BNI Expo 2024 Jadi Ajang Business Matching UMKM dengan Buyer Mancanegara
Oleh : Wiyanto | Minggu, 04 Agustus 2024 - 07:39 WIB

Booth UMKM di BNI Expo
INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI semakin masif dalam mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnis mereka ke pasar internasional.
Melalui BNI Expo 2024 yang berlangsung selama tiga hari di Hall 1-3A ICE BSD, Tangerang, dari Jumat hingga Minggu, 2 - 4 Agustus 2024, BNI mempertemukan 160 UMKM dengan calon pembeli dari luar negeri seperti Singapura, Australia, Kanada, dan Jepang baik secara online maupun offline.
Beberapa UMKM tersebut bisa ditemui di UMKM Island di pameran yang mengusung tema "Wonderful Journey" itu.
Adapun produk-produk yang diminati oleh calon buyer antara lain kopi, gula aren, snack olahan buah (dried fruits), santan bubuk, bumbu jadi, mie instan bakmi jawa, teh telang, serta tas goni.
Folow up atas Business Matching yang telah dilaksanakan tersebut antara lain pengiriman quotation ke calon buyer, pengiriman sample ke negara tujuan ekspor serta agenda kunjungan pada bulan ke Oktober 2024 dari beberapa calon buyer.
Dalam kesempatan itu, potential buyer dari Singapura juga sempat melakukan kunjungan offline untuk melihat produk minuman cokelat, fashion, dan kerajinan tangan.
Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, kehadiran UMKM di acara ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk mereka kepada calon pembeli dari luar negeri.
“Melalui business matching ini, kami berharap para buyer dari negara-negara tersebut akan tertarik untuk memasarkan produk-produk UMKM Indonesia ke pasar mereka,” ujar Okki.
Okki menjelaskan, BNI tidak hanya memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperkenalkan produk mereka, tetapi juga memfasilitasi mereka dalam memperluas pasar melalui BNI Xpora.
BNI Xpora akan terus mendukung ekspor produk lokal dengan memanfaatkan jaringan outlet BNI di berbagai negara, termasuk Singapura, Seoul, Hong Kong, Tokyo, New York, London, dan Amsterdam.
“Ini adalah salah satu cara kami untuk membantu UMKM lokal menembus pasar global,” tambah Okki.
Selain itu, BNI Expo 2024 juga menghadirkan berbagai promo menarik dari tenant UMKM. Misalnya, Roemah Kebaya Vielga menawarkan voucher belanja hingga Rp300.000. Ada juga Latazha yang menawarkan diskon hingga 20% dengan minimal transaksi Rp2 juta.
Selain itu, ada Lusee yang menawarkan diskon 25% all item jika transaksi menggunakan BNI Cards dan QRIS wondr by BNI. Rendang Uni Tutie juga menawarkan diskon Rp10.000 untuk minimal transaksi Rp150.000. Di tenant Ataly Coffee, ada bonus satu cup coffee dengan minimum pembelanjaan Rp200.000 di UMKM Island.
"Dengan adanya business matching ini, BNI optimistis bahwa produk-produk UMKM Indonesia akan semakin dikenal dan diminati di pasar global. BNI berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM dan membuka peluang pasar yang lebih luas bagi mereka," tutup Okki.
Baca Juga
Berkat LinkUMKM BRI Pengusaha Ini Mampu Naik Kelas, Kembangkan Produk…
Kisah Sukses UMKM "Bali Nature" yang Go Internasional Setelah Mendapat…
Telkom Gelar Aksi Jalan Santai Sambil Pilah Sampah Plastik dalam…
Perkuat Penetrasi, BYOND by BSI Meriahkan Fans Night Liga Inggris
Citi Indonesia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp2,6 Triiliun Pada Tahun…
Industri Hari Ini

Selasa, 29 April 2025 - 15:09 WIB
Kompetisi Puisi Berbahasa Mandarin Berbasis AI, Mandarin Champion 2025 Sukses Digelar
Kompetisi membaca puisi berbahasa Mandarin, Mandarin Champion 2025, sukses diselenggarakan oleh ChineseRd, lembaga kursus bahasa Mandarin asal Shenzhen, Tiongkok, bekerja sama dengan Universitas…

Selasa, 29 April 2025 - 14:58 WIB
Coway Dukung Program KAI Sediakan Refill Air Minum Station Selama Mudik 2025
Coway Co. Ltd., Best Life Solutions Company dan pemimpin teknologi pemurni air No. 1 dari Korea Selatan, turut mendukung perjalanan mudik yang lebih sehat dan berkelanjutan selama perayaan Idul…

Selasa, 29 April 2025 - 13:42 WIB
PERURI Pertahankan Peringkat AAA dari Pefindo 2025, Bukti Konsistensi dan Fondasi Bisnis yang Kokoh
PERURI kembali meraih peringkat tertinggi AAA dari Pefindo tahun 2025. Capaian ini membuktikan konsistensi kinerja dan kekuatan fondasi bisnis yang sangat sehat serta berkelanjutan.

Selasa, 29 April 2025 - 13:29 WIB
Revolusi Industri 4.0, Pegatron Gandeng Telkomsel Bangun Pabrik Pintar Berteknologi 5G dan AI di Batam
Kolaborasi Pegatron dan Telkomsel resmikan Smart Factory AI-5G di Batam, membawa revolusi industri 4.0 ke manufaktur Indonesia dan memperkuat daya saing nasional.

Selasa, 29 April 2025 - 12:23 WIB
Ini Strategi Baru Mekari Hadapi Bisnis di Tengah Tekanan Global
Mekari Qontak hadir dengan strategi baru untuk tahun 2025, berevolusi dari platform CRM dan Omnichannel menjadi Intelligent Customer Platform. Pendekatan ini dirancang untuk mendukung pertumbuhan…
Komentar Berita