Inovasi Hijau Aion Siap Dukung Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Oleh : Candra Mata | Jumat, 17 Mei 2024 - 13:11 WIB

Foto Aion Electric
Foto Aion Electric

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Permintaan terhadap kendaraan listrik di Indonesia terus meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan pergeseran tren kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia merespon positif dengan merencanakan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik, dengan target mencapai 2,5 juta pengguna pada tahun 2025. 

Sebagai perusahaan otomotif terdepan, Aion terus berinovasi untuk menyediakan solusi berkendara yang cerdas (intelligent companion) bagi pengguna. Aion terus memperkuat kehadirannya di industri otomotif tanah air dengan menggandeng PT Indomobil Energi Baru (Indomobil) untuk menghadirkan Aion bagi masyarakat Indonesia.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan lebih ramah lingkungan, Aion berkomitmen untuk terus menyediakan teknologi yang one step ahead. Salah satu bukti komitmen ini adalah pendirian Pusat Manufaktur Cerdas Aion di Guangzhou - Tiongkok, yang mulai beroperasi pada tahun 2019, dengan empat keunggulan teknologi yang mendukung percepatan produksi mobil listrik Aion dan berkontribusi pada agenda keberlanjutan.

Pabrik manufaktur cerdas Aion dengan fasilitas fleksibel baja dan aluminium terkemuka di dunia

Keunggulan utama Pusat Manufaktur Cerdas Aion adalah fleksibilitas dalam memproduksi body mobil dari baja dan aluminium yang menggunakan teknologi inovatif seperti pertukaran rivet aluminium dan spot welding, serta jalur produksi campuran, yang menghasilkan body mobil yang lebih berkualitas dan lebih aman dari bahan ringan. 

Aion juga memiliki fokus pada desain body mobil masa depan yang lebih aman dan ringan, dengan menggabungkan baja kekuatan tinggi dan desain struktural yang optimal.

Aion telah menjadi pelopor dalam teknologi switching rivet aluminium dan spot welding, dengan menerapkan pemantauan kualitas digital untuk memastikan kualitas dan keamanan bodi mobil yang lebih baik. 

Selain itu, teknologi canggih yang dimilikinya menjadikan switching cepat antara spot welding baja dan pengeboran aluminium, hingga dapat memproduksi 10 jenis body mobil dalam berbagai gaya dan material melalui jalur yang sama, sekaligus memperkenalkan sistem hemming aluminium cerdas pertama di dunia yang mencapai tingkat kualifikasi hemming 100%.

Pabrik dengan fasilitas digitalisasi otomatis terdepan di dunia

Pabrik digital otomatis Aion merupakan pertama di China yang menggunakan platform cloud data global untuk analisis dan pengambilan keputusan terkait proses produksi, sehingga meningkatkan efisiensi produksi dan pengendalian kualitas guna menghasilkan produk unggulan. 

Pendekatan manufaktur cerdas ini dilengkapi oleh kinerja mesin yang mirip dengan kecerdasan manusia dalam hal pengumpulan data, analisis, serta pengambilan keputusan.

Pabrik hijau Aion juga difasilitasi oleh kecerdasan yang menggunakan teknologi kategorisasi data dan server distribusi terkini yang inovatif. Aion telah mencapai tingkat jaringan dan kecepatan akuisisi terdepan di industri, di mana semua komando pekerjaan dilaporkan secara digital, menjadikan Aion sebagai tolok ukur bagi pabrik berbasis Internet industri 5G di Provinsi Guangdong. 

Selain itu, teknologi pemantauan bahan bakar berbasis online 5G+ Aion yang menjadi pelopor teknologi yang memastikan pemantauan berkelanjutan serta pendeteksian tepat waktu terhadap kegagalan pelumasan/hidrolik, secara efektif mencegah kerusakan peralatan.

