Kinerja Solid, Laba Bank CTBC Indonesia Melonjak 266,30%

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:22 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank CTBC Indonesia Tbk (Perseroan/Bank)
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank CTBC Indonesia Tbk (Perseroan/Bank)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bank CTBC Indonesia Tbk (Perseroan/Bank) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada tanggal 16 Mei 2024 di Jakarta, dimana Pemegang Saham Perseroan menerima laporan Direksi dan laporan Dewan Komisaris terkait pengurusan dan pengawasan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

Pemegang Saham juga menyetujui Laporan Tahunan Perseroan dan mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

Selama tahun 2023, Perseroan menunjukkan kinerja yang solid sepanjang tahun ini, antara lain yang ditunjukkan melalui peningkatan laba sebelum pajak sebesar 266,30% dibandingkan dengan posisi Desember 2022, demikian pula dengan total aset yang mengalami peningkatan sebesar 10,22% dibandingkan dengan posisi aset Desember 2022. 

Kinerja aset yang tumbuh positif ini didukung oleh penyaluran kredit yang mencapai 11,91% (yoy), surat berharga yang dimiliki dan surat berharga yang dijual dengan janji dibeli kembali (repo), dimana hal ini sejalan dengan usaha Bank dalam memelihara fungsi intermediasi dalam perekonomian.

Secara keseluruhan, terjadi perbaikan kualitas kredit di tengah tingginya peningkatan penyaluran kredit tahun 2023 dengan realisasi rasio Gross Non-Performing Loan (NPL) turun dari 2,62% pada 2022 menjadi 2,14% di tahun 2023.

Dari sisi liabilitas pada 31 Desember 2023, Bank juga mencatatkan peningkatan sebesar 10,96% dari tahun lalu. Peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 14,34% berkontribusi pada peningkatan total liabilitas Bank dengan pertumbuhan terbesar berasal dari komponen Deposito.

Bank CTBC Indonesia juga mencatat peningkatan pendapatan bunga bersih sekitar 12,33% dibandingkan perolehan tahun sebelumnya, sementara itu realisasi BOPO sebesar 85,82%, lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar 95,29%.

Selain itu, Pemegang Saham juga menyetujui sejumlah keputusan RUPST, antara lain menyetujui penunjukan kembali Kantor Akuntan Publik Siddharta Widjaja & Rekan akan mengaudit buku dan catatan Bank untuk tahun buku 2024 dan menyetujui penetapan remunerasi anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun 2024.

Sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan setelah ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tahun buku 2023 sesuai dengan keputusan RUPST. 

Perseroan telah memperoleh persetujuan dari Pemegang Saham untuk mengakhiri masa jabatan seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris serta mengangkat kembali seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan dengan masa jabatan tersebut.

Dewan Komisaris akan berakhir pada saat ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tahun buku 2024 dan masa jabatan Direksi tersebut akan berakhir pada saat berakhirnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. 

Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan tahun buku 2025. Dengan demikian, susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang baru terhitung sejak tanggal Rapat ini diselenggarakan adalah sebagai berikut:

Direksi

Presiden Direktur : Iwan Satawidinata

Deputi Presiden Direktur : Lai, Pei-Shuo (Allen Lai)

Direktur Kepatuhan : Candra Putra

Direktur IT & Operasi : Setio Darmawan

Direktur Risiko : Wen, Shih-Hua (Vincent Wen)

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris : Chan, Ting-Jeng (Austin Chan)

Komisaris : Huang, Chih-Chung (Michael Huang)

Komisaris Independen : Imbang Jaya Mangkuto

Komisaris Independen : Zairyanto Poedjiaty

“Atas nama Direksi, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pemegang saham yang telah mendukung kami selama ini. Kami optimis Bank dapat mencatatkan kisah sukses yang lebih besar di masa depan dengan tetap berupaya menghasilkan nilai-nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan," kata Presiden Direktur, Iwan Satawidinata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…

Diskusi “Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan” yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera)

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:08 WIB

Pemerintah Godok Skema Dana Abadi Perumahan, Ini Mekanismenya

Pemerintah tengah mendorong adanya dana abadi perumahan untuk memastikan angka backlog rumah yang kini mencapai 12,7 juta unit dapat teratasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat…

Pengambilan Race Pack BTN Jakarta International Marathon 2024

Jumat, 21 Juni 2024 - 18:09 WIB

Peserta BTN JAKIM Mulai Ramai Mengambil Racepack Yang Bakal Ditutup Besok

Jakarta- Para peserta ajang lari BTN Jakarta International Marathon 2024 dapat mengambil Race Pack hingga besok, Sabtu, 22 Juni 2024 di Ball Room Hotel Aryaduta Menteng.

Ketua Badan Pengawas Periklanan Perusahaan Periklanan Indonesia (BPP–P3I), Susilo Dwihatmanto

Jumat, 21 Juni 2024 - 17:53 WIB

Pengawas Periklanan Pertanyakan Iklan '100% Indonesia' Aqua

Jakarta-Ketua Badan Pengawas Periklanan Perusahaan Periklanan Indonesia (BPP–P3I), Susilo Dwihatmanto, mempertanyakan klaim "100% Murni 100% Indonesia" pada iklan produsen air minum dalam…