Persiapan Dieng Culture Festival Sudah 95 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 03 Agustus 2017 - 10:23 WIB

Kawah Sileri di Dieng Banjarnegara (Foto Ist)
Kawah Sileri di Dieng Banjarnegara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Wonosobo - Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Fauzi, mengatakan persiapan Dieng Culture Festival (DCF) 2017 sudah 95 persen.

"Sudah 95 persen menjelang hari pelaksanaan DCF akhir pekan ini," kata Alif di Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (2/8/2017)

Dia mengatakan panitia saat ini sedang mempersiapkan berbagai keperluan acara budaya. Beberapa agenda untuk wisatawan DCF telah dipersiapkan seperti Pertunjukan Jazz di Atas Awan dan wisata matahari terbit di Dieng.

Selain itu, kata dia, terdapat juga agenda berkeliling situs Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna. Tidak kalah meriah ada kegiatan lainnya seperti Festival Lampion, pertunjukan musik, Ritual Pencukuran Rambut Anak Gembel dan lainnya.

Dia mengatakan terkait Festival Lampion pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura sehingga kegiatan menerbangkan lampu khas tersebut tidak mengganggu lalu lintas penerbangan. Diketahui, terdapat kegiatan masyarakat setempat dalam menerbangkan balon udara yang dianggap otoritas penerbangan mengganggu keselamatan pesawat terbang.

Menurut dia, lampion yang nanti diterbangkan memiliki daya jelajah 100-200 meter di atas permukaan tanah sehingga tidak mencapai jalur penerbangan pesawat. Dengan kata lain, Festival Lampion tidak membahayakan keselamatan penerbangan sehingga kegaitan tersebut akan tetap diadakan sesuai jadwal.

DCF 2017 itu sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 4-6 Agustus di Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tiket untuk kegiatan tersebut sebanyak 3.500 paket saat ini sudah ludes terjual. Pada penyelenggaraan tahun lalu sekitar 100 ribu wisatawan dari dalam dan luar negeri hadir di festival budaya tersebut. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perizinan SIKM

Minggu, 31 Mei 2020 - 20:15 WIB

Cek Fakta SIKM Pemprov DKI Jakarta

Perizinan SIKM telah dibuka sejak Jumat, 15 Mei 2020. Pemohon disarankan untuk mengajukan perizinan SIKM secara bijak sebelum melakukan perjalanan dengan hindari dilakukan pada waktu yang mendesak…

Konsep Micro Farming

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:45 WIB

Micro Farming Solusi Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Micro farming adalah pertanian keluarga dengan memanfaatkan lahan terbatas di pekarangan atau sekitar rumah dengan budidaya pertanian produktif

Pemakaman Pasien Covid-19

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:15 WIB

Gawat! Kasus Kematian Covid-19 di Jatim Makin Mendekati DKI Jakarta

Kasus kematian akibat pandemi virus corona (COVID-19) di Jawa Timur kembali melonjak pada hari ini.

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:00 WIB

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Komandan beserta Perwira Staf Mako Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan memanah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan memanah bagi Perwira Brigif 2 Marinir di Bhumi Marinir Gedangan,…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Minggu, 31 Mei 2020 - 17:30 WIB

Anies Ingatkan ASN: Didepan Seragam Kita Ada Simbol Negara, Tugas Kita Menomorsatukan Rakyat Daripada Diri sendiri

"Saya ingatkan kepada kita semua, di sisi depan baju seragam kita ada simbol abdi negara. Itu bukan sekedar ornamen seragam, itu adalah wujud sikap kita. Kita adalah penyelenggara negara,"