Jadi Wadah Asah Kreativitas Anak Muda Indonesia di Dunia Perfilman, Inilah Pemenang Kompetisi Film Pendek 'Creative Battle' Kemenparekraf

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 04 Agustus 2024 - 09:21 WIB

Kiri (Perwakilan kemenparekraf), perwakilan juara kategori universitas, perwakilan juara kategori SMA, Kanan(Yandi laurens)
Kiri (Perwakilan kemenparekraf), perwakilan juara kategori universitas, perwakilan juara kategori SMA, Kanan(Yandi laurens)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Kemenparekraf melalui akun media sosial Instagram @creativebyindonesia beberapa waktu lalu mengadakan kompetisi film pendek untuk kategori SMA dan iklan layanan masyarakat untuk perguruan tinggi bertajuk “Creative Battle”. Kompetisi ini diharapkan bisa menjadi wadah kreativitas bagi anak muda, terlebih dalam momen mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Bagi kategori SMA/SMK/MA/ dan sederajat, mereka diharuskan untuk membuat film pendek berdurasi maksimal 3 menit dengan tema “Liburan Kreatif di 17 Subsektor Ekonomi Kreatif”. Sedangkan untuk kategori perguruan tinggi diharuskan membuat iklan layanan masyarakat berdurasi maksimal 7 menit bertema “Liburan Aman”.

Tema film pendek dan iklan layanan masyarakat tersebut diharapkan dapat menginspirasi publik untuk mengutamakan keamanan, keselamatan, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan saat berlibur. Melalui media film, pesan yang ingin disampaikan juga diharapkan dapat diterima masyarakat dengan mudah.

Karya yang terkumpul pun datang dari berbagai penjuru Indonesia, di antaranya Aceh, Padang, Jakarta, Banten, Semarang, Yogyakarta, dan Pasuruan.

“Melalui kompetisi ini, kita berharap dapat melihat lebih banyak inovasi dan ide-ide segar yang dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air. Selamat, ya!” ujar Waskito Priasthomo, selaku perwakilan Direktorat Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf.  

Puluhan peserta yang mendaftarkan karyanya telah melalui serangkaian kurasi dan penilaian dari Yandy Laurens dan tim Creative by Indonesia. Dari hasil kurasi, terpilih 7 pemenang dari kategori SMA dan perguruan tinggi yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai dan coaching clinic bersama Yandy Laurens.

“Saya jadi teringat masa-masa awal memulai menyenangi dan belajar membuat film, sering mengikuti kompetisi seperti ini. Ini menjadi hal yang baik untuk latihan dan ajang untuk mengasah bakat dan mental. Belajar dari film-film yang lain, tempat saya bertumbuh. Saya pribadi sebagai seorang filmmaker senang sekali bisa terlibat di Creative Battle ini dan menjadi bagian dari regenerasi film Indonesia berikutnya,” ucap Yandy Laurens saat coaching tentang pembuatan film.

“Kemenparekraf terus mendukung perkembangan industri film di Indonesia dan telah memproyeksikan kontribusi subsektor film, animasi, dan animasi pada tahun 2024 sejumlah Rp3,41 triliun terhadap PDB. Salah satu program dukungan menumbuhkan industri film adalah melalui aktivasi Creative Battle yang diselenggarakan melalui platform media digital (internet). Melalui Creative Battle ini, kami berharap dapat menjadi wadah untuk mengisi liburan sekolah sobat kreatif tingkat SMA dan Perguruan Tinggi dengan membuat film pendek bertema “Liburan Kreatif di 17 Subsektor Ekonomi Kreatif” dan iklan layanan masyarakat bertema “Liburan Aman”,” ujar Titus Haridjati, Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf.

Setelah melalui proses panjang dan pengumuman pemenang Creative Battle di Instagram @creativebyindonesia, pada Sabtu, 3 Agustus 2024 dilaksanakan “Awarding Day Creative Battle” yang berlangsung di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan. Rangkaian acara tersebut terdiri dari sesi coaching clinic bersama Yandy Laurens, konferensi pers, nonton bareng film-film para pemenang, dan penyerahan hadiah secara simbolis. Acara tersebut juga turut dimeriahkan oleh penyanyi Teddy Adhitya yang menyanyikan delapan buah lagu miliknya.

