Lakukan Kunjungan ke KCN, IPB Siap Cetak Talenta Terbaik Industri Kepelabuhan

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 Mei 2024 - 21:58 WIB

Kunjungan PKSPL LRI IPB ke Pelabuhan PT. Karya Citra Nusantara (KCN)
Kunjungan PKSPL LRI IPB ke Pelabuhan PT. Karya Citra Nusantara (KCN)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Lembaga Riset Internasional Kemaritiman, Kelautan dan Perikanan Institut Pertanian Bogor (PKSPL LRI IPB) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalukan kunjungan ke Pelabuhan PT. Karya Citra Nusantara (KCN) di Jakarta, Rabu (15/5).

Kepala Divisi Management Pengetahuan PKSPL, Nurdin Ahmadi mengatakan, kunjungan ini merupakan bagian dari Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Ahli Kepelabuhanan Angkatan ke-47 yang berlangsung pada tanggal 13 –18 Mei 2023. 

“Kita ingin agar para peserta dapat belajar bagaimana mengembangkan bisnis pelabuhan, khususnya pelabuhan terminal curah,” ujar pria yang juga merupakan Koordinator Pelatihan Ahli Kepelabuhanan Indonesia ini.

Menurut Nurdin, para peserta sebelumnya pernah berkunjung ke sejumlah terminal kontainer, namun baru pertama kali mengunjungi terminal kargo curah.

"Kami melihat KCN memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa berkembang. Teman-teman peserta dapat belajar dari KCN, bagaimana mengembangkan sebuah pelabuhan," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi KCN, Rinang P. Brata menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk sinergi antara dunia pendidikan, pemerintah dan pelaku industri yang pada akhirnya akan melahirkan talenta baru untuk masa depan industri kepelabuhanan di Tanah Air.

"Kita tak hanya mengajak peserta melihat berbagai fasilitas disini tapi juga proses bisnisnya, sehingga (peserta) akan mendapat gambaran alur kerja di pelabuhan secara aktual,” papar Rinang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Umana Bali Resort

Senin, 20 Mei 2024 - 16:29 WIB

Umana Bali, Resort di Ungasan yang Masuk Daftar Hotel Baru Terbaik Travel + Leisure

Sebuah resor yang terletak di lokasi paling selatan Bali, Umana Bali, LXR Hotels & Resorts berhasil masuk ke dua kategori yang disusun Travel + Leisure. Pertama, Umana Bali menjadi salah satu…

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

Senin, 20 Mei 2024 - 16:08 WIB

Kapal PTK Resmi Beroperasi di Perairan Internasional

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) agresif melakukan ekspansi bisnis di pasar global. Ekspansi bisnis global ditandai dengan dimulainya operasional Transko Moloko di perairan Malaysia.

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…