Potong Ratusan Hewan Kurban, ID FOOD Dorong Peningkatan Konsumsi Protein Hewani Masyarakat

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 18 Juni 2024 - 16:06 WIB

Penyediaan dan penyaluran livestock (sapi hidup) untuk menjaga pasokan dna memenuhi permintaan selama HBKN.
Penyediaan dan penyaluran livestock (sapi hidup) untuk menjaga pasokan dna memenuhi permintaan selama HBKN.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Holding BUMN Pangan ID FOOD melaksanakan penyaluran dan pemotongan ratusan hewan kurban di sejumlah provinsi. Selain untuk memaknai peringatan hari raya Idul Adha, langkah ini juga sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan konsumsi protein hewani masyarakat.

Hal tersebut disampaikan VP Sekretaris Perusahaan ID FOOD Yosdian Adi Pramono, melalui keterangannya, Selasa, (18/6/2024), di Jakarta. Menurutnya, kegiatan penyaluran dan pemotongan hewan kurban ID FOOD ini sudah menjadi rutinitas yang dilakukan perusahaan di setiap hari raya Idul Adha.

“Tahun ini ID FOOD Group melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 143 ekor yang terdiri dari 100 ekor kambing/domba dan 43 ekor sapi. Penyaluran dan pemotongan hewan kurban dilaksanakan melalui Anak Perusahaan dan Kantor Cabang/Unit ID FOOD Group,” ujarnya.

Menurut Yosdian, pemotongan ratusan hewan kurban tersebut dilakukan secara bertahap dari mulai 17-19 Juni di sejumlah kota/provinsi. Beberapa provinsi yang menjadi titik penyaluran dan pemotongan kurban ID FOOD di antaranya, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan lainnya.

“Semangat yang kita usung dalam berkurban selalu sama, untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat mempererat sinergitas antara perusahaan dengan masyarakat di sekitar kantor, pabrik, dan kebun ID FOOD Group yang tersebar di Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu pemenuhan pangan masyarakat, khususnya komoditas daging ruminansia, sekaligus turut mendukung peningkatan angka konsumsi protein hewani. “Kami melihat, Idul Adha menjadi momentum yang baik untuk menegaskan kembali upaya bersama mendorong peningkatan angka konsumsi daging perkapita masyarakat Indonesia,” paparnya.

Menurut Yosdian, upaya menggenjot angka konsumsi daging nasional ini merupakan hal yang penting. Pasalnya berdasarkan data Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), pada tahun 2023 rata-rata masyarakat Indonesia mengonsumsi daging sapi segar 0,5 kilogram/kapita/tahun. Angka tersebut turun 9,1% dibanding 2022 (year-on-year/yoy), tapi masih lebih tinggi dibanding periode 2019-2021.

“Kita berharap peningkatan akses dan konsumsi masyarakat terhadap daging ruminansia tidak hanya terjadi pada momen Idul Adha, tetapi dapat terjadi sepanjang tahun. Sehingga dapat mendorong ketercukupan nutrisi masyarakat, mengingat daging sapi dan kambing atau domba merupakan sumber pangan yang kaya protein dan gizi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yosdian mengatakan, ID FOOD melalui anak perusahaan yang bergerak di sektor peternakan dan logistik telah menjalankan sejumlah program strategis untuk meningkatkan pasokan sumber protein hewani yang berkualitas bagi masyarakat. Melalui PT Berdikari misalnya, jelang Idul Adha ini ID FOOD telah siapkan dan pasok ribuan hewan kurban atau livestock (sapi, kambing, domba) yang terjamin kesehatannya.

“Untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga daging dalam negeri, Berdikari juga telah siapkan stok daging yang dilakukan melalui pengadaan baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini juga merupakan bagian dari penugasan pemerintah,” ujarnya.

Di samping penyaluran livestock dan pengadaan daging sapi, dalam rangka peningkatan konsumsi protein hewani, ID FOOD saat ini masih menjalankan penyaluran Bantuan Pangan Penanganan Stunting. Bantuan yang disalurkan berupa paket daging ayam dan telur ayam bagi 1,4 juta Keluarga Risiko Stunting (KRS) di 7 provinsi. 

“Pada tahap pertama tahun ini, bantuan diberikan sebanyak 3 kali. Pengadaan produk oleh PT Berdikari, sedangkan pendistribusiannya oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dan PT Rajawali Nusindo yang juga merupakan anak Perusahaan ID FOOD,” terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran pre-booking Chery TIGGO 8

Rabu, 17 Juli 2024 - 20:35 WIB

Chery Umumkan Harga TIGGO 8, Dibanderol Rp400 Juta Selama GIIAS 2024

PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan harga pre-booking SUV premium 7-seaters, TIGGO 8 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Selama GIIAS 2024, konsumen…

Peluncuran eCanter di ajang GIIAS 2024 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:45 WIB

Mitsubishi Fuso Luncurkan eCanter di Ajang GIIAS 2024, Sematkan Segudang Fitur Mutakhir

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara resmi meluncurkan truk listrik, eCanter di pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Indonesia menjadi…

(ki-ka) Dida Gardera Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian, Nasrullah Dirjen PKH Kementerian Pertanian, Budi Sulistyo Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arya Seta Managing Director PT Napindo Media Ashatama secara resmi membuka penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo Agrotech ke-3, dan Indo Vet ke-4 di JCC Senayan

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:07 WIB

Indo Livestock dan Indo Fisheries 2024 Expo dan Forum Resmi Dibuka

PT Napindo Media Ashatama (Napindo) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo…

CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F (kedua dari kiri) saat menjadi panelis dalam perhelatan forum internasional, Batam Interconnect World 2024 yang digelar di Marriot Batam Harbour Bay

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:54 WIB

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam di Forum Internasional SIJORI

Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan, NeutraDC sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) serta NeutraDC-Nxera Batam turut berpartisipasi aktif…

Direktur Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir (ketiga dari kiri) dan Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin (ketiga dari kanan, topi hitam) saat melakukan pelepasan tukik di pantai Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:47 WIB

Finnet Perkuat Komitmen ESG Lewat Pelepasan Tukik di Pantai Nusa Dua Bali

Sebagai langkah konkret memperkuat komitmen terhadap praktik Environmental, Social, and Governance (ESG), Group Business Development (GBD) Telkom Indonesia bersama anak perusahan, Finnet, melepas…