Semester Pertama 2017, SGC Catat Penjualan Semen Sebesar Rp5,155 Miliar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 03 Agustus 2017 - 12:30 WIB

Semen SGC (Ist)
Semen SGC (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta – Produsen semen asal Thailand, SCG, mencatatkan penjualan di pasar Indonesia pada semester I 2017 sebesar US$389 juta atau setara Rp5,155 miliar, tak berbeda dengan periode yang sama ditahun sebelumnya.

President dan CEO SCG, Roongrote Rangsiyopah mengatakan, mendatarnya pencapaian kinerja SCG juga dialami penjualan secara global. SCG membukukan pendapatan penjualan sebesar Rp42,037 miliar atau US$3.173 juta pada paruh pertama 2017, yaitu tetap sama seperti periode yang sama di tahun lalu (y-o-y).

Hal tersebut menyebabkan laba pada periode ini mencapai Rp5,119 miliar (USD386 juta) atau turun 17% y-o-y dan 24% q-o-q yang terutama disebabkan oleh kerugian pada persediaan, biaya bahan baku yang lebih tinggi, persaingan ketat dan melemahnya pasar Thailand terhadap bisnis semen dan bahan bangunan.

“Laba SCG untuk semester pertama 2017 tercatat Rp11,707 Miliar (USD883 juta), meningkat sebesar 4% yoy, disebabkan oleh kinerja yang meningkat pada kuartal pertama 2017,” katanya melalui keterangan persnya di Jakarta, Selasa (1/8/2018).

Sementara pendapatan dari penjualan meningkat 3% yoy dengan peningkatan hingga Rp86,009 miliar (USD6.485 Juta). Pendapatan ekspor pada semester pertama 2017 turut menyumbang 27% pendapatan terkonsolidasi SCG dari penjualan, menunjukkan peningkatan 2% yoy hingga Rp23.189 Miliar (US$1.748 juta), terutama dari ekspor ke pasar China dan Asia Selatan.

Roongrote mengungkapkan, gebrakan terbaru di Indonesia adalah langkah SCG dan Barito Pacific yaitu perusahaan berbasis sumber daya terdiversifikasi terkemuka yang baru-baru ini sepakat untuk melakukan investasi bersama untuk membangun PT SCG Barito Logistics sebagai perusahaan patungan logistik. SCG akan menanamkan saham tidak langsung sebesar 49%, sementara Barito Group akan menanamkan 51% sahamnya.

“Kerjasama ini diharapkan dapat dimulai pada kuartal keempat 2017. Investasi ini selanjutnya menekankan pada peningkatan keunggulan kompetitif di berbagai bidang seperti peningkatan cakupan jaringan dan efisiensi biaya yang ditingkatkan, dengan perluasan pertumbuhan di masa mendatang terhadap klien eksternal lainnya di seluruh Indonesia,”ungkapnya.

Roongrote menambahkan, SCG juga telah menyetujui investasi untuk komplek petrokimia pertama di Vietnam, Long Son Petrochemicals Company Limited (LSP), dengan kepemilikan 71% dan investasi sebesar US$5.400 juta dengan Vietnam Oil and Gas Group (PetroVietnam). Proyek ini terdiri dari teknologi mutakhir dan memiliki daya saing bisnis karena terintegrasi dari hulu ke hilir secara menyeluruh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi (tengah) usai meresmikan Bukittinggi Broadband Modern City didampingi oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin

Jumat, 18 Oktober 2019 - 01:00 WIB

Telkom Resmikan Bukittinggi menjadi "Modern Broadband City"

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil melakukan modernisasi infrastruktur telekomunikasi di kota Bukittinggi. Modernisasi jaringan ini dilakukan dengan menyediakan…

BCA Syariah sosialisasi dan edukasi yuk nabung saham syariah

Jumat, 18 Oktober 2019 - 00:53 WIB

BCA Syariah Optimis Gapai Kenaikan Rekening RDN Tahun Depan

Jakarta - BCA Syariah mendorong masyarakat untuk memiliki tabungan saham-saham syariah. Dorongan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Vivi Wang, selaku Business Development Director Mobvista Asia Tenggara

Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:01 WIB

Mobvista: Peluang Besar Mobile Marketing Konten Video

Jakarta - Mobvista mengeksplorasi bagaimana brand dan marketer di Indonesia dapat memanfaatkan peluang dengan lebih baik untuk memaksimalkan mobile marketing berbentuk konten video.

Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D

Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:00 WIB

Mahfud MD: Mahasiswa Instrumen Utama Bela Negara

Peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul yang berkarakter nasionalis dan adaptif terhadap perkembangan diperlukan untuk dapat menunjang tercapainya visi tersebut.

Diskusi Fintech bersama AwanTunai

Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:39 WIB

Diperlukan Kolaborasi Untuk Pemanfaatan Fintech Dalam Mencapai SDGs

Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi yang lebih baik antara pemerintah, sektor swasta, serta pelaku keuangan lainnya, dalam memanfaatkan teknologi keuangan sebagai solusi tantangan pembangunan,…