Ekspansif! DAMRI Siap Mengaspal di Arab Saudi

Oleh : Candra Mata | Minggu, 19 Mei 2024 - 09:57 WIB

Armada DAMRI siap yang siap beroperasi (Doc: Perum DAMRI).
Armada DAMRI siap yang siap beroperasi (Doc: Perum DAMRI).

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pimpinan DAMRI telah melakukan kunjungan ke Arab Saudi dalam rangka survei investasi dan ekspansi bisnis layanan transportasi haji dan umrah di Arab Saudi, pada Maret 2024.

Kunjungan tersebut sekaligus menindaklanjuti memorandum of understanding (MOU) antara DAMRI dengan BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) tentang Potensi Kerjasama Investasi di Bidang Transportasi Darat, pada November 2023.  

Chrystian R.M Pohan, Corporate Secretary DAMRI mengatakan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk menggali potensi investasi di Arab Saudi sekaligus membangun sinergi antara Pemerintah Indonesia melalui DAMRI sebagai operator transportasi darat dengan Pemerintah Arab Saudi. 

“Layanan ini nantinya sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat dan memperluas jaringan transportasi DAMRI khususnya di wilayah Timur Tengah dan upaya optimalisasi potensi pasar haji dan umrah,” tambah Pohan. 

Selain itu, kerjasama ini juga bertujuan untuk menciptakan devisa negara dan mengembalikan Capital Outflow Republik Indonesia pada industri haji dan umrah di bidang transportasi. 

“Potensi bisnis di Arab Saudi yang dapat menjadi peluang bagi DAMRI di antaranya layanan antar jemput jamaah umroh dan haji, antar jemput wisata (charter), dan pemanfaatan rest area sebagai kantor dan Pool DAMRI,” ucapnya.

Selama di Arab Saudi, pimpinan DAMRI melakukan kunjungan ke beberapa stakeholder terkait, antara lain KJRI Jeddah, Kantor Urusan Haji (KUH), Agen Pemegang Merk (APM), beberapa calon partner yang potesial, serta pihak pihak yang dapat mendukung. 

Selain itu, juga melakukan survei ke berbagai tempat di Jeddah, Mekkah, hingga Madinah, di antaranya Terminal Bus di Jeddah, seperti Terminal Bus Al Balat dan Kereta Sulaymaniyah Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz dan Bandara Haji Jeddah, Terminal Perkotaan di Jabal Thawr Road Mekkah, Terminal bus Ajyad Mekkah, Airport Terminal International Madinah, dan Stasiun Kereta Api Cepat Madinah. 

DAMRI berharap dengan terjalinnya kerjasama ini mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jemaah haji dan umrah yang bermobilitas di kawasan Arab Saudi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…