Laporan Tren Pemesanan Lebaran 2024: OYO Catat Jakarta Jadi Wilayah Pemesanan Tertinggi dan Makassar Mencatat 233 Persen Kenaikan YOY

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Mei 2024 - 11:20 WIB

 OYO Siap Luncurkan 50 Vacation Homes di Indonesia
OYO Siap Luncurkan 50 Vacation Homes di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Status Jakarta sebagai kota yang paling banyak dipesan untuk akomodasi OYO selama liburan Lebaran 2024 mencerminkan perannya sebagai pusat bisnis yang ramai, titik fokus untuk pertemuan keluarga dan keterlibatan sosial, pusat atraksi budaya dan agama, serta ketersediaan infrastruktur dan akomodasi. Jakarta, dengan populasi sosial yang beragam, menjadi pusat berkumpulnya keluarga yang tersebar di seluruh penjuru negeri, serta menjadi tujuan kegiatan sosial selama periode Lebaran. Hal ini berkontribusi pada lonjakan permintaan akomodasi di Jakarta yang juga selaras dengan laporan tren pemesanan selama periode Lebaran yang dirilis OYO. Sebagai platform penyedia akomodasi terkemuka, OYO mencatat bahwa Jakarta unggul sebagai destinasi dengan pemesanan tertinggi

Selain Jakarta, OYO mencatat Makassar menjadi kota favorit wisatawan yang paling sering dipesan dan momentum lebaran mencatat 233 persen kenaikan year on year. Potensi wisata bahari Makassar yang memukau, kuliner yang menggugah selera, kemegahan situs-situs bersejarah, wisata religi dengan banyaknya tempat ibadah dengan arsitektur yang megah dan unik serta wisata edukasi, Makassar dapat memanjakan semua kalangan wisatawan dengan destinasi wisata yang lengkap serta pilihan akses transportasi yang beragam dan mudah didapatkan.

Dibanding 2023, Kementerian Perhubungan Mencatat Peningkatan Penumpang Angkutan Umum pada Mudik Lebaran 2024, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, selama periode mudik dan balik Lebaran kali ini diperkirakan ada sekitar 242 juta pergerakan. Hal ini memperlihatkan peningkatan jauh dibandingkan prediksi sebelumnya yang hanya 192 juta. Sehingga momentum ini memberikan kontribusi sebagai pengungkit ekonomi terbesar di Indonesia, pada periode ini, sektor akomodasi, transportasi, industri makanan dan tekstil ikut menanjak naik dengan sangat signifikan sehingga libur lebaran tahun ini turut memberikan dampak yang besar terhadap pelaku UMKM dalam mendorong peningkatan ekonomi dan terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja. Seluruh pemangku kepentingan yang telah mempersiapkan seluruh hal penunjang, termasuk OYO yang menyemarakkan momen Idul Fitri dan momentum libur panjang dengan membagikan diskon hingga 80 persen yang dapat dinikmati di seluruh properti OYO seperti  Collection O, Capital O, OYO Rooms, Townhouse OAK, Townhouse, Belvilla, dan properti Syariah di Indonesia.

Lonjakan pemesanan di OYO tidak hanya mencerminkan daya tarik kota ini, tetapi juga kemampuannya untuk memenuhi beragam kebutuhan wisatawan, dengan menyediakan berbagai pilihan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan preferensi. Selain Jakarta, daerah dan kota lain di seluruh Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yang difasilitasi oleh kehadiran OYO di seluruh Indonesia dan portofolio akomodasi yang beragam. Jaringan OYO yang luas memastikan bahwa semua orang dapat melakukan perjalanan dengan mudah dan merayakan hari raya dengan nyaman. Sebagai penyedia akomodasi terpercaya di Indonesia, OYO terus memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman yang tak terlupakan, dan berkontribusi pada industri pariwisata secara keseluruhan.

