Cerita Serda Mugiyanto Bersama Atik Chandra Fokus Dorong Penanaman Buah Organik

Oleh : Wiyanto | Rabu, 22 Mei 2024 - 12:24 WIB

Serda Mugiyanto Babinsa pendampingan petani
Serda Mugiyanto Babinsa pendampingan petani

INDUSTRY.co.id-Sleman - Serda Mugiyanto, Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Koramil 19/Borobudur Kodim 0705 Magelang dikenal sebagai tokoh inspiratif tak hanya bagi kalangan TNI melainkan juga masyarakat luas lantaran prestasinya dibidang pertanian, salah satunya buah kelengkeng.

Kiprahnya di dunia pertanian buah kelengkeng tak main-main, kendati sebagi penyandang disabilitas, kegigihannya dalam berkarya membuatnya mampu membuktikan, bahwa di lahan sekeras apapun, seperti di lahan seluas 1,2 hektar di kawasan Borobudur dengan kondisi lingkungan yang berpasir, buah kelengkeng yang ia kembangkan mampu tumbuh subur dan berbuah lebat.

"Kelengkeng yang kami kembangkan disini dari varietas kateki, kelengkeng yang bisa dibuahkan setiap saat, bisa dibuahkan di mana pun di Indonesia, dan paling enak lagi kelengkeng ini berbuah tanpa mengenal musim," ujar Serda Mugiyanto di lokasi pertaniannya, Kamis (15/5).

Lebih lanjut ia menjelaskan, kunci dari keberhasilannya dalam membudidayakan tanaman kelengkeng yakni pemilihan bibit yang baik, dimana kesalahan dalam pemilihan bibit dapat berimbas kerugian baik finansial maupun waktu, yang kedua yakni agroklimat, menurutnya petani harus mampu menyesuaikan diri dengan kondisi alam dengan teknologi yang telah berkembang saat ini.

"Sebagus apapun tanaman, sebagus apapun bibit yang kita kembangkan, kalau perawatannya tidak sesuai kebutuhan tanaman maka hasil dan pertumbuhannya tidak akan maksimal," tuturnya.

Serda Mugiyanto berpendapat, kondisi lahan, baik lahan tidur maupun lahan yang kesuburannya telah berkurang oleh penggunaan pupuk kimia, dapat diatasi dengan penggunaan pupuk organik. Disitulah ia memperkenalkan pupuk hayati cair dari PT Indoraya Mitra Persada besutan Atik Chandra dengan nama ExtraGen.

"Penggunaan pupuk organik itu sangat penting, selain menambah nilai dari tanaman yang kita kembangkan, penggunaan pupuk kimia akan meninggalkan residu di dalam tanah, nah recovery tanah atau pemulihan kesuburannya kita harus menggunakan pupuk organik," tuturnya.

Menurutnya, penggunaan pupuk hayati cair dari PT Indoraya Mitra Persada besutan Atik Chandra ini lah yang juga membawanya lebih jauh dalam mengkampanyekan pertanian yang berlandaskan kelestarian lingkungan alias organik, dimana pupuk hayati cair ExtraGen yang ia gunakan telah mengandung berbagai mikroba yang mampu memperbaiki kesuburan tanah, dengan begitu biaya produksi nantinya akan lebih ringan lantaran tanaman yang dirawat lebih subur dan tahan dalam berbagai kondisi.

"Kita harus makan makanan yang sehat, dengan organik kita percaya dengan apa yang kita makan terproses secara alami, walaupun ada yang semi organik atau organik 100 persen dalam bertani, itu tetap akan menambah nilai dari produk pertanian yang kita hasilkan, dan nantinya berimbas pada penghasilan kita yang juga turut bertambah," tutur Serda Mugiyanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…