Dorong UKM Perluas Bisnis ke China dan Jepang, FedEx Luncurkan Buku Panduan E-commerce Terbaru

Oleh : Hariyanto | Kamis, 11 Juli 2024 - 11:16 WIB

FedEx Express
FedEx Express

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Perusahaan transportasi logistik ekspres, FedEx merilis dua buku panduan e-commerce untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengembangkan bisnisnya di pasar internasional, khususnya agar dapat berinteraksi lebih baik dengan konsumen di China dan Jepang.

Sebagai pasar terbesar di kawasan Asia Pasifik, China dan Jepang memiliki aktivitas e-commerce lintas negara yang tinggi, membuka peluang bisnis yang luas bagi UKM lokal di Indonesia. Namun, para pedagang perlu memahami lanskap digital yang unik, selera konsumen, dan kebutuhan logistik di setiap pasar agar dapat memastikan keberlanjutan bisnis dengan baik. 

FedEx memiliki  pemahaman mendalam atas ekosistem e-commerce di China dan Jepang. Keunggulan ini kemudian dituangkan dalam buku panduan yang dapat diunduh di situs FedEx dengan topik bahasan, antara lain:

- Lanskap geografis konsumen China dan Jepang untuk membantu pelaku e-commerce menentukan target bisnis serta menentukan pasar dengan pembeli potensial paling banyak. 

- Kategori produk e-commerce yang paling dicari pembeli untuk membantu UKM memetakan lanskap persaingan bisnis dan sektor yang kurang terlayani. 

- Profil pasar dan platform e-commerce lokal potensial yang dapat digunakan pedagang UKM untuk mendapatkan interaksi terbanyak.

- Kebiasaan dan preferensi konsumen untuk memudahkan UKM dalam menentukan strategi pemasaran seperti live streaming, pemanfaatan video pendek, hingga social commerce.

- Musim belanja populer seperti Hari Valentine, Hari Jomblo, dan Hari Pasangan di China, Liburan Tahun Baru Oshougatsu, serta Golden Week di Jepang.

- Opsi dan preferensi pembayaran dan pengiriman.

"Memperluas jaringan bisnis dengan merambah pasar internasional merupakan strategi efektif yang dapat dilakukan UKM untuk mendorong pertumbuhan konsumen dan pendapatan. Keberadaan saluran digital memang membuka peluang UKM untuk memasuki pasar yang lebih luas, tetapi kesuksesan bisnis ditentukan oleh wawasan mendalam tentang lanskap pasar lokal. Hal ini penting dalam sektor e-commerce yang bergerak cepat," ungkap Kawal Preet, President Asia Pacific, FedEx yang diikutip pada Kamis (11/7/2024). 

 "China dan Jepang merupakan pasar strategis yang penting di kawasan Asia Pasifik. Selama puluhan tahun, kami memahami pengetahuan dan wawasan lokal berdasarkan operasi dan pengalaman di industri e-commerce. Kami juga telah terintegrasi dalam berbagai proses, serta menyediakan platform untuk memberikan pengalaman mudah bagi pedagang maupun konsumen. Hal ini memberikan kami sudut pandang unik dan akses terhadap wawasan lokal terbaru untuk membantu pelaku e-commerce beroperasi secara lebih efektif." ujarnya. 

Selain buku panduan, FedEx juga menyediakan solusi e-commerce menyeluruh yang memungkinkan para pedagang memenuhi pesanan konsumen secara efisien. Selain berintegrasi dengan platform e-commerce tepercaya seperti eBay dan BigCommerce, FedEx juga telah meluncurkan platform Ship Manager untuk membuat operasi e-commerce lebih efisien dengan memungkinkan pedagang membuat pengiriman dan dokumen langsung secara online. 

Selain itu, FedEx juga memiliki jaringan 260.000 loker pintar yang tersebar di seluruh wilayah Asia Pasifik untuk memberikan kenyamanan dan pilihan bagi konsumen. Pengguna juga dapat bertanya dan memeriksa status pengiriman barang secara langsung melalui aplikasi pesan WeChat di China, atau WhatsApp di negara lainnya. Pelanggan juga dapat mengubah lokasi pengiriman meskipun pengiriman sedang dalam perjalanan melalui layanan FedEx Delivery Manager International.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:13 WIB

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Jakarta – PT Angkasa Pura I (AP1) mencatat melayani sebanyak 36,5 juta pergerakan penumpang di 17 bandara yang dikelola sepanjang enam bulan pertama (semester 1) 2024. Dengan demikian, tingkat…

Industri Keramik (Ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:01 WIB

Sudah Sesuai Aturan WTO, Antidumping Keramik Harus Didukung Penuh

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut bahwa kebijakan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) harus didukung penuh untuk melindungi industri domestik,…

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto yang bertempat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Arsip PT United Tractors Tbk)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:53 WIB

Pj Gubernur DKI Jakarta Puji United Tractors yang Berkontribusi Turunkan Stunting, sehingga Raih Derap Kerjasama Jakarta (DKJ) Awards 2024

Jakarta,– PT United Tractors Tbk (UT) meraih penghargaan dalam ajang Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas programnya yang konsisten dalam mengentaskan permasalahan…

Industri plastik (ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:50 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Perketat Impor Barang Jadi Plastik

Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) menyampaikan perlunya pengetatan impor produk barang jadi plastik dari negara lain untuk memproteksi industri hilir plastik dalam negeri,…

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:44 WIB

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

JAKARTA-Tidak lama lagi Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ…