Resmikan PLTS, Uni-Charm Indonesia Umumkan Pembelian REC Dari PLN

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 30 April 2024 - 20:36 WIB

 PT Uni-Charm Indonesia Tbk meresmikan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan total 12 MWp yang terpasang di 3 pabrik.
PT Uni-Charm Indonesia Tbk meresmikan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan total 12 MWp yang terpasang di 3 pabrik.

INDUSTRY.co.id - Karawang - PT Uni-Charm Indonesia Tbk mengadakan acara peresmian PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan total 12 MWp yang terpasang di 3 pabrik pada 30 April 2024.

Pada peresmian yang digelar di Factory 1 Karawang yang terletak di KIIC (Karawang International Industrial City) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga mengumumkan pembelian REC (Renewable Energy Certificate) sejumlah 143 unit dari PLN untuk Factory 1 Karawang per Januari 2024. 

"REC adalah inovasi produk listrik hijau PLN yang mempermudah pelanggan mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang diakui Internasional. Untuk selanjutnya kami dari PLN akan terus mempenetrasikan penggunaan green energy,” kata  Manager PLN UP3 Karawang, Imam Ahmadi, ST., MEE.,IPM., ASEAN ENG.

Jumlah REC ini akan terus ditambah secara bertahap sesuai dengan peta jalan Energi Baru Terbarukan (EBT) PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang sudah ditentukan. 

Dengan upaya ini, maka 16,000,000 kWh/tahun energi yang dihasilkan dari 3 pabrik berhasil dialihkan ke green energy, dan berkontribusi mengurangi lebih dari 14,000 ton CO2 yang dihasilkan dalam 1 tahun.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang telah lebih dari 25 tahun mengembangkan bisnisnya di Indonesia meyakini bahwa untuk merealisasikan target yang dicanangkan Pemerintah, diperlukan dukungan dengan tindakan konkrit.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk melakukan pemasangan PLTS dimulai dari Factory 1 di Karawang pada 2022, dilanjutkan dengan East Java Factory dan PT Uni-Charm Non-Woven Indonesia yang terletak di Jawa Timur pada 2023. 

Demi mempenetrasikan penggunaan green energy secara lebih luas, pada awal 2024 ini PT Uni-Charm Indonesia Tbk telah membeli REC untuk Factory 1 di Karawang. REC adalah sertifikat energi hijau atau sertifikat energi terbarukan yang dapat digunakan untuk mengklaim konsumsi listrik dari sumber energi baru terbarukan (EBT).

Sebagai mitra pemasangan PLTS, Eka Himawan, Managing Director Xurya mengutarakan antusiasmenya bisa terlibat dalam perjalanan PT Uni-Charm Indonesia Tbk untuk menjaga lingkungan, salah satunya melalui pemasangan PLTS Atap.

Pemasangan PLTS Atap di 3 Pabrik PT Uni-Charm Indonesia Tbk merupakan proyek PLTS terbesar di Indonesia, khususnya di industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods). 

"Kami harap PLTS PT Uni-Charm Indonesia Tbk dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk mulai menggunakan energi terbarukan dan mendukung target pemerintah dalam program Net Zero Emission," kata Eka Himawan. 

PT Uni-Charm Indonesia Tbk memiliki target untuk menggunakan 100% energi baru terbarukan sampai dengan tahun 2030. Untuk itu, selain memasang dan memaksimalkan penggunaan PLTS di 3 pabrik, Uni-Charm Indonesia juga mempertimbangkan berbagai upaya lain salah satunya pembelian REC untuk 2 pabrik di Jawa Timur. 

"Jumlah REC yang kami miliki akan terus kami tambah demi mewujudkan 100% pemanfaatan EBT sesuai dengan peta jalan yang sudah kami tentukan. Ini merupakan komitmen konkrit Perusahaan kami terhadap pelestarian lingkungan. Kami akan terus berkontribusi demi lingkungan dan demi generasi masa depan melalui produk dan pelayanan yang kami berikan,” pungkas Presiden PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Direktur Takumi Terakawa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:53 WIB

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024

Musim Mas menunjukkan komitmennya untuk menyukseskan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan memberikan dana dukungan sebesar Rp 1 Miliar.

Karyawan di anak usaha Telkom

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:48 WIB

Catat Pertumbuhan Laba Bersih 30%, Infomedia Kembangkan Teknologi 3A untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara (Infomedia) berhasil membukukan laba bersih sebesar 217% atau tumbuh 30% di sepanjang tahun 2023. Selain itu, revenue…