Kesetiaan pada Pelestarian Seni Budaya Nusantara, Rina Ciputra Raih Penghargaan Nusantara Awards 2024

Oleh : Wiyanto | Jumat, 17 Mei 2024 - 11:25 WIB

Rina Ciputra saat menerima penghargaan
Rina Ciputra saat menerima penghargaan

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Rina Ciputra menerima penghargaan Nusantara Awards 2024 dari Media Nawacita Indonesia (MNI) atas dedikasinya dalam melestarikan seni dan budaya Nusantara, pada Kamis (9/5/2024) lalu. Dalam era di mana ajaran orangtua sering kali diabaikan, Rina tetap setia mengikuti jejak ayahnya, Ir Ciputra, yang menanamkan nilai-nilai konsistensi dan penghormatan terhadap budaya bangsa.

Sebagai diketahui, Ir Ciputra adalah seorang pengusaha sukses di bidang properti. Ia dikenal karena kemampuannya membangun usaha dari skala kecil hingga menjadi salah satu yang disegani di Indonesia.

Ciputra Group, yang dirintis oleh Ir Ciputra, telah berkembang menjadi konglomerat yang memiliki jejak kuat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara. Kesuksesan ini tidak hanya diukur dari sisi finansial, tetapi juga dari dampak sosial dan pendidikan bagi putra-putri Ir Ciputra.

Salah satu warisan paling signifikan dari keluarga Ciputra dalam melestarikan seni dan budaya adalah pendirian Ciputra Artpreneur. Terletak di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, gedung ini menjadi bukti nyata kecintaan Rina terhadap seni dan budaya Nusantara. Ciputra Artpreneur dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk museum yang memajang koleksi lukisan Hendra Gunawan, salah satu maestro seni lukis Indonesia.

Galeri seni di Ciputra Artpreneur sering digunakan untuk berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan seni di Indonesia, seperti pameran seni, pertunjukan busana, dan konferensi seni budaya. Teater taraf internasional dengan kapasitas tempat duduk hingga lebih dari 1100 orang, Ciputra Artpreneur menjadi salah satu ruang yang menarik dan nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan dan pecinta seni.

Penghargaan Nusantara Awards 2024 yang diterima Rina Ciputra bukan hanya sekadar pengakuan, tetapi juga penghormatan atas dedikasinya dalam melestarikan seni dan budaya Nusantara. Dalam sambutannya, Rina menyatakan rasa syukur dan menekankan bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari didikan ayahnya, Dr. (HC) Ir Ciputra, yang juga seorang pecinta seni dan budaya.

"Ini saya dapat karena ayah saya yang mendidik saya untuk cinta budaya," kata Rina.

Dengan koleksi seni lukis Hendra Gunawan yang mencapai 130 karya, Ir Ciputra memberikan inspirasi besar bagi Rina dalam upayanya melestarikan seni dan budaya Nusantara. Rina telah menunjukkan bahwa kesuksesan bisnis dapat berjalan seiring dengan dedikasi terhadap warisan budaya. Melalui berbagai inisiatif dan dukungannya terhadap seni, Rina tidak hanya meneruskan warisan ayahnya, tetapi juga membawa budaya Nusantara ke masa depan.

Kesetiaan Rina dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa juga memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk lebih menghargai dan mencintai warisan budaya Indonesia. Dengan penghargaan Nusantara Awards 2024, Rina Ciputra telah meneguhkan posisinya sebagai salah satu pelestari seni dan budaya Nusantara yang patut diteladani bagi setiap anak bangsa.

Untuk diketahui, Media Nawacita Indonesia (MNI) melalui penghargaan Nusantara Awards 2024 memberikan apresiasi kepada individu dan instansi yang berkontribusi nyata dalam pelestarian budaya Nusantara. Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa usaha Rina dalam mengelola Ciputra Artpreneur dan berbagai inisiatif lainnya diakui dan dihargai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bank Mandiri saat prosesi penyembelihan hewan kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 16:32 WIB

Rayakan Momen Berbagi di Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri Salurkan Daging Kurban ke Masyarakat

Merayakan kehangatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bank Mandiri bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Mandiri Amal Insani (MAI) kembali membagikan daging kurban secara serentak kepada…

Pelanggan yang menerima hadiah Mobil dari Castrol

Senin, 17 Juni 2024 - 15:19 WIB

Ini Strategi Castrol Kerek Penjualan

Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL Castrol yang telah berlangsung sejak 3 bulan lalu, telah berakhir.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…