Terakreditasi IABEE, President University Siap Cetak Lulusan Ilmu Komputer Berstandar Internasional

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:20 WIB

Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Rila Mandala
Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Rila Mandala

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Orang tua menginginkan anak-anaknya melanjutkan kuliahnya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, berupa kuliah di Perguruan Tinggi. Apalagi era teknologi, kemampuan menguasai teknologi akan jadi rebutan.

Ir. Rila Mandala, M.Eng, Ph.D Dekan Fakultas Ilmu Komputer, President University, perguruan tinggi di Cikarang, Kabupaten Bekasi mendorong masyarakat untuk mengambil Perguruan Tinggi yang sudah diakui secara global, karena hal tersebut memang layak dan penting bagi dunia pendidikan.

President University, kata dia, sudah diakui secara global dan itu bukan asal bicara namun akreditasi kelas dunia bisa dibuktikan. 

Pada Fakultas Komputer, dua jurusan baik program studi Informatika dan program studi Sistem Informasi saat ini terakreditasi oleh IABEE (yang merupakan signatory member dari Washington Accord dan dalam pengajuan menjadi signatory member dari Seoul Accord)

"Masih perlu disebarluaskan lagi agar peminat calon mahasiswa untuk masuk ke program studi Informatika dan program studi Sistem Informasi dapat lebih banyak lagi di seluruh Indonesia maupun di berbagai belahan dunia," kata dia di Jakarta kepada Wartawan

Apa bukti pengakuan internasional terhadap dua jurusan ini, sambungnya, dalam sidang tahunan International Engineering Alliance Meeting (IEAM) yang diselenggarakan pada 11-15 Juni 2023 di Taichung, Taiwan, Washington Accord (WA) mengukuhkan secara aklamasi status Full Signatory bagi IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) dengan hak keanggotaan penuh dan pengakuan kesetaraan substansial (substantial equivalent) yang berlaku secara retroaktif sejak 2021. 

Menurutnya, Washington Accord adalah perjanjian internasional antar lembaga-lembaga penyelenggara akreditasi program studi sarjana bidang keteknikan. 

Dengan pengukuhan ini, maka sarjana yang dihasilkan oleh program studi yang terakreditasi oleh IABEE mulai tahun 2021 diakui “substantially equivalent” dengan lulusan program studi yang diakreditasi oleh 22 negara anggota Washington Accord lainnya dalam memenuhi persyaratan untuk mempersiapkan lulusan yang world-class standard. 

Atas pengakuan tersebut, President University bukan termasuk kategori perguruan tinggi kelas bawah. Bahwa perolehan akreditasi tersebut, menunjukan alumninya 'dapat karpet merah' di dunia kerja.

Akreditasi ini, ia melanjutkan, bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan sistem pendidikan berbasis Capaian Pembelajaran (OBE) yang diakui secara global. 

Diterimanya IABEE sebagai signatory member dari Washington Accord merupakan batu loncatan pertama dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Oleh karenanya, agar tetap jadi Universitas terdepan di bidang teknologi komputer, Presiden University selalu mengikuti perkembangan teknologi. Jangan sampai justru melambat. Inilah poin penting, mengapa memperbaharui ilmu ini sangatlah penting.

Diketahui di program studi informatika sudah ada 5 buah konsentrasi yang sangat mengikuti perkembangan teknologi terkini.

 5 konsentrasi tersebut adalah :

1. Konsentrasi Artificial Intelligence

2. Konsentrasi Internet of things (IOT).

3. Konsentrasi Cyber Security

4. Konsentrasi Game Development

5. Konsentrasi Block Chain

Nah, itulah kelebihan President University. Mencari kualitas pendidikan bertaraf internasional di bidang IT, ada di Indonesia. Kelasnya setara perguruan tinggi lainnya di Dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…

Diskusi “Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan” yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera)

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:08 WIB

Pemerintah Godok Skema Dana Abadi Perumahan, Ini Mekanismenya

Pemerintah tengah mendorong adanya dana abadi perumahan untuk memastikan angka backlog rumah yang kini mencapai 12,7 juta unit dapat teratasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat…