Peringati Hari Jadi ke 21, PPI Tingkatkan Ekspor Melalui Kerja Sama Perdagangan Komoditas dengan Dua Perusahaan India

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 21 Juni 2024 - 08:11 WIB

Peringati Hari Jadi ke 21, PPI Tingkatkan Ekspor Melalui Kerja Sama Perdagangan Komoditas dengan Dua Perusahaan India
Peringati Hari Jadi ke 21, PPI Tingkatkan Ekspor Melalui Kerja Sama Perdagangan Komoditas dengan Dua Perusahaan India

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Memasuki usia ke 21 tahun, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) yang merupakan bagian dari Holding BUMN Pangan ID FOOD optimis melebarkan sayap bisnis perdagangan komoditas ke mancanegara. Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakannya penandatanganan rencana kerja sama ekspor dengan dua perusahaan India.

Direktur Utama PPI S.Herno wo melalui keterangannya, Kamis, (20/6/2024), di Jakarta, mengatakan bertepatan dengan HUT ke-21 PPI telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PPI dengan dua perusahaan yang berbasis di India dalam rangka peningkatan cakupan bisnis perusahaan. “MoU pertama terkait kerja sama perdagangan komoditas getah damar dengan Raaj Handicraft. Di waktu yang bersamaan, PPI juga melakukan penandatanganan MoU perdagangan komoditas rempah dengan Barath International,” ujarnya.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PPI S. Hernowo dan Pemegang Saham Raaj Handicraft dan Barath International, Bhawarlal Barath Kumar. “Langkah ini menjadi awal yang baik bagi rencana kerja sama ekspor komoditas getah damar dan rempah-rempah dalam negeri ke India,” ungkapnya.

Melalui kesepakatan tersebut, menurut S. Hernowo, selanjutnya akan dilakukan penyusunan kajian, skema dan kerangka kerja sama sesuai kesepakatan kedua belah pihak berdasarkan target dan kebutuhan pasar di masing-masing wilayah kerja. "Penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan tersebut termasuk dalam rangkaian acara puncak HUT PPI ke-21, harapannya kegiatan dapat memperkuat peran PPI sebagai export gateway untuk produk-produk pangan dan non pangan," ucapnya.

S. Hernowo mengatakan, sebagai export gateway, sepanjang tahun 2023 PPI telah melakukan ekspor beragam komoditas, di antaranya rumput laut ke Korea Selatan, China dan Vietnam, ekspor kopi ke Mesir yang dilakukan secara kontinu, berpartisipasi dalam pameran internasional dan mencatatkan kerja sama bisnis bilateral dengan Tanzania.

Untuk mempererat peran PPI dalam mendorong peningkatan ekspor nasional, S. Hernowo menyebutkan, pihaknya juga telah menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Eximbank Indonesia dalam kerja sama penguatan ekosistem ekspor melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PPI.

“Ini bagian dari upaya dalam mendorong peran dan tanggung jawab PPI sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspor, impor dan distribusi. Dengan melibatkan ranah tanggung jawab sosial perusahaan, PPI akan melakukan pelatihan dan pendampingan ekspor untuk pelaku usaha UMKM,” jelasnya.

Lebih lanjut, S. Hernowo mengatakan, untuk mendukung rencana penguatan ekspor perusahaan, di momen HUT tersebut PPI telah melakukan peluncuran new design website www.ptppi.co.id yang lebih mengedepankan keterbukaan informasi, berorientasi pada pelanggan, dan dengan tambahan fitur katalog produk dan aset properti. “Ini merupakan inovasi untuk membantu mitra strategis dari dalam dan luar negeri lebih mudah mengenal dan mengakses PPI, sehingga tingkat kepercayaan mitra semakin meningkat,” tuturnya.

Hal lainnya yang juga dilakukan PPI dalam rangka rebranding, dilakukan perubahan nama gedung perusahaan dari Graha PPI menjadi Grha PPI. “Perubahan ini bertujuan untuk memberi makna dan menanamkan kesadaran bagi seluruh keluarga besar PPI dan meningkatkan inklusifitas bagi seluruh mitra dan stakeholder, bahwa Grha PPI adalah sebuah rumah bagi karyawan, mitra, dan stakeholder PPI dalam memajukan bisnis perusahaan,” terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada ajang tahunan Urban Sneaker Society (USS) 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 12:39 WIB

USS 2024 presented by BRImo: Kolaborasi Fashion dan Lifestyle, Dukungan BRI Dorong Kreativitas Generasi Muda

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Terbaru, BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada…

Penerima bantuan Gerobak Kuliner SIG pada acara Serah Terima Bantuan di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Jumat (18/10/2024).

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:28 WIB

Dorong Peningkatan Ekonomi Pedesaan, SIG Bantu Pengembangan Usaha Mikro dan Infrastruktur Pertanian di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program TJSL kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan melalui…

Koordinator Pengawasan Kawasan Industri dan Perumahan BPKP Joko Sutrisno selaku Ketua Tim Assessment (paling kiri), SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza (kedua dari kiri), VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto (kedua dari kanan), dan PGS SVP Risk Management Telkom Rini Fitriani (paling kanan)

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:04 WIB

Telkom Perkuat Praktik Keberlanjutan, Skor ESG Meningkat Signifikan hingga Raih Predikat Sangat Baik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil mencapai peningkatan signifikan dalam penilaian ESG (Environmental, Social, and Governance) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan…

Hewan ternak

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:39 WIB

Wabah SE di Bengkulu, Kementan Tingkatkan Upaya Pengendalian dan Pencegahan

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengintensifkan langkah pengendalian terhadap kasus penyakit Septicaemia Epizootica (SE), yang juga dikenal sebagai penyakit sapi ngorok, di Provinsi Bengkulu.…

LPPNU bersama BPDPKS serta GAPKI dan Ketua Umum PBNU resmikan Sawit masuk Pesantren

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:21 WIB

LPPNU Luncurkan Program Sawit Goes to Pesantren

Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) menyelenggarakan kegiatan Launching Program Sawit Goes to Pesantren untuk mengedukasi santri dan warga Nahdliyin terkait manfaat serta…