iCIO Community Umumkan Yessie D. Yosetya sebagai Ketua Baru iCIO Community Periode 2024-2026

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2024 - 11:05 WIB

iCIO Community Umumkan Yessie D. Yosetya sebagai Ketua Baru iCIO Community Periode 2024-2026
iCIO Community Umumkan Yessie D. Yosetya sebagai Ketua Baru iCIO Community Periode 2024-2026

INDUSTRY.co.id - Jakarta- iCIO Community, sebuah komunitas yang didedikasikan untuk memajukan praktik kepemimpinan teknologi informasi di Indonesia, dengan bangga mengumumkan Yessie D. Yosetya sebagai ketua baru dalam acara Rapat Umum Anggota Tahunan dan Gathering Halalbihalal 2024 yang baru saja berlangsung. Acara ini diselenggarakan pada 8 Mei 2024 di Park Hyatt Hotel, Jakarta dengan agenda laporan kerja serta pemilihan pengurus baru untuk periode 2024-2026.

Rapat Umum Anggota (RUA) Tahunan iCIO Community menjadi sarana penting bagi para anggota untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan komunitas serta program kerja yang sudah dilakukan. Dalam suasana yang penuh semangat, anggota dari berbagai kalangan industri dan profesional IT bergabung untuk mendiskusikan tantangan dan peluang yang dihadapi oleh komunitas ini.

Dengan terpilihnya Yessie D. Yosetya sebagai Ketua baru untuk periode 2024-2026, iCIO Community  menandai babak baru dalam perjalanan komunitas ini.”Sebagai seorang yang telah membuktikan diri sebagai Direktur & Chief Enterprise Business Officer and Corporate Affairs Officer XL Axiata dan Ketua G20 Empower Indonesia 22, Yessie telah membuktikan dedikasinya dalam memimpin transformasi digital dan memperjuangkan kesetaraan gender tidak sebatas di dalam lingkungan bisnis, namun juga global. Dalam kepemimpinan barunya, kami yakin Yessie akan menjadi pilar utama dalam membawa iCIO Community menuju pencapaian-pencapaian baru yang inovatif dan berarti, tidak hanya bagi para anggota, tetapi juga bagi masyarakat luas serta kemajuan bangsa dan negara," kata Harry Surjanto, salah satu Advisor iCIO Community.

“Pengetahuan industri, kompetensi, dan rekam jejak pengalaman kerja dalam bidang IT dalam industri  yang dijalaninya  terbukti dimiliki oleh Yessie. Ini akan menjadi pondasi kuat bagi iCIO Community dalam merealisasikan visi dan misi komunitas. Saya yakin Yessie dapat melanjutkan kepemimpinan dengan menghadirkan gebrakan baru untuk kemajuan iCIO Community.” Ujar YB Hariantono, ketua iCIO Community 2022-2024

Nantinya ketua baru akan dibantu pengurus lainnya dalam mengemban tanggung jawab besar dalam memastikan iCIO Community terus menjadi pionir dalam menghadapi dinamika teknologi yang semakin kompleks. Board of Committee terpilih bertekad untuk membangun kolaborasi yang kuat, mendorong terciptanya inovasi, menjadi advokat terhadap isu-isu strategis, dan memperluas dampak positif yang dihasilkan oleh iCIO Community. Dalam upaya mencapai tujuan ini, langkah pertama yang akan segera diambil adalah membentuk struktur kepengurusan baru, yang akan terbagi dalam lima bidang divisi, yaitu Membership, Partnership, Advocacy, Research, dan Communication. Struktur kepengurusan baru akan dibentuk oleh para pengurus inti yang terpilih saat Rapat Umum Anggota. Pengurus inti tersebut, antara lain Deden Anugrah, Chief Information Office, PT Kamadjaja Logistics; Iskak Hendrawan, IT & Ops Director, IFG Life; Wilbertus Darmadi, Chief Information Office, Toyota Astra Motor

"Dalam era kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat, kita memiliki kesempatan emas untuk mengubah paradigma dan mendorong nilai-nilai baru di setiap lini perusahaan dan organisasi. Saat ini, kita berada pada titik balik yang mengisyaratkan perubahan paradigma, di mana kolaborasi antar C-suite menjadi kunci untuk memimpin perusahaan menuju puncak kesuksesan dalam era digital ini. Para anggota iCIO Community telah membuktikan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan dan menciptakan peluang di era yang dipenuhi oleh perubahan. Dalam beragam sektor dan industri, dampak positif yang dihasilkan oleh anggota komunitas ini terlihat jelas. Lebih dari itu, mereka juga telah aktif berperan dalam menyusun strategi bisnis yang berkelanjutan dan berorientasi pada masa depan. Saya sebagai ketua terpilih siap melanjutkan kepemimpinan dan kepengurusan periode 2022–2024 yang dipercayakan kepada YB Hariantono dan jajaran pengurusnya untuk memperkuat dan memperluas kontribusi komunitas ini dalam mendorong kemajuan teknologi serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi para anggota, negara dan juga masyarakat.” ungkap Yessie D. Yosetya, Ketua baru iCIO Community.

Setelah Rapat Umum Anggota, para anggota iCIO Community melanjutkan momentum kebersamaan dengan acara Halalbihalal. Acara ini menjadi momen yang berarti untuk bertukar cerita dan pengalaman, serta mempererat hubungan di antara anggota komunitas.

Dalam acara ini Rohit Sethi, Senior Principal di Kearney Indonesia, perusahaan konsultan global ternama, memberikan pemaparan materi terkait “Revamping IT Investment Management Governance to Maximize ROI” yang dimana menyebutkan bahwa di lanskap digital yang berkembang pesat saat ini, investasi teknologi menjadi salah satu pijakan penting bagi bisnis di berbagai industri. Studi terkini mengungkapkan pengeluaran TI mencapai tingkat yang luar biasa tinggi, dengan angka yang melonjak hingga 8% dari pendapatan, terutama di sektor-sektor seperti layanan keuangan.

Namun, di tengah investasi yang signifikan ini, para pemimpin berjuang dengan tantangan untuk menyelaraskan inisiatif teknologi dengan tujuan strategis organisasi dan mengambil nilai maksimal dari pengeluaran tersebut. Ketika kita memasuki tahun 2024, banyak organisasi yang berfokus pada Kecerdasan Buatan (AI), terutama GenAI, sebagai pendukung dalam membentuk lanskap bisnis. Kesadaran akan pentingnya kesiapan AI telah mencapai puncaknya, dengan perusahaan-perusahaan berlomba-lomba untuk menghindari risiko tertinggal dalam perjalanan cepat menuju transformasi digital.

 

"Ketika mempertimbangkan strategi kecerdasan buatan (AI), Kearney menegaskan pentingnya pendekatan holistik. Menginvestasikan tanpa pertimbangan dapat berujung pada biaya yang mahal melalui prioritas kasus penggunaan yang buruk, keterbatasan dalam kematangan digital, kualitas data dan infrastruktur yang rendah, serta mengabaikan aspek privasi dan keamanan. Dalam pandangan Kearney, kerangka kesiapan & rencana AI bukan hanya sekadar pandangan sektor, melainkan fondasi yang agnostik untuk membangun strategi AI yang efektif. Meliputi aspek Think (visi & kasus penggunaan AI), Build (enabler data & teknologi), Scale (pergeseran model operasional), dan Govern (prinsip-prinsip etis AI & risiko)." Jelas Rohit

Acara Halalbihalal dan pemaparan materi dalam acara ini menjadi bukti nyata komitmen iCIO Community dalam memberikan nilai tambah bagi para anggotanya melalui kegiatan yang bermanfaat dan relevan. Kami berharap momentum kebersamaan yang terjalin dalam acara ini akan terus membawa inspirasi dan kolaborasi yang produktif di antara para pemimpin TI yang tergabung dalam iCIO Community.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bank Mandiri saat prosesi penyembelihan hewan kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 16:32 WIB

Rayakan Momen Berbagi di Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri Salurkan Daging Kurban ke Masyarakat

Merayakan kehangatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bank Mandiri bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Mandiri Amal Insani (MAI) kembali membagikan daging kurban secara serentak kepada…

Pelanggan yang menerima hadiah Mobil dari Castrol

Senin, 17 Juni 2024 - 15:19 WIB

Ini Strategi Castrol Kerek Penjualan

Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL Castrol yang telah berlangsung sejak 3 bulan lalu, telah berakhir.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…