WIR Group Catat Peningkatan Laba Bersih 42% di 2023 dan 11% di Kuartal I 2024

Oleh : Hariyanto | Senin, 10 Juni 2024 - 17:42 WIB

RUPST dan PUBEX WIR Group
RUPST dan PUBEX WIR Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta - WIR Group (PT WIR ASIA Tbk), perusahaan teknologi imersif dan web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain di Asia Tenggara, menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2023 serta Public Expose (PUBEX) pada Jumat, 7 Juni 2024. 

Peningkatan pendapatan yang signifikan, keberhasilan retensi klien, serta inovasi dalam solusi digital menjadi sorotan utama dalam kedua acara tersebut. Salah satu mata acara RUPST adalah penjelasan mengenai pelaksanaan kegiatan usaha Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023 dan kinerja keuangan Perseroan.

Sepanjang 2023, WIR Group berhasil menorehkan peningkatan laba bersih sebesar 42% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan tahun buku 2023 juga tumbuh sebesar 47% yang mayoritas dikontribusikan pada segmen pendapatan dari solusi platform digital. 

Keberhasilan WIR Group menjaga momentum pertumbuhan secara finansial juga direfleksikan dalam hasil kinerja keuangan dan operasionalnya untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mencatat pertumbuhan yang sehat atas pendapatannya yang meningkat sebesar 8% dari kuartal pertama tahun sebelumnya. 

Laba bersih Perseroan juga mengalami pertumbuhan sebesar 11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu diatribusikan pada efisiensi beban operasional serta pertumbuhan pendapatan Perseroan yang berkelanjutan dan berkesinambungan dengan tetap konsisten dalam menjaga profitabilitasnya.

Trend pertumbuhan positif WIR Group merupakan tren berkelanjutan yang selalu dijaga oleh manajemen. Hal tersebut dapat terefleksikan dari tingkat pertumbuhan Compound Annual Growth Rate (CAGR) sepanjang tahun 2021-2023 dimana pendapatan bertumbuh dengan CAGR sebesar 103% dan Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) bertumbuh dengan CAGR sebesar 76%.

Michael Budi, Direktur Utama WIR Group menjelaskan, sepanjang 2023, Perseroan sukses menjaga momentum pertumbuhan dengan sangat baik dari sisi pendapatan. Peningkatan pendapatan diiringi lompatan EBITDA, dan laba bersih. 

"Segmen pendapatan dari solusi platform digital merupakan kontributor utama pendapatan. Solusi platform digital merupakan unit bisnis Perseroan yang memiliki dan mengembangkan platform digital berbasis AR,VR, dan AI yang memiliki skalabilitas yang tinggi dan potensi aplikasi yang luas pada berbagai macam lini industri, " kata Michael. 

"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi terbaik bagi klien kami. Dengan keberhasilan yang telah dicapai dan berbagai inisiatif yang sedang berjalan, WIR Group optimis akan pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para pemangku kepentingan," ujarnya. 

Tahun buku 2023 juga mencatat ekspansi Perseroan di kancah internasional. WIR Group telah bertemu dengan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr., beserta jajaran menterinya untuk membahas implementasi ekosistem teknologi Perseroan. Anak usaha WIR Group, AR&Co, juga berkesempatan menghadirkan teknologi interaktif dan imersif untuk acara Allianz Asia Pacific Summit di Bangkok dan memeriahkan SPORTEC 2023 di Jepang bersama dengan Endline. 

Di dalam negeri, berbagai solusi inovatif telah meramaikan perkembangan adaptasi teknologi yang semakin inklusif, contohnya Nusameta Creator Tools, sarana bagi pembuat konten untuk menciptakan pengalaman dan interaksi yang intens dalam ekosistem virtual Nusameta. Anak usaha lainnya, Mindstores, memperkaya pengalaman berbelanja dengan Application Programming Interfaces (API) yang mampu mengintegrasikan jaringan retail ke aplikasi-aplikasi pihak ketiga dengan cepat.

RUPST dan PUBEX WIR Group juga mengumumkan keberlanjutan kepemimpinan yang telah direncanakan. Seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan yang bertujuan menjadi pemain global, maka WIR Group melakukan perubahan manajemen yang diyakini akan membawa perspektif segar dan visi strategis untuk masa depan perusahaan. 

Posisi Direktur Utama saat ini dijabat oleh Stephen Budiman Ng, menggantikan, Michael Budi, yang beralih tugas menjadi Komisaris Perseroan. Selain itu terdapat alih tugas Jimmy Halim yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur menjadi Komisaris, dan juga terdapat perubahan komposisi Komisaris Perseroan. Manajemen baru diyakini dapat membawa ide-ide baru yang adaptif, pendekatan inovatif, dan mampu meningkatkan efisiensi operasional dan responsivitas terhadap pasar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran eCanter di ajang GIIAS 2024 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:45 WIB

Mitsubishi Fuso Luncurkan eCanter di Ajang GIIAS 2024, Sematkan Segudang Fitur Mutakhir

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara resmi meluncurkan truk listrik, eCanter di pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Indonesia menjadi…

(ki-ka) Dida Gardera Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian, Nasrullah Dirjen PKH Kementerian Pertanian, Budi Sulistyo Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arya Seta Managing Director PT Napindo Media Ashatama secara resmi membuka penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo Agrotech ke-3, dan Indo Vet ke-4 di JCC Senayan

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:07 WIB

Indo Livestock dan Indo Fisheries 2024 Expo dan Forum Resmi Dibuka

PT Napindo Media Ashatama (Napindo) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo…

CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F (kedua dari kiri) saat menjadi panelis dalam perhelatan forum internasional, Batam Interconnect World 2024 yang digelar di Marriot Batam Harbour Bay

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:54 WIB

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam di Forum Internasional SIJORI

Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan, NeutraDC sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) serta NeutraDC-Nxera Batam turut berpartisipasi aktif…

Direktur Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir (ketiga dari kiri) dan Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin (ketiga dari kanan, topi hitam) saat melakukan pelepasan tukik di pantai Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:47 WIB

Finnet Perkuat Komitmen ESG Lewat Pelepasan Tukik di Pantai Nusa Dua Bali

Sebagai langkah konkret memperkuat komitmen terhadap praktik Environmental, Social, and Governance (ESG), Group Business Development (GBD) Telkom Indonesia bersama anak perusahan, Finnet, melepas…

LLumar

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:48 WIB

Sponsori GIIAS 2024, JKIND Kenalkan Produk Unggulan Terbaru Bagi Pencinta Otomotif Tanah Air

PT Jaya Kreasi Indonesia (JKIND), penyedia kaca film dan paint protection film (PPF) terkemuka yang berpengalaman lebih dari 40 tahun dan memiliki lebih dari 100 jaringan authorized dealer di…