Setelah Caplok 100% Saham Probiotec Limited, PYFA Incar Pasar Asean

Oleh : Hariyanto | Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Media Gathering Pyridam Farma
Media Gathering Pyridam Farma

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah mengakuisisi 100% saham perusahaan farmasi terkemuka asal Australia, Probiotec Limited, PT Pyridam Farma Tbk. (PYFA) kini memiliki empat pabrik, yakni Probiotec Pharma, PT Ethica Industri Farmasi, PT Holi Pharma, dan PT Pyridam Farma Tbk. (PYFA). 

dr. Widjanarko Brotosaputro selaku Corporate Strategic Development Officer Pyridam Farma mengungkapkan bahwa dari beberapa pabrik tersebut, perseroan telah melakukan ekspor ke berbagai negara seperti Filipina, Singapura, Timor Leste, Singapura, dan Hongkong. 

Selain itu, Pria yang kerap disapa Paulus ini juga menjelaskan bahwa perseroan saat ini tengah dalam proses untuk mengekspor produk ke Australia, sambil menunggu sertifikat The Therapeutic Goods Administration (TGA) . Tak hanya sampai disitu, perseroan juga berencana untuk melalukan ekspansi ke pasar Asean hingga China. 

"Kami ingin ekspansi ke Asia Tenggara dan kawasan Asia. Itu adalah market yang cukup besar, apalagi di China yang cukup advance untuk bisa membuat produk itu jadi lebih ekonomis," kata Paulus pada Media Gathering yang digelar PT Pyridam Farma Tbk. (PYFA) di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Meski begitu, dr. Paulus menyebut PYFA belum menentukan target kapan akan melakukan ekspansi ke kawasan Asean dan China tersebut. "Kami maunya secepatnya. Tapi kembali lagi, setiap negara itu kan punya regulasi dan punya pasar yang berbeda. Seandainya pun China, kami juga cukup hati-hati karena mereka cukup strong di dalam suplai obat-obatan,” katanya.

Sebelumnya, PYFA mengumumkan secara resmi akuisisi 100% saham Probiotec Limited dengan nilai transaksi sekitar AUD 252 juta. Penyelesaian transaksi tersebut dilakukan pada tanggal 18 Juni 2024 di Australia.

Probiotec Limited merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar asal Australia dalam bidang manufaktur dan pengemasan yang bermitra dengan pemain besar global seperti Johnson & Johnson, Pfizer, iNova, Blackmores, dan lainnya untuk berbagai produk obat dan produk kesehatan konsumen lainnya.

Akuisisi ini tidak hanya memperkuat posisi Pyridam Farma di pasar global, tetapi juga membuka peluang baru untuk ekspansi dan kerjasama di industri farmasi, memperoleh akses kepada teknologi dan R&D yang lebih mumpuni, efisiensi operasional untuk memperoleh skala ekonomis yang lebih menguntungkan, dan akses kepada sumber daya dan fasilitas produksi yang lebih baik. 

Dengan jaringan dan pengalaman luas yang dimiliki Probiotec Limited, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan Pyridam Farma ke depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:13 WIB

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Jakarta – PT Angkasa Pura I (AP1) mencatat melayani sebanyak 36,5 juta pergerakan penumpang di 17 bandara yang dikelola sepanjang enam bulan pertama (semester 1) 2024. Dengan demikian, tingkat…

Industri Keramik (Ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:01 WIB

Sudah Sesuai Aturan WTO, Antidumping Keramik Harus Didukung Penuh

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut bahwa kebijakan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) harus didukung penuh untuk melindungi industri domestik,…

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto yang bertempat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Arsip PT United Tractors Tbk)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:53 WIB

Pj Gubernur DKI Jakarta Puji United Tractors yang Berkontribusi Turunkan Stunting, sehingga Raih Derap Kerjasama Jakarta (DKJ) Awards 2024

Jakarta,– PT United Tractors Tbk (UT) meraih penghargaan dalam ajang Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas programnya yang konsisten dalam mengentaskan permasalahan…

Industri plastik (ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:50 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Perketat Impor Barang Jadi Plastik

Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) menyampaikan perlunya pengetatan impor produk barang jadi plastik dari negara lain untuk memproteksi industri hilir plastik dalam negeri,…

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:44 WIB

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

JAKARTA-Tidak lama lagi Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ…