SEG Solar Asal AS Tanam Investasi di Kawasan Industri Batang Mencapai US$ 500 Juta

Oleh : Candra Mata | Kamis, 16 Mei 2024 - 21:35 WIB

Foto : Aerial Rendering of SEG Solar PV Industrial Park di Batang, Jawa Tengah
Foto : Aerial Rendering of SEG Solar PV Industrial Park di Batang, Jawa Tengah

INDUSTRY.co.id - Houston - Pada 15 Mei, SEG Solar ("SEG"), produsen panel fotovoltaik (PV) terkemuka asal Amerika Serikat, dan Kawasan Industri Terpadu Batang (Grand Batang City), BUMN kawasan industri terbesar di Indonesia, mengadakan acara peresmian Perjanjian Pemanfaatan Tanah Industri untuk pengembangan dan pengelolaan kawasan industri fotovoltaik di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Kawasan industri ini mencakup pabrik yang memproduksi dan merakit silicon ingot, wafer, sel surya, dan panel surya. Lebih lagi, fasilitas ini akan menjadi kawasan industri fotovoltaik terbesar di Asia Tenggara. 

Pendiri dan COO SEG, Jun Zhuge, dan Ngurah Wirawan, Direktur Utama Grand Batang City menghadiri acara tersebut.

Terletak di Grand Batang City, Jawa Tengah, Indonesia, nilai investasi proyek kawasan industri PV SEG Indonesia akan menembus US$ 500 juta. 

Sementara, luas lahan proyek ini mencapai lebih dari 40 hektar. Secara keseluruhan, rencana pembangunan kawasan industri ini mencakup kapasitas produksi silicon wafer dengan volume 5 GW yang terintegrasi secara vertikal, sel surya dengan volume 5 GW, dan panel surya dengan volume 5 GW. Pada fase pertama, SEG akan membangun fasilitas produksi sel surya dengan volume 5 GW dan panel surya dengan volume 3 GW. Fase pertama ditargetkan selesai pada Triwulan II-2025.

Sel surya yang diproduksi di kawasan industri ini akan memasok pabrik panel surya global milik SEG. Di sisi lain, produk sel surya mudah ditelusuri dalam rantai pasok. Dengan demikian, bahan baku utama panel surya ini dipasok secara reliabel dan stabil.

"Integrasi dalam seluruh rantai industri merupakan hal krusial bagi SEG. Lewat integrasi ini, SEG memenuhi standar rantai pasok secara legal. Dengan koordinasi di sektor hulu dan hilir, SEG menjamin ketersediaan produk ramah lingkungan yang bersih dan mudah ditelusuri untuk sejumlah pasar di Amerika Serikat, Eropa, dan Indonesia. Maka, SEG ikut memfasilitasi transisi dunia menuju energi hijau dan rendah karbon," ujar Jun Zhuge, Pendiri dan COO, SEG.

Kawasan industri PV SEG Indonesia akan menciptakan lebih dari 3.000 lapangan pekerjaan sehingga memperluas prospek kerja dan menggerakkan perekonomian bagi masyarakat setempat.

Perlu diketahui, berdiri pada 2016, SEG adalah produsen PV terkemuka yang terintegrasi secara vertikal. SEG berkantor pusat di Houston, Texas, Amerika Serikat. SEG menyediakan panel surya yang reliabel dan hemat biaya pada segmen utilitas, komersial, dan residensial. Pada akhir 2023, SEG telah menjual lebih dari 5 GW panel surya di seluruh dunia. SEG menargetkan kapasitas produksi lebih dari 5,5 GW pada akhir 2024.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenperin Dorong Industri Jasa

Sabtu, 27 Juli 2024 - 17:00 WIB

Kerek Daya Saing Manufaktur, Kemenperin Optimalkan Layanan Jasa Industri

Kementerian Perindustrian semakin gencar untuk meningkatkan daya saing sektor manufaktur nasional dengan memberikan berbagai layanan jasa industri melalui sejumlah unit kerja di bawah binaan…

Kemenperin Edukasi Pelaku Industri Furnitur

Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:54 WIB

Kemenperin Pacu Industri Furnitur Angkat Potensi Wisata Daerah

Kementerian Perindustrian terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru (WUB), termasuk di sektor industri kecil dan menengah (IKM). Sebab, pelaku usaha IKM memiliki peran penting dalam menopang…

Didimax raih sertifikat ISO/IEC 27001

Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:40 WIB

Hadirkan Layanan Berkualitas, Didimax Raih Sertifikasi ISO Internasional

Komitmen Didimax Menjadi Platform Investasi Trading yang Aman membawanya untuk mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001.

Planet Print

Sabtu, 27 Juli 2024 - 14:01 WIB

Rainbow Cemerlang Mandiri Beri Edukasi Masyarakat Jadi Pelaku Usaha Printing dan Ciptakan Lapangan Kerja

Dengan makin meningkatnya industri textile dan baju kaos di indonesia tahun ke tahun, PLANET PRINT sebagai anak Perusahaan dari PT Rainbow Cemerlang Mandiri memberikan EDUKASI untuk masyarakat…

BRI insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:56 WIB

BRI Insurance Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasinya dengan memboyong tiga penghargaan di acara 25th Insurance Award tahun 2024, dengan kategori sebagai The Excellent Performance General…