. Acara ini juga diselenggarakan di 49 Kantor Cabang Utama (KCU) BCA di berbagai daerah. BCA juga secara khusus menghadirkan booth Bakti BCA yang menjajakan berbagai produk karya desa-desa binaan perseroan di berbagai daerah.

Dalam pelaksanaan BCA UMKM Fest 2024 online, BCA menggandeng Grab Indonesia untuk mempromosikan produk kuliner, dan Blibli.com sebagai mitra penjual produk fesyen, kesehatan, kecantikan, dan lainnya. Kolaborasi ini bertujuan untuk semakin memperluas pasar pelaku UMKM, dan mendorong mereka agar lebih memanfaatkan teknologi serta meningkatkan visibilitas produk.

BCA UMKM Fest merupakan satu dari sekian program perseroan dalam mendukung pengembangan UMKM. Hingga Juni 2024, BCA telah menyalurkan kredit kepada sektor UMKM sebesar Rp121 triliun, dengan pertumbuhan mencapai 10,3% yoy. BCA percaya dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat terus berkembang dan berdaya saing, sekaligus berpartisipasi aktif dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Kami berterima kasih atas respons positif yang diberikan oleh para pelaku UMKM dan pengunjung. BCA UMKM Fest 2024 menjadi bukti nyata dukungan BCA terhadap pengembangan UMKM, memberikan platform bagi para pelaku usaha untuk memperluas pasar, meningkatkan penjualan, dan memperkuat daya saing. Kami berharap, inisiatif ini dapat menjadi dorongan bagi UMKM untuk terus mengembangkan sayap bisnisnya.” tutup Hera. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar Shopee Rayakan Hari Keluarga Sedunia Bersama Dhatu Rembulan dan UMKM Lokal Wujudkan Gaya Hidup Penuh Makna

Jumat, 16 Mei 2025 - 10:22 WIB

Rayakan Hari Keluarga Sedunia, Shopee Bersama Dhatu Rembulan & UMKM Lokal Wujudkan Gaya Hidup Penuh Makna

Shopee mengadakan webinar bertajuk “Menjaga yang Dicinta: Menemani Setiap Cerita”, dalam rangka maerayakan Hari Keluarga Sedunia dengan menghadirkan dua sosok inspiratif: Riyanto Pratama,…

Kevin Santoso Director PT Delifru Utama Indonesia

Jumat, 16 Mei 2025 - 08:03 WIB

Sambut WOC 2025, PT Delifru Utama Indonesia Bersama SCAI Pertemukan Praktisi Kopi Hingga Business Owner pada Welcoming Dinner

Menyambut penyelenggaraan perdana ajang kopi internasional World of Coffee (WOC) 2025 di Indonesia, PT Delifru Utama Indonesia bersama SCAI (Spesialty Coffee Association Indonesia), menggelar…

Boediman Widjaja, Founder & CEO JOE Green

Jumat, 16 Mei 2025 - 07:50 WIB

Di INDUSTRY.co.id Forum, Bos JOE Green Ajak Pemerintah, Industrialis & Akademisi ‘Sulap’ Limbah Jadi Material Hijau Bernilai Tinggi

Siapa sangka diantara bangunan-bangunan gedung megah di Singapura dibangun menggunakan material dengan bahan limbah tambang. Penemu produk material tersebut adalah JOE Green yang sudah menangani…

 (Kiri ke Kanan) EGM Operasional AdMedika Dr. Rizal Hakim, Direktur Keuangan & Management Risiko/CFRO AdMedika Danang Rizki Ginanjar, Direktur Utama AdMedika Dian Prambini, Digital Service Transformation & IT Director Prodia Andri Hidayat, dan Business and Marketing Director Prodia Indriyanti Rafi Sukmawati saat acara seremoni Go Live Integrasi ProdiaLink pada Aplikasi MyAdMedik@

Jumat, 16 Mei 2025 - 05:42 WIB

Permudah Akses Layanan Kesehatan Digital, AdMedika dan Prodia Resmikan Integrasi ProdiaLink pada Aplikasi MyAdMedik@

PT Administrasi Medika (AdMedika) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai digital healthcare ecosystem driver yang mengintegrasikan solusi Telkom untuk ekosistem…

(Dari kiri ke kanan: Adrian Junaidar Handayanto-Category Head Home Insecticides, Godrej Consumer Products Indonesia, Hilda Kitti - Marketing Director Godrej Consumer Products Indonesia, dr. Yuni Astria Sp.A - Dokter Spesialis Anak, Nucha Bachri-CEO & Co-Founder Parentalk, Caca Tengker-Public Figure & Momfluencer)

Kamis, 15 Mei 2025 - 23:22 WIB

GoodKnight Hadirkan Solusi Tidur Nyenyak Anak, Bebas Nyamuk untuk Tumbuh Kembang Optimal

GoodKnight dari Godrej Consumer Products Indonesia bantu anak tidur nyenyak tanpa gangguan nyamuk, mendukung tumbuh kembang optimal dengan perlindungan bebas asap dan nyaman untuk keluarga.