Pabrik Smelter Nikel PT KFI Kaltim Kebakaran, Mukhtarudin DPR: Proses Audit Harus Dilakukan

Oleh : Candra Mata | Minggu, 19 Mei 2024 - 10:12 WIB

Mukhtarudin Anggota DPR RI Fraksi Golkar
Mukhtarudin Anggota DPR RI Fraksi Golkar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua Fraksi Golkar Bidang Industri dan Pembangunan (Inbang) DPR RI Mukhtarudin buka suara soal insiden kebakaran pabrik pengolahan nikel, PT Kalimantan Ferro Industri (KFI) di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Anggota Komisi VII DPR RI ini meminta agar terus dilakukan audit pada smelter untuk mengetahui detail penyebab peristiwa tersebut.

"Ya tentu harus proses audit smelter itu, karena peristiwa ini bukan sekali," tandas Mukhtarudin ketika dihubungi wartawan, Minggu 19 Mei 2024.

Penting audit dilakukan, karena kata Mukhtarudin baru dua bulan diresmikan pada 19 September 2023, sudah terjadi ledakan.

Untuk itu, politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini menegaskan dengan adanya audit smelter tersebut agar tidak terulang peristiwa serupa. Mengingat, insiden ini tidak hanya menimbang korban materi, namun juga ada yang korban meninggal dunia.

Sebut saja, kebakaran pertama terjadi pada 11 Oktober 2023, lalu yang tewaskan pekerja asing. Terbaru ledakan terjadi juga di smelter itu pada 16 Mei 2024, hingga menyebabkan dua orang terluka. 

Oleh karena itu, jika kemudian komisi VII DPR RI, mendesak pemerintah untuk mengaudit smelter, baik dari sisi kualitas alat atau mesin yang ada. Serta pelaksanaan prosedur K3 atau Keselamatan, Kesehatan Kerja di PT Kalimantan Ferro Industri (KFI) di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"DPR pastikan pasca insiden ini, tingkat keamanan terjamin di smelter itu," beber Mukhtarudin.

Kendati demikian, saya memandang perlu dan mendesak dalam waktu dekat Komisi VII DPR RI untuk melakukan pendalaman dalam konteks pengawasan baik melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan RDPU dengan instansi terkait dan pihak PT KFI untuk mengetahui detail penyebab peristiwa itu.

Jika dipandang perlu nanti Komisi VII DPR akan melalui kunjungan ke lokasi untuk melihat dan mengetahui keberadaan pabrik smelter itu," pungkas Mukhtarudin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…