Perpusnas Gelar Pelatihan Membaca Nyaring di Aceh

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 21 Mei 2024 - 23:24 WIB

Pelatihan membaca nyaring di Aceh.
Pelatihan membaca nyaring di Aceh.

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh - Membaca Nyaring (read aloud) merupakan upaya menumbuhkan kegemaran membaca sejak dini dan ketertarikan anak-anak terhadap buku. Mereka diajarkan untuk berinteraksi dengan buku sejak dini. 

"Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak mengobrol oleh orang tuanya, secara tidak langsung menstimulus kemampuan kognitifnya berkembang."
 
Demikian disampaikan pegiat Reading Bugs Indonesia, Ihdinal Hikmatin Tajdidah, saat memberikan pelatihan Membaca Nyaring, di Aceh, Selasa (21/5/2024). 

Target utama dari pelatihan ini adalah para guru di tingkat dasar, orang tua, dan pustakawan.
 
"Membaca nyaring pada anak perlu dibiasakan sedari dini, bahkan bisa dimulai pada fase anak dalam kandungan, " tambah Ihdinal. 

Teknik membaca nyaring bukan sekedar mengajarkan anak-anak bisa baca tapi juga bagaimana menciptakan suasana sehingga anak tertarik mendengarkan lawan bicara membaca,"  ujar  Pustakawan Perpusnas, Rani Kustiani. 

Ilustrasi yang ada di buku cerita akan membangun daya imajinasi anak sehingga dibutuhkan interaksi antara guru dengan anak.  Setelah melakukan pelatihan, peserta diberikan kesempatan mempraktikkan Membaca Nyaring di depan anak-anak  TK.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PERKUAT PASAR DI JAWA BARAT, MITRA10 & ATRIA EKSPANSI KE SAWANGAN DEPOK

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:53 WIB

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024

Musim Mas menunjukkan komitmennya untuk menyukseskan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan memberikan dana dukungan sebesar Rp 1 Miliar.