Daftar Pemenang Creative Battle 2024

Kategori SMA/SMK/MA sederajat

Tema : Liburan Kreatif di 17 subsektor ekraf

⁠  ⁠Juara 3: Tim Deraskan Production || Behind the Kuripan (SMAN 2 Semarang

⁠  ⁠Juara 2: Tim Nadia || Maestro Macapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (SMKN 3 Kasihan Bantul)

⁠  ⁠Juara 1: Tim NH TV || Gagal Tayang (MA Nurul Hidayah) Pasuruan, Jawa Timur

Kategori Perguruan Tinggi

Tema : Iklan Layanan Masyarakat, Liburan Aman

⁠  ⁠Juara 3: Tim Realmumed || Langkah Akhir Pekan (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

⁠  ⁠⁠Juara 2: Tim InnerLight Creations || Healing-Healing Hilang (Jogja Film Academy)

⁠  ⁠⁠Juara 1: Tim Gercep Production || Berlibur Tanpa Khawatir (Universitas Andalas)

Juara Favorit : Iklan Layanan Masyarakat, Liburan Aman

- Ngapak republic || Aman berwisata (Universitas Bung Karno) Jakarta Pusat

Sebagai informasi, Creative Battle adalah wadah kompetisi Film Lokal Nasional yang diadakan oleh akun Creative by Indonesia. Diadakan selama liburan sekolah berlangsung 17 Juni - 23 Juli 2024. Lomba ini bertujuan untuk mengangkat potensi komunitas film lokal dari level SMA dan Universitas.

Sementara Creative by Indonesia adalah akun resmi Kemenparekraf untuk mempromosikan ekonomi kreatif lokal. Di dalamnya termasuk 17 subsektor ekonomi kreatif yaitu Pengembang Permainan,  Arsitektur, Desain Interior, Musik, Seni Rupa, Desain Produk, Fesyen,  Kuliner, Film, Animasi dan Video,  Fotografi, Desain Komunikasi Visual,  Televisi dan Radio, Kriya, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan, Aplikasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Press Conference Aeternitas Concert dari KLa Project yang akan digelar di Istora Senayan Jakarta tanggal 25 Oktober 2024.

Senin, 09 September 2024 - 23:46 WIB

Perayaan 36 Tahun Berkarya KLa Project di Konser Aeternitas

Perjalanan 36 tahun dirayakan secara khusus oleh KLa Project dengan mengggelar konser megah bertajuk Aeternitas di Istora Senayan Jakarta pada 25 Oktober 2024.

Mitsubishi All-New Triton (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 09 September 2024 - 21:50 WIB

Terjual 1.000 Unit, All-New Triton Siap Rajai Pasar Kendaraan Pikap di Tanah Air

Mitsubishi All-New Triton yang baru saja diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 sukses memikat konsumen di segmen pasar pikap 4x4. Terbukti, sejak diluncurkan…

Mitsubishi All-New Triton

Senin, 09 September 2024 - 19:05 WIB

Jajal Langsung Mitsubishi All-New Triton: Terbukti Tangguh di Medan Off-Road

Untuk menghadirkan pengalaman berkendara di medan off-road, MMKSI mengajak rekan-rekan media secara langsung menguji keandalan dan ketangguhan Mitsubishi All-New Triton.

Dorong Pengembang Daerah Naik Kelas, BTN Gelar Pelatihan Developer Muda di Surabaya

Senin, 09 September 2024 - 18:57 WIB

Dorong Pengembang Daerah Naik Kelas, BTN Gelar Pelatihan Developer Muda di Surabaya

Surabaya – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mengadakan pelatihan untuk pengembang anggota Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Jawa Timur, di Surabaya, Senin, 9 September…

Pencapaian Rendemen Harian Tertinggi PG Krebet Baru Menuju 10% akan Sejahterakan Petani

Senin, 09 September 2024 - 18:35 WIB

Pencapaian Rendemen Harian Tertinggi PG Krebet Baru Menuju 10% akan Sejahterakan Petani

Jakarta – Guna mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada gula nasional, Holding BUMN Pangan ID FOOD berhasil meningkatkan kinerja pabrik gulanya pada musim giling tahun 2024 ini.…