KoinWorks Bank Umumkan Profit 3 Bulan Berturut-turut, Segera Buka Kantor Pusat di Lokasi Baru

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 06 Juni 2024 - 09:52 WIB

KoinWorks Bank Umumkan Profit 3 Bulan Berturut-turut, Segera Buka Kantor Pusat di Lokasi Baru
KoinWorks Bank Umumkan Profit 3 Bulan Berturut-turut, Segera Buka Kantor Pusat di Lokasi Baru

INDUSTRY.co.id, Jakarta- KoinWorks Bank secara resmi diluncurkan dan menjadi tonggak penting dalam memperbarui layanan perbankan di Indonesia. Mengawali perjalanan sebagai Bank Perekonomian Rakyat (BPR), KoinWorks Bank akan segera bertransformasi menjadi bank digital (BPR) pertama di Indonesia yang akan semakin mudah untuk diakses oleh penggunanya dan dapat memberikan pelayanan digital yang mudah dan cepat.

Produk yang ditawarkan oleh KoinWorks Bank beragam, di antaranya adalah deposito dengan tingkat suku bunga setara BPR yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan pinjaman dengan agunan aset tetap melalui proses yang mudah, nyaman, dengan persetujuan cepat.

Benedicto Haryono, Co-Owner KoinWorks Bank menyatakan, “Melalui KoinWorks Bank, kami percaya bahwa kemampuan untuk menyediakan layanan keuangan yang cepat dan aman akan memberikan dampak positif yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat Indonesia. Layanan kami di sini juga akan memfasilitasi UMKM agar dapat terlayani dengan maksimal untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka.”

KoinWorks Bank menyediakan pinjaman yang aman untuk bisnis dan individu, serta investasi dengan deposito berjangka. Berbagai produk pinjaman yang ditawarkan meliputi pinjaman modal kerja usaha, pinjaman investasi untuk menunjang usaha, kredit kepemilikan rumah, hingga pinjaman multiguna. Sementara itu, dengan pilihan deposito berjangka, KoinWorks Bank memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mengelola dan mengoptimalkan dana dengan tingkat suku bunga yang kompetitif. Dengan suku bunga yang menarik, dan tenor yang beragam, KoinWorks Bank memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka. KoinWorks Bank juga memiliki produk tabungan yang menarik dengan tingkat suku bunga yang kompetitif.

KoinWorks Bank adalah Bank Perekonomian Rakyat yang diakuisisi oleh para pendiri KoinWorks Group pada awal 2023. Benedicto Haryono menambahkan, “Saat ini KoinWorks Bank telah membukukan profitabilitas. Pertumbuhan kredit dan aset yang signifikan dari KoinWorks Bank berkontribusi pada laba yang berkelanjutan, yang sekaligus membuktikan KoinWorks Bank sebagai lembaga intermediasi keuangan yang sukses mencapai target usahanya.”

KoinWorks Bank mengumumkan pencapaian kinerja positif dalam laporan kualitas aset produktif yang disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kuartal pertama 2024. Perolehan laba di tahun berjalan mencapai 1,2 miliar rupiah, dengan _return on asset_ (ROA) 2,73% di mana angka ini meningkat dibanding masa transisi perubahan menjadi KoinWorks Bank pada Oktober 2023 dengan ROA minus (-10,4%). Dari sisi rasio beban operasional dan pendapatan operasional (BOPO) berhasil ditekan menjadi 77,3% sepanjang awal tahun ini. Bersamaan dengan itu pertumbuhan kredit di kuartal pertama 2024 mencapai 134%.

Dalam meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah, KoinWorks Bank memastikan status _non performing loan_ (NPL) KoinWorks Bank terjaga pada 0,01%, dengan pertumbuhan laba yang meningkat sejak Oktober 2023. Saat ini aset yang dikelola KoinWorks Bank tercatat meningkat 159% sejak Oktober 2023.

