Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)
Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

INDUSTRY.co.id, Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store di Vasanta Ecotown, Sawangan, Depok.

Kedua supermarket modern ini menempati sebagian lahan seluas lebih dari 70 ribu meter persegi yang berlokasi di shopping street The Shoppes at Senopati Boulevard, Vasanta Ecotown.

Mitra10 yang dioperasikan oleh PT Catur Mitra Sejati Sentosa, merupakan entitas anak PT `) kini sudah memiliki 50 toko yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok. Sedangkan Atria yang dioperasikan PT Catur Sentosa Berhasil yang juga merupakan entitas anak CSAP sudah memiliki 23 toko yang tersebar di Jabodetabek, Tegal, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru dan Lampung.

“Mitra10 Shila Sawangan merupakan pencapaian Milestone kita yang pertama yaitu toko yang ke-50 dengan total selling space 5.000m2. Di semester kedua, kami akan menambah toko-toko baru di beberapa wilayah Indonesia.

Selanjutnya, kami tetap melakukan ekspansi hingga mencapai 100 toko Mitra10 di tahun 2030 yang merupakan Milestone kedua," ungkap Andy Totong, Direktur Utama Mitra10.

Mitra10 tumbuh 11x lipat sejak tahun 2009 dan sekarang menawarkan lebih dari 65.000 SKU terdiri dari berbagai kategori antara lain: Lantai & Dinding, Perlengkapan Kamar Mandi, Cat & Perlengkapan, Peralatan Listrik & Lampu, Elektronik Rumah Tangga menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel modern terbesar untuk bahan bangunan dan perlengkapan rumah di Indonesia.

Selain Mitra10, Atria Furnisings & Mattress juga hadir di gedung Mitra10 - Shila Sawangan bagi warga Sawangan, Depok dan sekitarnya, berbelanja aneka kebutuhan Furniture & Mattres, perabotan rumah tinggal berbagai brand local dan internasional kini semakin mudah dan nyaman. Atria menyediakan berbagai produk kategori antara lain: Aksesoris, Bedroom Set, Commercial, Dining, Kids, Living, Mattress, Office, Storage, Wardrobe, dsb. Atria hadir di Shila Sawangan ini adalah jejaring toko Atria ke-23 dengan total selling space 1.000m2  yang merupakan toko ke-2 yang dibuka ditahun 2024 dengan konsep 'Shop in Shop' bersama Mitra10.

Dengan bertambahnya toko Mitra10 ini para pelanggan semakin mudah menjangkau kebutuhan renovasi bahan bangunan, sesuai dengan tagline yaitu "The Easiest Place to get Your Renovation Done!". Pembeli juga dimanjakan oleh Atria dengan pilihan berbelanja aneka kebutuhan furniture & mattress, perabotan rumah tangga & pernak-pernik aksesoris untuk mempercantik rumah dengan tagline #Atriabikinnyaman. Dengan konsep belanja satu atap, terciptakan tempat dan suasana belanja yang bersih dan nyaman sebagaimana diidamkan semua pelanggan. Tata letak produk yang diatur secara menarik, penyediaan katalog produk yang informatif, penawaran harga dengan garansi harga yang kompetitif adalah bagian dari upaya untuk menambah dan memperkuat kualitas layanan. Slogan “Murah, Lengkap, dan Nyaman” adalah panduan Mitra10 dalam melayani dan memenuhi kebutuhan semua pelanggannya. Atria Shila Sawangan ditargetkan menjangkau lebih dari 18.000 pengunjung.

Pemilihan lokasi di area komersial Senopati Boulevard Vasanta Ecotown menjadi alasan kuat sebagai tujuan destinasi retail yang nyaman. Pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan di Jabodetabek telah memberikan kontribusi yang besar ke pasar properti di Jakarta dan kota-kota satelitnya. Vasanta Ecotown memiliki beragam potensi yang menjanjikan bagi Mitra10 dan Atria. Dari sisi potensi pasar properti, kawasan ini dikelilingi residensial berupa rumah tapak dan apartemen, unit komersial seperti ruko, hingga cafe. Lokasi Vasanta Ecotown yang strategis dan mudah diakses juga menjadi alasan utama untuk menarik minat pelanggan, baik di Vasanta Ecotown maupun Depok dan sekitarnya. Terletak di Selatan Jakarta dan dapat ditempuh melalui Tol Depok-Antasari, maupun Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) yang sudah beroperasional sejak tahun 2021.

