REPNAS: Keputusan MK Jadi Sinyal Positif untuk Ekonomi Indonesia ke Depan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 23 April 2024 - 04:44 WIB

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Dr. Anggawira, MH, MM
Sekretaris Jenderal (Sekjend) Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Dr. Anggawira, MH, MM

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) Anggawira menyambut baik keputusan Mahkamah Konsititusi yang menolak semua gugatan perihal sengketa Pemilihan Presiden 2024 dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Keputusan tersebut juga membuat pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia periode 2024-2029.

Bagi Anggwira keputusan tersebut menjadi sinyal positif bagi pelaku usaha untuk mendorong akselerasi perekonomian Indonesia.

Selain itu, pria yang juga Sekretaris Jenderal Badan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) mengatakan bahwa keputusan ini menjadi pembuka keran investasi dari luar negeri ke Indonesia.

"Ini menjadi hal baik karena investor dari luar negeri yang mungkin selama ini masih wait and see, langsung mencurahkan investasinya ke Indonesia. Saya rasa Pak Prabowo dan Mas Gibran harus merangkul semua stakeholder baik dari pasangan 01 ataupun 03 karena kita butuh kesepahaman yang kuat, " tutur Anggawira.

Lebih lanjut, Anggwira mengatakan bahwa kesepahaman tersebut sangat dibutuhkan untuk soliditas kabinet ke depan yang diharapkan diisi oleh sosok yang kompeten. Tidak perlu ada dikotomi antara Menteri dari Partai Politik atau kalangan profesional, yang terpenting sosok tersebut memiliki rekam jejak kompetensi dan integritas

"Saya rasa banyak dari kalangan parpol dan profesional banyak yang memiliki kompetensi dan latar bekakang yang baik dan saya rasa program-program ekonomi bisa menjadi salah satu pilar bangsa," tuturnya.

Anggawira menilai penting sekali pemerintah terpilih melakukan akselerasi antar komponen yang ada antara prorgam yang dituang dalam Asta Cita yang berisikan tentang pengokohan ideologi hingga demokrasi dengan program prioritas. Hal tersebut harus selaras dan sejajar dalam APBN yang dibahas.

"Mudah-mudahan pemerintah mendapat dukungan dari legislatif yang kuat sehingga program-program bisa berjalan secara komprehensif," tukas Anggawira.

Sebagai informasi, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebelumnya.

Putusan Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 atas perkara yang dimohonkan Paslon Nomor Urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) itu dibacakan Ketua MK Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin 22 April 2024.

Mahkamah juga menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Ada pendapat berbeda (dissenting opinion) dari tiga hakim konstitusi dalam perkara ini. Tiga hakim konstitusi yang dissenting opinion itu adalah Saldi Isra, Arief Hidayat, dan Enny Nurbaningsih.

MK telah menggelar sidang sengketa Pilpres 2024 sejak Rabu 27 Maret 2024. MK telah minta keterangan dari para pemohon, termohon (KPU), Bawaslu, dan pihak terkait (Prabowo-Gibran). Selain itu, MK juga telah mendengarkan keterangan dari para saksi dan ahli yang disajikan oleh semua pihak tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…