Hendro Tan, Country Stock and Flow OYO Indonesia mengungkapkan, " Kami berupaya terus memberikan kontribusi yang signifikan pada industri pariwisata khususnya pada momentum Ramadan yang dirayakan dengan meriah di Indonesia. Kami memastikan, kemeriahan yang dirasakan juga dapat dilengkapi dengan kesiapan properti menyambut para tamu dengan memberikan layanan terbaik, menjaga protokol kebersihan dan keamanan, preferensi harga yang disesuaikan, sehingga dapat bekerja sama dengan pemerintah untuk mempromosikan destinasi wisata di seluruh Indonesia”.

Konsistensi OYO dalam memperkuat identitas sebagai pemimpin pasar, juga terus mendukung penerapan CHSE (Clean, Health, Safety, Environment dan Sustainability) dan inisiatif sanitized stay dan penerapan contactless check-in untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan di seluruh properti OYO di Indonesia. Tak hanya berfokus pada ekspansi, bagi pemilik properti, strategi melalui program ‘Managed by OYO’ juga dihadirkan pada 2024 sebagai skema bisnis baru yang bertujuan membantu pemilik properti untuk bermitra dengan pengusaha lokal dalam mengelola operasional harian mereka. Program Super OYO, juga dimaksimalkan untuk memberikan apresiasi pada mitra properti yang berhasil memenuhi parameter kepuasan pelanggan dan pelayanan yang maksimal. Dan bagi pelanggan setia, melalui OYO Wizard, program keanggotaan dengan beragam keuntungan yang bertujuan memperkuat relasi dengan pelanggan dengan menyediakan properti dengan rating tinggi yang dikurasi, serta harga terbaik turut menjadi salah satu strategi OYO dalam pengembangan bisnis di tahun ini.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional, Nurhadisaputra pada kampanye dan sosialisasi GIM di Aceh.

Senin, 20 Mei 2024 - 22:07 WIB

Perpusnas Gelar Gerakan Indonesia Gemar Membaca di Aceh

GIM adalah sebuah program yang bertujuan untuk mempromosikan pentingnya membaca sebagai modal utama dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat.

Para pemenang Business Challenge 2024 yang digelar kampus i3L dan Sunyi.

Senin, 20 Mei 2024 - 21:37 WIB

Diikuti 200 Siswa SMA, i3L Business Challenge 2024 Digelar Kampus i3L dan Sunyi

Lebih dari 50 tim dengan total 200 siswa SMA dari berbagai kota di Indonesia mengirimkan proposal ide bisnis mereka dalam kompetisi i3L Business Challenge 2024 yang digelar kampus i3L dan Sunyi.

BSI Maslahat bantu terdampak Banjir Sumatera Barat yang dar hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah setempat. Banjir bandang yang bercampur lahar dingin Gunung Marapi berdampak di beberapa titik.

Senin, 20 Mei 2024 - 21:10 WIB

BSI Maslahat Bantu Korban Banjir Bandang dan Longsor Sumatera Barat

Banjir bandang Sumatera Barat berasal dari hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah setempat. Banjir bandang yang bercampur lahar dingin Gunung Marapi berdampak di beberapa…

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (tengah)

Senin, 20 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kemenperin 'Buka Suara Lantang' Tanggapi Pernyataan Kemenkeu & Kemendag Soal Penumpukan Kontainer Impor

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) angkat suara terkait penumpukan kontainer di beberapa pelabuhan utama seperti, Tanjung Priok, Tanjung Perak, dan Belawan.

Pameran seni Harmony karya Ramrama di Mangkuluhur Artotel Suites.

Senin, 20 Mei 2024 - 20:17 WIB

Mangkuluhur Artotel Suites Gelar pameran Tunggal Harmony Karya Ramrama

Pameran seni Harmony karya Ramrama dipusatkan di Artspace, Mangkuluhur Artotel Suites mulai tanggal 17 Mei 2024 hingga 25 Agustus 2024 dengan tema flora sebagai objek utama karya.