Marak Affiliate Marketing, Sebanyak 59% Responden Pernah Beli Produk dari Promosi Afiliator
Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 September 2024 - 14:11 WIB

Indah Tanip, VP of Research Populix
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Fenomena affiliate marketing kian menjamur seiring dengan meningkatnya tren belanja online di Indonesia. Tren ini memikat banyak orang berkat peluang untuk menambah penghasilan secara fleksibel dan minim modal.
Di sisi lain, riset Populix juga memperlihatkan bahwa program ini cukup efektif dalam mendorong penjualan, dengan 59% responden mengaku pernah membeli barang-barang yang dijajakan dalam program afiliasi.
Indah Tanip, VP of Research Populix, menyampaikan bahwa barang fisik (misalnya pakaian, peralatan elektronik, perhiasan), produk-produk kecantikan dan kesehatan, serta makanan dan minuman menjadi kategori-kategori utama yang dibeli melalui program afiliasi.
“Hal ini mencerminkan perubahan tren konsumen di era digital, di mana rekomendasi produk dari afiliator berperan penting dalam keputusan pembelian. Kami berharap laporan ini dapat membantu para pelaku bisnis memahami peluang yang ada dan memaksimalkan strategi pemasaran digital mereka,” ujar Indah pada sesi Affiliate Insights: Maximizing Success in the Digital Marketplace (25/9/2024) pada acara E-Commerce Expo 2025 yang diadakan oleh SIRCLO dan idEA di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.
Laporan ini menunjukkan jangkauan dan efektivitas kampanye afiliasi yang luas, dengan mayoritas responden yang hampir setiap hari terpapar promosi produk atau layanan yang diiklankan oleh afiliator ketika sedang beraktivitas online.
Salah satu daya tarik dari program afiliasi ini adalah ulasan positif dari afiliator yang menjadi faktor utama dalam keputusan pembelian konsumen yang terpapar. Namun demikian, kurang dari 40% konsumen yang sepenuhnya mempercayai rekomendasi produk atau layanan dari program afiliasi.
“Banyak dari responden yang memilih bersikap netral terhadap rekomendasi produk dari afiliator, hal ini menunjukkan pentingnya melakukan kurasi afiliator yang sesuai dengan audiens. Selain itu, para afiliator juga perlu membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata para calon konsumen untuk dapat menjalankan peran mereka secara lebih efektif dan mendapatkan penghasilan yang maksimal,” tambah Indah.
Di sisi lain, riset ini juga mengungkapkan bahwa 2 dari 5 individu mengaku terlibat sebagai afiliator dan jumlah ini diprediksi akan meningkat. Tren affiliate marketing memberikan kesempatan bagi masyarakat yang memiliki kecakapan digital, semangat kewirausahaan, atau yang sedang mencari sumber penghasilan alternatif.
Delapan dari sepuluh non-afiliator menunjukkan minat untuk bergabung dengan program afiliasi di masa mendatang, khususnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, meskipun banyak yang berpendapat bahwa penghasilan tersebut mungkin tidak terlalu besar.
Di antara para responden yang sudah terlibat sebagai afiliator, sebanyak 68% menyatakan kepuasan terhadap program afiliasi yang mereka ikuti, dan produk yang mereka promosikan melalui program afiliasi ini. Hal ini menunjukkan bahwa program afiliasi tersebut berhasil memenuhi ekspektasi dan kebutuhan afiliator, serta mereka pun percaya dengan kualitas dan nilai produk yang mereka promosikan.
Baca Juga
Fortinet Soroti Kompleksitas dan Solusi Terintegrasi dalam Keamanan…
bTaskee dan RedDoorz Hadirkan Layanan Massage Profesional untuk Tingkatkan…
Top! Pemimpin Dunia dalam Layanan Digital Bisnis TP Indonesia, Hadir…
90% Tim IT Hadapi Keterbatasan Anggaran – Apa Solusinya?
SAP Hadirkan Inovasi Business AI untuk Mendefinisikan Ulang Cara…
Industri Hari Ini

Jumat, 23 Mei 2025 - 05:23 WIB
Ajang Polaris Master ExPOLrasi 2025, Wadah Kreasi Mixologist Eksplorasi Segarnya Rasa dan Karya
Polaris, merek minuman berkarbonasi milik Tempo Scan 100% Indonesia, meluncurkan produk terbarunya di kategori Mixing Mastery, Polaris Ginger Ale, di ajang Polaris Master ExPOLrasi 2025 yang…

Kamis, 22 Mei 2025 - 22:07 WIB
Peringati Hari Keanekaragaman Hayati, Telkom Wujudkan Harmoni Alam dengan Teknologi
Dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Internasional yang jatuh setiap tanggal 22 Mei, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menegaskan komitmennya terhadap pelestarian…

Kamis, 22 Mei 2025 - 21:35 WIB
DJKI Pemprov DKI Jakarta - ITC Mangga Dua Jalin Kerja Sama Berantas Peredaran Barang Palsu
Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) bersama manajemen…

Kamis, 22 Mei 2025 - 21:15 WIB
Menperin Agus - Wapres Brasil Bertemu Perkuat Kerja Sama Sektor Strategis Lewat Forum BRICS
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong penguatan kerja sama industri dengan negara mitra strategis, termasuk Brasil. Indonesia dan Brasil memiliki sejarah panjang dalam hubungan…

Kamis, 22 Mei 2025 - 21:00 WIB
Di Ajang World Expo 2025 Osaka, Suryacipta Promosikan Peluang Investasi di Jawa Barat
Sejalan dengan upaya perluasan jaringan pemasaran di Jepang, PT Suryacipta Swadaya, anak usaha dari PT Surya Semesta Internusa (SSIA) turut berpartisipasi aktif dalam rangkaian kegiatan ‘World…
Komentar Berita