Penghormatan dan Penghargaan, Seniman Teater Gelar “Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman”

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Juni 2024 - 05:12 WIB

Seniman Teater Gelar “Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman”
Seniman Teater Gelar “Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman”

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Seluruh khazanah orang tua, guru, sesepuh, dan leluhur itu merupakan mata rantai yang menyambungkan tali keilmuan dan kebajikan. Disadari atau tidak, diakui atau tidak, semua kita niscaya alamiah ber-ittiba’ (mengikuti). Hal ini memperlihatkan secara aksiomatik betapa mustahilnya kita dapat berdiri di atas kaki sendiri tanpa guru.

Iktibar inilah yang menjadi dasar sejumlah grup teater di Jakarta Timur menggelar acara “Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman.”

Acara ini akan digelar di Gelanggang Remaja Jakarta Timur (GRJT), jalan Otista Raya 121 Jakarta, Sabtu (15/06/2024) mendatang.

“Seorang murid (kita) harus senantiasa mencari keridhaan dari guru. Begitulah keutamaan mendahulukan adab dibanding ilmunya sendiri,” ujar Bambang Oeban, selaku Ketua Panitia Pelaksana acara ini.

Aktor senior, Dorman Borisman meninggal dunia pada Selasa, 7 Mei 2024 lalu. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 5 Februari 1951.

Di industri perfilman dan pertelevisian, aktor dedikatif ini tak kurang sudah membintangi lebih dari 45 judul film layar lebar, serta ratusan judul film televisi (FTV) dan serial sinetron. Karirnya di film layar lebar diawali tahun 1977 lewat film Suci Sang Primadona.

Sinetron paling fenomenal yang pernah dibintanginya adalah “Saras 008” (Indosiar, 1998-2004), berperan sebagai Mas Yudhis.

Pada karya seni pertunjukan, Dorman banyak terlibat di sejumlah pementasan, baik sebagai aktor maupun sutradara. Ia bergabung dengan sejumlah tokoh-tokoh teater Indonesia, seperti Teguh Karya (Teater Populer), Arifin C. Noer (Teater Kecil, Putu Wijaya (Teater Mandiri), dan kelompok seni lainnya.

 

Dorman Borisman juga mendirikan Teater Jakarta Timur yang bermarkas di Gelagang Remaja Jakarta Timur (GRJT). Ikut mendirikan Ikatan Teater Jakarta Timur (IKATAMUR), yang mengayomi puluhan grup teater di Jakarta Timur.

“Dorman Borisman aktor, seniman besar yang hidupnya tetap sederhana dan bersahaja. Keberadaanmu kami catat di halaman buku sejarah teater, film dan sinetron Indonesia dengan tinta emas. Kami selalu mengenang semua jasamu sebagai sokoguru,” ungkap Bambang Oeban.

Acara ini, menurut Bambang, tidak hanya menjadi wadah silaturrahmi dengan sesama penggiat teater di Jakarta.

“Tetapi menjadi semacam naungan dan langkah bersama untuk memotivasi lahirnya proses-proses penggarapan sebuah karya teater,” ujar Bambang Oeban, yang menurutnya setelah ini pihaknya akan menggelar Jambore Teater Tingkat Nasional.

“Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman” merupakan kehendak bersama yang digelar sejumlah kelompok teater antara lain; Teater Jakarta Timur, Sanggar Humaniora, Sanggar Teater Jakarta, Kelompok Ngamen 78, Teater Kubur, Teater Polos, Teater Mantaka, Mata Art Community, Bengkel Creative Anak Indonesia (BCAI), dan grup teater lainnya.

Didukung sejumlah asosiasi kelompok teater, seperti IKATAMUR (Ikatan Teater Jakarta Timur), INDRAJA (Ikatan Drama Jakarta Barat), ITERA (Ikatan Teater Jakarta Utara), SINTESA (Simpul Interaksi Teater Selatan), dan Teater Atap Salihara.

Selain untaian doa, “Peringatan 40 Hari Berpulangnya Dorman Borisman” juga akan diisi dengan berbagai acara pertunjukan, apresisi seni dan orasi budaya. Antara lain; Pembacaan Kilas Sejarah Perkembangan Seni Teater di Jakarta Timur, Refleksi Kehidupan Dorman Borisman di Seni Teater dan Industri Perfilman Indonesia, Simbiosis Mutualisme Teater Jakarta Timur dan Bengkel Teater Rendra, pembacaan puisi, seni monolog dan atraksi seni lainnya./*

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…