Jaringan bisnis Mitra 10 dan Atria menerapkan konsep "One Stop Shopping"  yang menjadi pilihan tren belanja saat ini yang memudahkan pelanggan dalam memilih produk kebutuhan rumah beserta isinya. 

Mitra10 dan Atria Menawarkan Promo Melimpah

Mitra10 dan Atria menghadirkan platform digital yang bisa diakses 24/7 baik di www.mitra10.com maupun di Atria.co.id. Konsep strategi penjualan ini yang mengintegrasikan semua saluran yang tersedia, baik itu offline maupun online (Omnichannel). Keduanya juga hadir melalui aplikasi mobil yang bisa diunduh di AppStore atau GooglePlay sehingga semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan para pelanggan untuk berbelanja dimanapun dan kapanpun. Selain itu, Mitra10 juga Atria memberikan pengalaman berbelanja yang inovatif dan sesuai kebutuhan juga melalui berbagai marketplace, dan WhatsApp Business Chat selama jam operasional toko.

Spesial selama periode pembukaan, Mitra10 Shila Sawangan Depok menyediakan beragam promo menarik hanya 6 hari mulai 13 Juni sampai dengan 18 Juni 2024 antara lain "Tebus Murah" berbagai produk menarik dengan harga super murah, "Crazy Price" dengan garansi harga termurah, "Hadiah Langsung Sepeda Listrik & Puluhan Logam Mulia", potongan diskon khusus member Mitra10 dan poin rewards, keuntungan di beberapa merchant pilihan, serta diskon khusus bank tertentu bahkan cicilan 0% hingga 12 bulan.

Sementara Atria memberikan promo DIJAMIN TERMURAH, Discount up to 50% + Cashback up to 100% untuk perioode 13 - 17 Juni 2024.  HARGA TERMURAH mulai Rp79.000,- (discount up to 70%).  Bagi warga Depok & sekitarnya bisa mendapatkan FREE membership (tanpa belanja minimum) dan FREE kupon 100.000. Potongan pembelanjaan sampai dengan 2 juta dengan pembayaran menggunakan kartu kredit dari beberapa Bank.  Untuk memudahkan pembayaran Atria menyediakan program cicilan 0% s/d 24 bulan dengan berbagai pilihan Bank dan Financing.

Pelanggan juga bisa mendapatkan solusi design untuk rumah barunya dengan Atria Design Solution dengan AI.  Erline Totong, Direktur Utama Atria mengundang warga Shila Sawangan, Depok & sekitarnya untuk  datang ke Atria Furnishings & Mattress untuk dapat merasakan Shopping Experience saat berbelanja. Berbelanja aneka furnitur, matras dan asesoris lebih nyaman di Atria dengan beberapa keuntungan antara lain*: Dengan Jaminan Harga Termurah, warga Depok & sekitarnya tidak perlu khawatir kemahalan, karena apabila sudah berbelanja di Atria namun Ada Yang Lebih Murah? Kami samakan dan GANTI SELISIH nya 2x. Atria memberikan Gratis proteksi asuransi 2 tahun khusus pembelian matras, POIN belanja untuk Member Atria (sampai 3x poin), Jaminan kualitas garansi 14 hari penukaran, Cicilan 0% up to 24 bulan dengan dan tanpa kartu kredit, Gratis kirim & pasang, Proteksi asuransi hingga 2 tahun, dan lain sebagainya. (*syarat dan ketentuan berlaku)

Penjualan Ritel Modern topang Penjualan CSAP

Total Pendapatan secara konsolidasi selama 1Q2024 CSAP mencapai Rp 28 triliun atau tumbuh 5,2% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan Total Penghasilan Komprehensif Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp 54 miliar, mengalami sedikit koreksi dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 65 miliar.