Joko Purwanto, Direktur Utama KoinWorks Bank, menjelaskan bahwa, "KoinWorks Bank terus bergerak dan berproses menjadi bank yang besar dengan pertumbuhan yang berkualitas, dan terus memperkuat fondasi melalui pengembangan SDM, peningkatan infrastruktur bisnis, risiko dan operasional, dan hubungan dengan pemangku kepentingan. Dalam waktu dekat ini kami akan memindahkan kantor pusat ke Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, dan akan segera beroperasi untuk melayani pelanggan kami. Saat ini KoinWorks Bank telah memiliki kantor kas di Jakarta Selatan yang telah beroperasi sejak November 2023. Pada tahun ini, KoinWorks Bank juga akan memperluas layanan dengan membuka cabang baru di Jabodetabek dan menggarap potensi pasar UKM komersil di beberapa kota di Indonesia.”

KoinWorks Bank berencana mengintegrasikan portofolio nasabahnya ke dalam aplikasi KoinWorks melalui kerja sama dengan PT Sejahtera Lunaria Annua sebagai pengelola aplikasi KoinWorks. Dengan ini, kedua perusahaan akan berkolaborasi menyediakan fasilitas bagi seluruh pengguna untuk mengelola aset mereka dalam satu ekosistem KoinWorks.

Bapak Adhi, nasabah KoinWorks Bank yang menggeluti industri perumahan membagikan pengalamannya mengenai layanan yang diberikan dalam proses pembelian lahan. “Kami mengambil pinjaman dari KoinWorks Bank untuk pembelian unit tanah terkait kebutuhan kami sebagai _developer_. Petugas KoinWorks Bank sangat membantu semua proses kami dengan tanggap dan juga ramah dalam melayani konsumen,” ujarnya.

Salah seorang nasabah lainnya yang menjalankan bisnis taman hiburan, Bapak Miftah mengatakan, “Proses kredit yang diberikan oleh KoinWorks Bank terhitung cepat dan pelayanannya baik sekali. Dengan kredit modal kerja, bisnis saya semakin lancar. Terima kasih atas kepercayaan KoinWorks Bank kepada usaha kami.”

Pengguna aplikasi KoinWorks yang berminat membuka rekening deposito di KoinWorks Bank juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai manfaat lainnya. Fasilitas ini memastikan bahwa KoinWorks menyediakan layanan yang komprehensif kepada semua penggunanya. Dengan tim yang solid, profesional dan berpengalaman, KoinWorks Bank yakin dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya dan menjadi bank besar yang tumbuh sehat dan berkualitas.

Berdiri sejak tahun 2016, KoinWorks merupakan neobank terdepan di Indonesia yang berfokus pada pemberian kredit kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). KoinWorks berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan keuangan utama bagi UMKM di Indonesia, dengan memberdayakan UMKM yang kurang terlayani melalui pembiayaan yang berkelanjutan hingga ke level ekosistem, sambil secara bersamaan memperkuat pengembangan finansial investor individu.

KoinWorks Group merupakan kelompok usaha dari perusahaan induk Lunaria Annua Holding Pte. Ltd. dengan lini usaha terbesar yaitu sebagai penyelenggara _financial technology_ dan KoinWorks Bank sebagai bank digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:13 WIB

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Jakarta – PT Angkasa Pura I (AP1) mencatat melayani sebanyak 36,5 juta pergerakan penumpang di 17 bandara yang dikelola sepanjang enam bulan pertama (semester 1) 2024. Dengan demikian, tingkat…

Industri Keramik (Ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:01 WIB

Sudah Sesuai Aturan WTO, Antidumping Keramik Harus Didukung Penuh

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut bahwa kebijakan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) harus didukung penuh untuk melindungi industri domestik,…

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto yang bertempat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Arsip PT United Tractors Tbk)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:53 WIB

Pj Gubernur DKI Jakarta Puji United Tractors yang Berkontribusi Turunkan Stunting, sehingga Raih Derap Kerjasama Jakarta (DKJ) Awards 2024

Jakarta,– PT United Tractors Tbk (UT) meraih penghargaan dalam ajang Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas programnya yang konsisten dalam mengentaskan permasalahan…

Industri plastik (ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:50 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Perketat Impor Barang Jadi Plastik

Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) menyampaikan perlunya pengetatan impor produk barang jadi plastik dari negara lain untuk memproteksi industri hilir plastik dalam negeri,…

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:44 WIB

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

JAKARTA-Tidak lama lagi Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ…