Permudah Pembayaran Premi Asuransi, BRI Jalin Kerja Sama dengan Manulife Indonesia

Oleh : Wiyanto | Kamis, 11 Juli 2024 - 10:23 WIB

Bank Rakyat Indonesia bersama Manulife
Bank Rakyat Indonesia bersama Manulife

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia), terus berupaya memperkuat layanan digitalisasi perbankan, khususnya pada layanan proses bisnis nasabah individu di Indonesia.

Kolaborasi ini akan memudahkan nasabah Manulife Indonesia dalam membayar premi asuransi mereka melalui registrasi autodebet secara online melalui otomasi sistem BRI di BRIAPI Autodebet. Kerja sama tersebut ditegaskan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang 'Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan’ antara Director of Wholesale and Institutional Business BRI Agus Noorsanto dengan Direktur & Chief Financial Officer Manulife Indonesia Meylindawati di Jakarta pada Rabu, 10 Juli 2024.

Tak hanya mempermudah pembayaran premi, kolaborasi keduanya memberikan manfaat bagi nasabah Manulife Indonesia dengan akses ke jaringan kantor cabang BRI yang luas, termasuk di berbagai wilayah pedesaan di Indonesia. Kolaborasi ini juga akan memberikan manfaat bagi nasabah BRI dan Manulife Indonesia melalui proses otomatisasi yang lebih cepat dan efisien dalam mengumpulkan premi.

Director of Wholesale and Institutional Business BRI Agus Noorsanto mengungkapkan bahwa sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BRI senantiasa untuk melakukan kustomisasi produk dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada nasabah. “Kerja sama dengan Manulife Indonesia merupakan salah satu wujud komitmen BRI untuk mendukung digitalisasi proses bisnis nasabah,” ujarnya.

Dengan pengalaman BRI dan Manulife Indonesia dalam industri jasa keuangan, kolaborasi yang dilakukan menjadi bukti dukungan untuk mendukung digitalisasi proses bisnis di industri jasa keuangan. Diharapkan kerja sama ini memberikan value added bagi kedua belah pihak.

“Selain Otomasi sistem yang diberikan BRI melalui BRIAPI Autodebet, BRI juga memberikan layanan pengelolaan transaksi keuangan secara efisien dan end to end melalui platform Qlola by BRI,” tambah Agus Noorsanto. Qlola merupakan solusi keuangan digital bagi perusahaan di mana perusahaan dapat mengakses layanan BRI hanya dengan satu kali sign on seperti Financial Dashboard, Cash Management, Supply Chain Management, Forex, yang dilengkapi dengan fungsi multi-language salah satunya Bahasa Mandarin.

Platform QLola by BRI yang diluncurkan pada 2022, tercatat mengalami peningkatan volume transaksi cash management nasabah sebesar 41,94% Year-On-Year (YoY) mencapai hampir Rp8.450 triliun yang terjadi di segmen wholesale maupun non-wholesale. QLola sebagai integrated corporate solution dari BRI juga telah mendapatkan klien hingga lebih dari 4.800 klien baru. Saat ini BRI bekerjasama dengan Manulife Indonesia yang melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia, harapannya dengan kerjasama ini dapat memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah Manulife Indonesia.

“Manulife Indonesia menyambut baik kerja sama dengan BRI untuk memberikan kemudahan akses bagi para nasabah Manulife Indonesia dalam melakukan pembayaran premi melalui autodebet rekening, sehingga transaksi lebih efektif dan efisien. Kerja sama ini sejalan dengan tujuan kami untuk senantiasa memudahkan keputusan nasabah dan membuat hidup nasabah lebih baik. Selain itu, dengan kolaborasi bersama BRI, merupakan wujud nyata komitmen Manulife Indonesia dalam menjangkau nasabah yang lebih luas hingga ke pelosok daerah.” ungkap Direktur & Chief Financial Officer Manulife Indonesia Meylindawati.

MoU tersebut juga mencerminkan upaya Manulife dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap produk asuransi sehingga memungkinkan keluarga untuk mengambil keputusan yang mendukung masa depan finansial yang lebih terjamin. Dukungan fasilitas layanan perbankan yang diberikan BRI dan Manulife Indonesia merupakan bentuk nyata kedua perusahaan hadir dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia serta di sisi lain dapat memberikan perlindungan dan keamanan transaksi bagi para nasabah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…

Panasonic turut serta dalam pameran Indolivestock Expo & Forum 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 07:29 WIB

Panasonic Bawa Solusi Air Bersih untuk Keberlangsungan Hidup Individu dan Dunia Usaha

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) tak henti menghadirkan inovasi dan solusi dalam ketersediaan sumber air bersih. Sebagai upaya menegaskan konsistensinya tersebut, PGI dengan bangga menyelenggarakan…