Pabrik Aion dengan sistem kustomisasi interaktif terdepan di dunia

Pabrik ekologi cerdas milik Aion merupakan yang pertama di dunia, di mana fasilitas dari teknologi ini memungkinkan para pengguna untuk terlibat secara mendalam dalam proses pemilihan desain dan pembuatan mobil, menikmati pengalaman yang dipersonalisasi, serta menciptakan kendaraan mereka sendiri.

Efisiensi kustomisasi interaktif meningkat sebesar 35% pasca dilakukannya perluasan kapasitas. Melalui Aplikasi Aion, kini para pengguna dapat menikmati pengalaman kustomisasi personal lebih interaktif, mendalam dan lebih lancar. 

Selain itu, melalui transparent workshop, memungkinkan pelanggan untuk melihat proses produksi kendaraan yang dapat dikustomisasi secara real-time. Metode produksi Aion yang menggabungkan manufaktur cerdas menjamin produksi disesuaikan secara interaktif, sementara sistem perubahan warna cepat pertama di dunia dan proses produksi digital transparan meningkatkan efisiensi produksi disesuaikan hingga 35%.

Pabrik ekologi Aion yang memanfaatkan energi yang komprehensif

Pabrik ekologi terdepan milik Aion ini memanfaatkan energi secara komprehensif dan merupakan yang pertama di dunia. Energi bersih yang dihasilkan turut menyumbang sekitar 15% dari total konsumsi dayanya. Pabrik ini menggunakan proses yang lebih berkelanjutan dengan menggunakan material yang lebih hijau guna menunjukkan bentuk nyata dari kontribusi Aion terhadap lingkungan serta tujuan dan pembangunan berkelanjutan. 

Pabrik ini memanfaatkan energi surya berkelanjutan yang memiliki 52.000 panel fotovoltaik dan menghasilkan 16,77 juta kWh per tahun, menggunakan teknologi hemat energi dengan baterai daur ulang serta sistem pencahayaan hybrid angin dan tenaga surya.

Selain itu, pabrik Aion menggunakan langkah-langkah perlindungan lingkungan canggih, seperti peredaman suara dan proses green film, berkontribusi pada pengurangan emisi serta mempromosikan keselarasan lingkungan. 

Teknologi canggih seperti penempaan secara terus menerus dan penyemprotan otomatis merupakan upaya lebih lanjut Aion dalam meningkatkan efisiensi energi yang merupakan wujud nyata dari komitmen Aion terhadap tanggung jawab komponen ekologi secara menyeluruh.

"Sejalan dengan komitmen Indomobil Group serta peran aktif korporasi dalam pengurangan emisi karbon, kami dengan bangga berkolaborasi dengan Aion sebagai salah satu dari tiga manufaktur kendaraan listrik di dunia yang memiliki kontribusi nyata terhadap lingkungan dan ekologi secara menyeluruh. Kedepannya, kami berharap Aion dapat juga memberikan dampak nyata bagi lingkungan Indonesia melalui inovasi serta komitmen mereka," tutup Andry Ciu, CEO PT Indomobil Energi Baru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bank Mandiri saat prosesi penyembelihan hewan kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 16:32 WIB

Rayakan Momen Berbagi di Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri Salurkan Daging Kurban ke Masyarakat

Merayakan kehangatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bank Mandiri bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Mandiri Amal Insani (MAI) kembali membagikan daging kurban secara serentak kepada…

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…

Talk Show Nobar Film Tegar (kanan kiri), Edy Karyanto SVP Human Capital Development PT Pertamina (Persero), Binziad Kadafi - Ketua Bidang SDM Komisi Yudisial RI, Marthella Sirait - Ketua Konekin, Erlangga Gaffar - Deputy Director PT Kideco Jaya Agung

Senin, 17 Juni 2024 - 06:31 WIB

Kideco Mantapkan Komitmen Perjuangkan Hak Penyandang Disabilitas

Wakil Direktur Legal & Corporate Affairs Kideco, Erlangga Gaffar menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menaikkan level inklusivitas di lingkungan perusahaan. Hal itu tidak hanya dilakukan…