Sinergi BUMN, PGE Area Lumut Balai Terima Kunjungan Geo Dipa Energi

Oleh : Hariyanto | Senin, 10 Juni 2024 - 17:36 WIB

PGE Area Lumut Balai Terima Kunjungan Geo Dipa Energi
PGE Area Lumut Balai Terima Kunjungan Geo Dipa Energi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Area Lumut Balai menerima kunjungan kerja PT Geo Dipa Energi (Persero) atau (GDE) pada Kamis, 6 Juni 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari sinergi BUMN dalam pengembangan panas bumi Indonesia untuk mendukung program pemerintah NZE (Net Zero Emission) tahun 2060, khususnya terkait proses operasional, produksi, dan proyek pembangunan PLTP Lumut Balai Unit-2 yang saat ini sedang berlangsung.

Kunjungan kerja dipimpin langsung oleh Supriadinata Marza selaku Direktur Operasi & HSSE PT Geo Dipa Energi (GDE), didampingi Corporate Secretary, General Manager Unit Patuha, dan General Manager Unit Dieng.

Dalam sambutannya Supriadinata Mirza menyampaikan banyak kesamaan dalam bisnis proses operasi di Area Lumut Balai yang saat ini juga sedang tahap progres pembangunan proyek PLTP Unit-2, sehingga dirasa tepat untuk melihat secara langsung Area Lumut Balai, karena ke depannya GDE juga akan melakukan pengembangan PLTP Patuha Unit-2.

General Manager Area Lumut Balai, Catur Hendro Utomo.S. memaparkan proses operasi, produksi, rencana pengembangan, dan berbagai tantangan yang dihadapi.

Selain itu, diskusi juga difokuskan pada update perkembangan kegiatan proyek PLTP Unit-2, mencakup aspek HSSE (Health, Safety, Security, and Environment), organisasi proyek, serta kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). 

Pembahasan juga mencakup implementasi dan strategi aspek Environmental, Social & Governance (ESG), dengan pendekatan adaptasi dan mitigasi di lapangan Lumut Balai. Diharapkan, operasional dan proyek ini dapat memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat, terutama dalam ketahanan energi dan pertumbuhan ekonomi, dengan tetap menjaga ekosistem lingkungan.

Proyek PLTP Lumut Balai Unit-2 saat ini sedang berada pada fase konstruksi dan diharapkan Desember 2024 bisa masuk fase commissioning hingga dilanjutkan operasi komersial (Commercial On Date/COD).

“Pengembangan panas bumi di Area Lumut Balai Sumatra Selatan memiliki potensi energi panas bumi sebesar 230 MW dan yang sudah terbukti (proven) sebesar 150 MW sehingga masih terdapat ruang untuk pengembangan di masa depan," tutup Catur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…