Jotun dan Kementerian PUPR Kumpulkan Ratusan Desain Rusun Perkotaan

Oleh : Nina Karlita | Senin, 17 Juni 2024 - 22:02 WIB

Para pemenang Sayembara Desain Purwa Rupa Rumah Susun Berkepadatan Tinggi yang digelar Jotun dan Ditjen Perumahan, Kementerian PUPR.
Para pemenang Sayembara Desain Purwa Rupa Rumah Susun Berkepadatan Tinggi yang digelar Jotun dan Ditjen Perumahan, Kementerian PUPR.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan cat dan pelapis Jotun, sukses menggelar Sayembara Desain Purwa Rupa Rumah Susun Berkepadatan Tinggi.

Bekerja sama dengan Direktorat Perencanaan Teknis Rumah Susun, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sayembara ini berhasil menjaring 757 pendaftar dan mengumpulkan 290 desain rusun karya anak bangsa. 

Sepuluh desain terbaik dan tiga pemenang diumumkan pada malam penghargaan yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (7/6).

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, arsitek perlu untuk mempertimbangkan bahwa desain tidak hanya berorientasi pada standar pembangunan umum, tetapi juga memperhatikan banyak perubahan.

"Terutama perilaku Gen Z yang mungkin memiliki kebutuhan ruang dan suasana yang berbeda serta kemudahan-kemudahan ain. Di aspek perencanaan, kita sudah mulai sederhanakan dengan menggunakan desain purwa rupa ini, yang tidak menutup kemungkinan memberikan peluang bagi kreativitas desain,” beber Iwan.

Hunian vertikal menjadi alternatif solusi untuk mengatasi krisis perumahan akibat terbatasnya lahan di kota besar yang padat penduduk. Dalam rangka mendukung program pengembangan perumahan dan memenuhi kebutuhan perumahan di kawasan perkotaaan, Jotun menjalin kerjasama dengan Kementerian PUPR.

Kerja sama itu dengan menginisiasi sayembara desain rumah susun 6 lantai yang mengedepankan aspek efisiensi dan efektivitas pemanfaatan ruang dan tanah, serta keterhubungan bangunan dengan interaksi sosial dan sistem transportasi.

Dibuka sejak 15 Januari hingga 31 Maret 2024, sayembara ini telah mengumpulkan 290 karya desain dari para peserta di seluruh Indonesia. 

Akhirnya, tiga desain terbaik diumumkan sebagai pemenang sayembara. Total hadiah senilai Rp 164.000.000 diberikan kepada para pemenang. 

Ketiga desaint terbaik itu adalah karya berjudul "Jiwana Alaya" sebagai juara pertama; "Bumi Harsana Sulaksana" sebagai juara kedua; dan "Obayaa" sebagai juara ketiga.

"Melalui sayembara ini, kita telah menemukan banyak ide brilian yang dapat diwujudkan untuk meningkatkan kualitas hunian vertikal di Indonesia. Kami berharap karya-karya mereka dapat menjadi inspirasi serta diterapkan dalam proyek pembangunan rumah susun di masa mendatang,” kata General Sales Director Decorative Project PT Jotun Indonesia, Juwita.

Kedepannya, konsep dan karya yang masuk akan dijadikan bahan penelitian dan pengkajian untuk pengembangan rumah susun di Indonesia oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR melalui Direktorat Rumah Susun. 

Rencana ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hunian vertikal di perkotaan dan mendukung program pemerintah dalam menyediakan rumah layak bagi masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…