Mitra10 dan Atria merupakan segmen ritel modern yang dimiliki oleh CSAP. Pada periode 1Q2024 berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 1,68 triliun, tumbuh 8% apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut setara kontribusi sebesar 39% terhadap total pendapatan konsolidasian Perseroan. Selain segmen ritel modern, CSAP juga memiliki segmen distribusi yang membukukan pendapatan sebesar Rp 2,63 triliun, tumbuh 3,3%, setara kontribusi 61% atas total pendapatan secara konsolidasi.

Segmen distribusi merupakan kontributor terbesar pendapatan yang disumbang dari distribusi bahan bangunan, consumer goods (FMCG), dan kimia, sedangkan segmen ritel modern merupakan sumber pertumbuhan yang disumbang dari ritel modern bahan bangunan Mitra10 dan Atria furnitur, baik dalam hal penjualan maupun kinerja marjin.

CSAP secara agresif akan terus mengembangkan jejaring ritel modern Mitra10 & Atria.

Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Survei Sosial Ekonomi (Susenas) Tahun 2023 mencatat angka backlog  hunian pada periode 2023 adalah sebesar 14,84 juta unit. Melihat hal ini, terlihat kebutuhan akan rumah tinggal masih sangat tinggi. Selain itu kebutuhan akan perawatan dan renovasi rumah tinggal dan tempat usaha juga sangat tinggi. Hal ini merupakan salah satu prospek bisnis CSAP jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan melalui distribusi dan modern ritel Mitra10.

CSAP selaku pemilik 99,9%  Mitra10 dan 99% Atria menyampaikan bahwasanya, strategi agresif di ritel modern ini selain memperkuat pangsa pasar juga terbukti dapat meningkatkan kinerja, khususnya sebagai motor pertumbuhan.

Saat ini CSAP memiliki 50 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di berbagai kota di Indonesia, 5 Cabang Distribusi Kimia, 57 Cabang Distribusi FMCG, 50 toko “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement dan 23 toko “Atria” Ritel Modern Furnishings & Mattress.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran pre-booking Chery TIGGO 8

Rabu, 17 Juli 2024 - 20:35 WIB

Chery Umumkan Harga TIGGO 8, Dibanderol Rp400 Juta Selama GIIAS 2024

PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan harga pre-booking SUV premium 7-seaters, TIGGO 8 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Selama GIIAS 2024, konsumen…

Peluncuran eCanter di ajang GIIAS 2024 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:45 WIB

Mitsubishi Fuso Luncurkan eCanter di Ajang GIIAS 2024, Sematkan Segudang Fitur Mutakhir

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara resmi meluncurkan truk listrik, eCanter di pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Indonesia menjadi…

(ki-ka) Dida Gardera Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian, Nasrullah Dirjen PKH Kementerian Pertanian, Budi Sulistyo Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arya Seta Managing Director PT Napindo Media Ashatama secara resmi membuka penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo Agrotech ke-3, dan Indo Vet ke-4 di JCC Senayan

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:07 WIB

Indo Livestock dan Indo Fisheries 2024 Expo dan Forum Resmi Dibuka

PT Napindo Media Ashatama (Napindo) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo…

LLumar

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:48 WIB

Sponsori GIIAS 2024, JKIND Kenalkan Produk Unggulan Terbaru Bagi Pencinta Otomotif Tanah Air

PT Jaya Kreasi Indonesia (JKIND), penyedia kaca film dan paint protection film (PPF) terkemuka yang berpengalaman lebih dari 40 tahun dan memiliki lebih dari 100 jaringan authorized dealer di…

Sennheiser Group

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:45 WIB

Sennheiser Group Kembali Melihat Tahun Fiskal 2023 Yang Sukses

Sennheiser Group menghasilkan pendapatan sebesar 527,2 juta euro dengan solusi audio profesionalnya pada tahun fiskal 2023. Pendapatan ini melampaui hasil tahun sebelumnya dengan pertumbuhan…