Mengintip Implementasi Geekvape Intelligent Industrial Park di Zhuhai, Tolak Ukur Baru dalam Manufaktur Cerdas

Oleh : Candra Mata | Kamis, 23 Mei 2024 - 18:52 WIB

 Geekvape Intelligent Industrial Park di Zhuhai, China
Geekvape Intelligent Industrial Park di Zhuhai, China

INDUSTRY.co.id - Zhuhai, China - Pada tanggal 10 Mei, pembukaan besar Geekvape Intelligent Industrial Park menandai lompatan transformasional dalam dunia manufaktur cerdas. Terletak di distrik teknologi tinggi Zhuhai, taman industri yang luas ini mencakup area seluas 220.000 meter persegi. 

Dimulainya operasional taman industri ini tidak hanya memulai era baru dalam keunggulan manufaktur, tetapi juga menandai transisi signifikan menuju pembangunan berkelanjutan dalam sektor tersebut, dengan menetapkan standar baru untuk efisiensi dan tanggung jawab ekologis.

Upacara pembukaan dihadiri oleh pejabat kota terkemuka dari Zhuhai, pimpinan dari distrik teknologi tinggi, dan eksekutif puncak dari Geekvape, yang menegaskan pentingnya taman industri baru ini bagi pemangku kepentingan lokal dan industri. 

Komitmen Geekvape untuk menciptakan lebih dari seribu peluang kerja bagi masyarakat setempat merupakan stimulus ekonomi yang signifikan bagi wilayah Zhuhai.

Berkat tata letak inovatif dan dedikasinya terhadap ramah lingkungan, taman industri ini telah dianugerahi sertifikasi Platinum LEED v4 ID+C: Commercial Interiors. Penghargaan bergengsi ini menetapkan standar baru tidak hanya di wilayah Zhuhai, tetapi juga di seluruh China dan dunia, terkait dengan taman industri yang dikembangkan secara mandiri dalam industri ini. 

Sebagai organisasi yang menilai metrik keberlanjutan kritis termasuk kualitas lingkungan dalam ruangan dan efisiensi energi, komitmen taman ini terhadap pengelolaan lingkungan dan metodologi berpusat pada manusia dicontohkan oleh sertifikasi LEED.

Strategis Geekvape

Geekvape Intelligent Industrial Park berfungsi lebih dari sekadar pusat manufaktur; ia berperan sebagai elemen strategis yang memperkuat posisi perusahaan dalam industri. Didirikan pada tahun 2015, Geekvape telah berhasil mengatasi berbagai hambatan untuk memantapkan dirinya sebagai pemimpin dalam industri rokok elektronik. 

Trajektori pertumbuhan perusahaan ini ditandai oleh pembelajaran dan evolusi terus-menerus, yang didorong oleh kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka. Kemitraan ini telah mendorong kemajuan teknologi dan kesuksesan komersial, sekaligus memperdalam komitmen Geekvape terhadap nilai-nilai abadi dan penciptaan nilai berkelanjutan bagi mitra industri dan karyawan.

Fasilitas taman ini yang luas mencakup unit manufaktur mutakhir, platform peluncuran, museum, pusat penelitian dan pengembangan, laboratorium bersertifikasi CNAS, pusat pelatihan pemberdayaan, pusat inovasi material, dan tempat tinggal untuk karyawan. 

Infrastruktur komprehensif ini tidak hanya membentuk klaster industri yang meningkatkan daya saing inti tetapi juga mendukung skala ekonomi, berbagi teknologi, dan inovasi kolaboratif. Elemen-elemen ini secara kolektif bekerja untuk meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi biaya, dan memperkuat daya saing pasar.

Dalam beberapa tahun terakhir, Geekvape telah berkembang dari sekadar produsen merek tunggal menjadi entitas beragam dalam rantai ekologi, menandai pencapaian penting dalam membentuk kemitraan penelitian dengan universitas dan memulai usaha rantai pasokan baru. 

Geekvape Intelligent Industrial Park adalah perpanjangan strategis dari pendekatan ini, memperkuat kolaborasi dengan pemasok dan mitra, serta mendorong ekosistem rantai pasokan yang kuat yang memberikan manfaat secara menyeluruh.

Pertumbuhan Industri

Geekvape Intelligent Industrial Park menjalankan peran ganda, bertindak tidak hanya sebagai pusat manufaktur tetapi juga sebagai inkubator inovasi, mendorong kolaborasi industri dan pengembangan cerdas tingkat tinggi. 

Taman industri ini juga berfungsi sebagai pameran penting untuk inisiatif 'Made in China', meningkatkan persepsi global dan daya saing manufaktur China.

Selain menjadi sekadar tempat fisik, taman industri ini berfungsi sebagai pusat yang dinamis untuk rantai pasokan di tingkat regional, memfasilitasi pertukaran ide, sumber daya, dan aliansi strategis serta meningkatkan aliran komponen. 

Pengembangan ini merupakan kemajuan substansial dalam mengatasi tantangan saat ini dan yang akan datang di sektor ini, serta memiliki kapasitas untuk menghasilkan dampak mendalam baik pada industri maupun ekonomi regional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:53 WIB

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024

Musim Mas menunjukkan komitmennya untuk menyukseskan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan memberikan dana dukungan sebesar Rp 1 Miliar.

Karyawan di anak usaha Telkom

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:48 WIB

Catat Pertumbuhan Laba Bersih 30%, Infomedia Kembangkan Teknologi 3A untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara (Infomedia) berhasil membukukan laba bersih sebesar 217% atau tumbuh 30% di sepanjang tahun 2023. Selain itu, revenue…

Hery Gunardi, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:13 WIB

BSI Cairkan Dividen Tunai Rp855,56 Miliar 20 Juni 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) akan melakukan pembayaran dividen tunai pada 20 Juni 2024 menyusul keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BSI yang menetapkan akan memberikan…